4 Cara Memilih Jajanan Sehat

Hidup sehat adalah hal penting yang harus dijaga. Jika kita ingin memiliki tubuh sehat, maka penting untuk mempertimbangkan makanan yang kita konsumsi. Berjajan terkadang menjadi salah satu pilihan untuk menyenangkan diri. Namun, jajanan yang dipilih haruslah yang sehat. Berikut adalah 4 cara memilih jajanan sehat.

1. Periksa Label Nutrisi

Label nutrisi adalah salah satu cara untuk mengetahui jajanan yang kita pilih. Pada label nutrisi, akan tertera informasi mengenai komposisi gizi dan juga kandungan kalori. Ini akan membantu kita melihat jajanan yang sehat atau tidak. Carilah jajanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan kalori yang sedikit. Pilih juga jajanan yang berkomposisi gizi yang seimbang.

2. Hindari Jajanan yang Berminyak

Minyak adalah salah satu bahan yang jangan sampai kita konsumsi. Jika jajanan yang dipilih mengandung minyak, maka jangan sampai kita membelinya. Minyak bisa menambah kalori yang terdapat pada jajanan. Jika kita ingin membeli jajanan yang berminyak, maka pilihlah jenis minyak yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

3. Perhatikan Kandungan Gula

Gula adalah salah satu bahan yang harus kita hindari. Gula bisa membuat tubuh menjadi lemas dan juga menyebabkan berbagai penyakit. Carilah jajanan yang memiliki kandungan gula yang rendah atau bahkan tidak ada sama sekali. Apabila jajanan tersebut memiliki kandungan gula, carilah jajanan yang menggunakan gula alami seperti gula aren atau gula kelapa.

4. Pilih Jajanan Organik

Jajanan organik adalah jajanan yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia. Jajanan organik terkadang lebih mahal dibandingkan jajanan non-organik. Namun, jajanan organik jauh lebih baik dalam hal kesehatan. Pilihlah jajanan organik karena jajanan tersebut pasti lebih sehat dan juga aman.

Kesimpulan

Memilih jajanan sehat adalah hal penting yang harus kita lakukan. Ada 4 cara yang dapat kita lakukan untuk memilih jajanan sehat. Pertama, periksalah label nutrisi. Kedua, hindarilah jajanan yang berminyak. Ketiga, perhatikan kandungan gula. Terakhir, pilihlah jajanan organik. Dengan cara-cara tersebut, kita bisa memilih jajanan sehat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

BACA JUGA:  Cara Mandi Sehat Ala Rasulullah