Cara Membuat Kerupuk Sehat

Kerupuk merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang di Indonesia. Tapi, tahukah Anda bahwa ada cara untuk membuat kerupuk sehat? Banyak kerupuk di pasaran yang terbuat dari bahan-bahan yang kurang sehat, seperti MSG, gula, dan garam berlebih. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk membuat kerupuk sehat.

Pilih Bahan Baku yang Sehat

Satu-satunya cara untuk membuat kerupuk sehat adalah dengan memilih bahan baku yang sehat. Sebaiknya gunakan tepung berbahan dasar kedelai, tepung beras, atau tepung jagung. Pilih juga bumbu yang tinggi nutrisi, seperti bawang putih, jahe, dan bumbu lainnya yang alami. Hindari bumbu yang berbahaya seperti MSG, gula, dan garam berlebih.

Gunakan Air Putih

Selain memilih bahan baku yang sehat, Anda juga harus menggunakan air putih saat membuat kerupuk. Air putih tidak hanya membuat kerupuk lebih lembut dan empuk, tapi juga membantu meningkatkan daya tahan kerupuk. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan air putih saat membuat kerupuk.

Kukus Kerupuk

Kukus kerupuk adalah cara yang lebih sehat daripada menggoreng. Karena proses pemanggangan tidak menggunakan minyak, maka kerupuk yang dihasilkan tidak akan mengandung lemak jenuh. Ini adalah cara yang lebih sehat untuk membuat kerupuk. Jadi, jangan lupa untuk mengukus kerupuk sebelum Anda menggorengnya.

Gunakan Minyak yang Sehat

Meskipun menggoreng kerupuk adalah cara yang lebih mudah, Anda disarankan untuk memilih minyak yang sehat saat menggoreng. Gunakan minyak sayur seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak bunga matahari. Hindari minyak goreng yang berlebihan karena minyak ini mengandung lemak jenuh yang tidak sehat.

Hindari Penggunaan MSG

MSG adalah bahan tambahan yang digunakan untuk memberikan rasa gurih pada makanan. Meskipun rasanya enak, namun MSG tidak baik untuk kesehatan. Jadi, hindari penggunaan MSG saat membuat kerupuk. Gunakan bumbu alami yang lebih sehat seperti bawang putih, jahe, dan bumbu lainnya.

Buat Sendiri Kerupuk di Rumah

Sebaiknya Anda membuat kerupuk di rumah sendiri. Cara ini lebih sehat karena Anda bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan. Anda bisa memastikan bahwa semua bahan yang digunakan adalah bahan yang sehat dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Jadi, cobalah membuat kerupuk di rumah untuk makan yang lebih sehat.

Kurangi Penggunaan Garam dan Gula

Garam dan gula adalah bumbu yang sering digunakan saat membuat kerupuk. Meskipun garam dan gula dapat menambah rasa, namun berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan. Jadi, sebaiknya Anda mengurangi penggunaan garam dan gula saat membuat kerupuk. Gunakan bumbu alami yang lebih sehat seperti bawang putih, jahe dan rempah lainnya.

BACA JUGA:  Cara Gemukin Badan yang Sehat

Simpan Kerupuk dengan Benar

Setelah Anda selesai membuat kerupuk, yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan kerupuk dengan benar. Pertama, pastikan Anda menyimpan kerupuk dalam wadah yang kering. Jangan simpan kerupuk di tempat yang lembab karena hal ini akan membuat kerupuk cepat rusak. Kedua, pastikan Anda menyimpan kerupuk di tempat yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk membuat kerupuk sehat. Dengan memilih bahan baku yang sehat, menggunakan air putih, mengukus kerupuk, menggunakan minyak yang sehat, menghindari penggunaan MSG, dan menyimpan kerupuk dengan benar, Anda dapat membuat kerupuk yang lebih sehat dan lezat. Jadi, mulailah membuat kerupuk sehat di rumah sekarang juga!