Cara Entri Kunjungan Sehat BPJS

BPJS Kesehatan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, yang bertugas untuk menyediakan jaminan kesehatan yang terjangkau bagi semua warga negara Indonesia. BPJS Kesehatan telah menerapkan sebuah sistem yang disebut Entri Kunjungan Sehat (EKS). EKS merupakan sistem yang memungkinkan petugas kesehatan untuk memasukkan data kesehatan seseorang ke dalam basis data BPJS. Dengan adanya EKS, petugas kesehatan dapat memonitor kesehatan seseorang, memberikan pelayanan yang tepat, dan mengetahui apakah seseorang memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat jaminan kesehatan BPJS. Berikut adalah cara memasukkan data kunjungan sehat ke dalam basis data BPJS.

1. Pendaftaran Akun BPJS

Untuk memasukkan data kunjungan sehat ke dalam basis data BPJS, petugas kesehatan harus memiliki akun BPJS. Petugas kesehatan dapat melakukan pendaftaran akun BPJS melalui situs web BPJS Kesehatan. Dalam proses pendaftaran, petugas kesehatan harus mengisi formulir dengan menyertakan informasi pribadi, nomor BPJS, dan informasi lainnya. Setelah selesai mendaftar, petugas kesehatan akan menerima email konfirmasi berisi kode aktivasi. Petugas kesehatan dapat menggunakan kode aktivasi tersebut untuk mengaktifkan akun mereka.

2. Login ke Akun BPJS

Setelah akun telah diaktifkan, petugas kesehatan dapat login ke akun BPJS mereka dengan menggunakan username dan password yang telah disediakan. Setelah login, petugas kesehatan akan dibawa ke halaman utama akun BPJS. Dalam halaman utama, petugas kesehatan dapat mengakses berbagai fitur dan layanan BPJS Kesehatan.

3. Pilih Menu Entri Kunjungan Sehat

Setelah login ke akun BPJS, petugas kesehatan dapat memilih menu Entri Kunjungan Sehat. Menu Entri Kunjungan Sehat berada di bagian kiri halaman utama akun BPJS. Pilih menu tersebut untuk memasuki halaman Entri Kunjungan Sehat.

4. Masukkan Data Pasien

Setelah masuk ke halaman Entri Kunjungan Sehat, petugas kesehatan harus memasukkan data pasien. Petugas kesehatan harus mengisi formulir dengan menyertakan informasi pasien seperti nama, nomor BPJS, tanggal lahir, dan informasi lainnya. Petugas kesehatan harus memastikan bahwa data yang dimasukkan benar sebelum mengirim data ke sistem.

5. Pilih Tindakan Medis

Setelah selesai memasukkan data pasien, petugas kesehatan harus memilih tindakan medis yang akan dilakukan untuk pasien. Petugas kesehatan dapat memilih tindakan medis dari daftar yang tersedia di halaman Entri Kunjungan Sehat. Setelah memilih tindakan medis, petugas kesehatan harus memasukkan informasi tambahan seperti jenis obat yang diberikan, jumlah obat yang diberikan, dan informasi lainnya.

6. Masukkan Diagnosa

Selanjutnya, petugas kesehatan harus memasukkan diagnosa pasien. Petugas kesehatan dapat memilih diagnosa dari daftar yang tersedia di halaman Entri Kunjungan Sehat. Setelah memasukkan diagnosa, petugas kesehatan harus mengirimkan data ke sistem BPJS.

7. Konfirmasi Data

Setelah mengirimkan data, petugas kesehatan harus mengkonfirmasi data yang telah dimasukkan ke sistem. Petugas kesehatan harus memastikan bahwa data yang dimasukkan benar sebelum mengirimkan data ke sistem. Jika data yang dimasukkan tidak benar, petugas kesehatan harus memperbaiki data tersebut sebelum mengirimkannya ke sistem.

BACA JUGA:  Cara Hidup Sehat Saat Pandemi

8. Cetak Surat Keterangan Sehat

Jika data yang dimasukkan benar dan telah disetujui oleh sistem, petugas kesehatan dapat mencetak surat keterangan sehat untuk pasien. Surat keterangan sehat berisi informasi tentang hasil pemeriksaan pasien dan informasi tentang tindakan yang perlu diambil oleh pasien. Petugas kesehatan harus memberikan surat keterangan sehat kepada pasien.

9. Selesai

Setelah petugas kesehatan selesai memasukkan data kunjungan sehat ke sistem BPJS, petugas kesehatan dapat logout dari akun BPJS mereka. Petugas kesehatan harus segera menyimpan data yang telah dimasukkan ke dalam basis data BPJS. Dengan adanya EKS, petugas kesehatan dapat memonitor kesehatan pasien, memberikan pelayanan yang tepat, dan mengetahui apakah seseorang memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat jaminan kesehatan BPJS.

Kesimpulan

Entri Kunjungan Sehat (EKS) merupakan sistem yang memungkinkan petugas kesehatan untuk memasukkan data kesehatan seseorang ke dalam basis data BPJS. Dengan adanya EKS, petugas kesehatan dapat memonitor kesehatan seseorang, memberikan pelayanan yang tepat, dan mengetahui apakah seseorang memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat jaminan kesehatan BPJS. Cara memasukkan data kunjungan sehat ke dalam basis data BPJS adalah dengan mendaftarkan akun BPJS, login ke akun BPJS, memilih menu Entri Kunjungan Sehat, memasukkan data pasien, memilih tindakan medis, memasukkan diagnosa, mengkonfirmasi data, dan mencetak surat keterangan sehat.