Cara Biar Hamil Tetap Sehat

Kehamilan adalah salah satu momen terpenting dalam kehidupan seorang wanita. Momen yang dinantikan dan diimpikan oleh pasangan suami istri. Namun, selain menantikan dan menikmati momen ini, anda juga harus menjaga kesehatan saat hamil. Berikut ini beberapa cara biar hamil tetap sehat.

1. Rutin Olahraga

Tidak ada kata terlambat untuk mulai rutin olahraga saat hamil. Anda bisa memulai olahraga dengan cara yang sederhana, seperti jalan-jalan atau bersepeda, sambil menghirup udara segar. Olahraga juga bisa membantu mengurangi keluhan seperti pusing dan mual. Olahraga juga bisa membantu mempersiapkan tubuh saat melahirkan.

2. Makan Makanan Sehat

Makanan yang sehat sangat penting bagi kesehatan ibu dan janin. Sangat disarankan untuk makan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

3. Hindari Makanan yang Tidak Sehat

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, anda juga harus menghindari makanan yang tidak sehat. Seperti makanan yang mengandung banyak kalori, gula, dan lemak. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah makanan yang tidak segar, makanan berminyak, makanan berlemak, dan makanan yang mengandung garam berlebihan.

4. Perbanyak Istirahat

Menjaga kesehatan saat hamil juga berarti menjaga waktu tidur. Pastikan anda memiliki waktu istirahat yang cukup, minimal 8 jam per hari. Selain itu, anda juga harus beristirahat siang hari. Istirahat siang bisa membantu anda melepaskan beban fisik dan mental.

5. Hindari Stress

Stress dapat berdampak buruk bagi ibu hamil. Stress dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, dan preeclampsia. Oleh karena itu, pastikan anda meluangkan waktu untuk beristirahat dan melepaskan beban setiap hari.

6. Jauhi Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol adalah hal yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Kedua hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan pada ibu maupun bayi. Jadi, hindari kedua hal ini selama masa kehamilan.

7. Beri Asupan Vitamin

Salah satu cara biar hamil tetap sehat adalah dengan memberikan asupan vitamin yang cukup. Vitamin yang dibutuhkan untuk ibu hamil adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B-kompleks. Anda dapat mendapatkan vitamin ini dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan produk susu.

8. Konsumsi Suplemen

Konsumsi suplemen juga dianjurkan bagi ibu hamil. Suplemen yang harus dikonsumsi adalah suplemen folat dan asam folat. Kedua suplemen ini sangat penting untuk menjaga kesehatan janin. Anda bisa mendapatkan suplemen ini di apotik atau toko obat terdekat.

BACA JUGA:  Cara Membuat Menu Diet Sehat

9. Perhatikan Tanda dan Gejala Komplikasi

Komplikasi kehamilan adalah hal yang perlu diwaspadai. Komplikasi yang sering terjadi adalah diabetes gestasional, preeclampsia, dan anemia. Pastikan anda memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.

10. Kunjungi Dokter Secara Teratur

Tidak ada yang bisa menggantikan kunjungan ke dokter secara teratur. Periksalah kesehatan anda ke dokter setiap trimester dan ikuti semua anjuran dokter. Dokter akan memeriksa tanda-tanda kehamilan dan memberikan saran terbaik untuk kesehatan ibu.

Kesimpulan

Kehamilan adalah salah satu momen penting dalam kehidupan seorang wanita. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, anda harus memperhatikan beberapa hal seperti olahraga, makanan sehat, istirahat cukup, dan berkunjung ke dokter secara teratur. Dengan melakukan hal-hal tersebut, anda akan tetap merasakan kebahagiaan saat hamil.