Cara Masak Bubur Bayi Sehat Yang Enak Dan Aman

Bubur bayi merupakan makanan yang ideal bagi bayi dari usia 6 bulan keatas. Bubur memiliki zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi, sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Namun, terkadang orang tua kurang mengerti cara membuat bubur bayi yang sehat dan aman untuk anaknya. Jika Anda adalah salah satunya, berikut adalah cara masak bubur bayi sehat dan aman yang bisa Anda coba.

1. Pilihlah Bahan-Bahan Sehat

Pertama-tama, Anda harus menyediakan bahan-bahan yang sehat untuk masak bubur bayi. Usahakan untuk memilih bahan-bahan organik yang aman, seperti gandum, beras, kacang hijau, ubi jalar, dan lain sebagainya. Sebaiknya hindari menggunakan bahan-bahan yang mengandung banyak pengawet dan bahan kimia lainnya. Jika Anda ingin menambahkan buah-buahan, sebaiknya jangan menggunakan buah yang masih mentah. Usahakan untuk memilih buah-buahan yang sudah matang dan tidak terlalu manis.

2. Cuci Bahan-Bahan Dengan Benar

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah dengan mencuci semua bahan-bahan dengan benar. Hal ini penting untuk menghindari bakteri dan virus yang ada di bahan-bahan. Usahakan untuk mencuci bahan-bahan dengan air bersih dan sabun. Jika Anda menggunakan bahan-bahan organik, lebih baik jika Anda menggunakan air hangat untuk mencuci bahan-bahan tersebut.

3. Potong-Potong Bahan Sesuai Ukuran

Setelah bahan-bahan sudah dicuci dengan benar, Anda bisa mulai memotong-motong bahan-bahan tersebut sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jika Anda menggunakan beras, usahakan untuk memotongnya menjadi lebih kecil. Hal ini akan membantu bayi Anda untuk menelan makanan dengan mudah. Jika Anda menggunakan bahan lain, potonglah bahan tersebut sesuai dengan ukuran yang tepat.

4. Masak Bahan Dengan Air Hangat

Setelah semua bahan sudah dipotong-potong, Anda bisa mulai mengolahnya menjadi bubur. Caranya adalah dengan merebus bahan-bahan tersebut dengan air hangat. Gunakan air hangat karena air hangat memiliki nutrisi yang lebih banyak daripada air dingin. Jika Anda menggunakan beras, usahakan untuk merebusnya selama 10-15 menit sampai beras tersebut lunak.

5. Tambahkan Garam, Gula, dan Kaldu

Setelah bahan-bahan tersebut sudah direbus dengan air hangat, Anda bisa mulai menambahkan garam, gula, dan kaldu. Hal ini penting untuk memberikan rasa yang lebih nikmat dan enak bagi bubur bayi Anda. Jika Anda menggunakan kaldu, usahakan untuk menggunakan kaldu yang sudah dimasak dengan benar. Jika Anda menggunakan gula, usahakan untuk menggunakan gula yang tidak terlalu manis.

6. Aduk Sampai Rata

Setelah semua bahan sudah dimasak dan ditambahkan garam, gula, dan kaldu, Anda bisa mulai mengaduk bubur bayi. Usahakan untuk mengaduk bubur dengan lembut dan rata agar bubur tidak terlalu keras. Jika Anda merasa bubur terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air hangat agar bubur menjadi lebih encer.

BACA JUGA:  Cara Diet Sehat Untuk Tubuh Lebih Ramping dan Sehat

7. Masak Lagi Jika Diperlukan

Jika Anda merasa bubur masih kurang encer, Anda bisa memasak bubur bayi lagi. Usahakan untuk memasak bubur dengan api kecil agar bubur tidak terlalu keras. Jika Anda memasak bubur dengan api yang terlalu tinggi, bubur akan menjadi terlalu kering dan keras.

8. Hindari Menambahkan Bumbu Atau Rempah-Rempah

Meskipun bumbu atau rempah-rempah yang Anda tambahkan pada bubur bayi mungkin terdengar lezat, sebaiknya jangan menambahkannya. Bumbu atau rempah-rempah tersebut bisa membuat bubur bayi berasa terlalu pedas atau beraroma yang aneh, yang bisa merusak lidah bayi Anda.

9. Saring Bubur Dengan Saringan Halus

Setelah bubur bayi sudah matang, Anda bisa mulai menyaring bubur dengan saringan halus. Hal ini penting untuk menghilangkan kulit-kulit bahan yang tidak terlalu enak untuk bayi. Usahakan untuk menyaring bubur dengan saringan yang lembut. Jika Anda menggunakan saringan yang terlalu keras, bubur akan terlalu kering dan keras.

10. Simpan Bubur Dalam Wadah Steril

Setelah bubur bayi sudah disaring, Anda bisa mulai menyimpan bubur dalam wadah steril. Usahakan untuk memilih wadah yang tidak berbau atau beraroma aneh. Jangan lupa untuk menutup rapat wadah tersebut agar bubur tetap segar dan tidak berubah rasa.

Kesimpulan

Itulah cara memasak bubur bayi sehat dan aman yang bisa Anda coba. Usahakan untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang sehat dan aman untuk bayi Anda. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci bahan-bahan dengan benar, serta menyimpan bubur dalam wadah yang steril agar bubur tetap segar dan tidak berubah rasa.