makanan yang mengandung protein
balanced diet, cooking, culinary and food concept - close up of different foodstuffs on table

11 Makanan yang Mengandung Protein, Ada Telur hingga Kacang

Makanan yang mengandung protein sangat dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Protein bisa ditemukan dalam berbagai macam makanan serta penting dikonsumsi setiap hari. Jumlah protein yang dibutuhkan dari makanan bervariasi tergantung pada berat badan, jenis kelamin, usia maupun kondisi kesehatan.

Protein sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk menunjang tumbuh kembangnya. Bagi orang dewasa, protein dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan massa serta kekuatan otot. Pola makan yang tinggi protein juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, melawan diabetes, serta banyak lagi manfaatnya.

Makanan yang mengandung protein dapat diperoleh dari berbagai makanan yang berasal dari sumber nabati juga hewani, seperti daging, ikan, telur, biji-bijian, serta kacang-kacangan. Dikutip dari Healtline, berikut ini 20 makanan yang memiliki kadar protein tinggi.

Telur dengan Sejumlah Vitamin dan Protein

Telur Ayam Kampung
Jual Telur Ayam Kampung Asli https://shope.ee/30BZM97RiK

Telur adalah salah satu makanan paling sehat, bergizi, terjangkau sekaligus mudah dicari. Di dalam satu butir telur terdapat sejumlah vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan, nutrisi jaringan otak serta protein tinggi, terutama di bagian putih telurnya. Satu telur utuh besar memiliki 6 gram protein dan 78 kalori.

Kacang Almond yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kacang Almond
Jual Kacang Almond Panggang https://shope.ee/99mChbuUHw

Kacang almond adalah jenis kacang pohon yang sangat populer manfaatnya untuk kesehatan. Kacang almond kaya nutrisi penting, termasuk protein, serat, vitamin E, mangan, serta magnesium. Jika sulit menemukan kacang almond, kacang mete juga bisa dijadikan alternatif pengganti. Setiap 28 gram kacang almond memiliki kandungan protein 6 gram dan 164 kalori.

Dada Ayam yang Banyak Proteinnya

Dada Ayam
Jual Dada Ayam Beku https://shope.ee/fnea7o0sC

Dada ayam adalah salah satu makanan yang banyak mengandung protein, apalagi jika dikonsumsi tanpa kulitnya. Dada ayam sangat mudah dimasak, juga bisa dikombinasi dengan berbagai bahan masakan lainnya. Dalam satu porsi dada ayam tanpa kulit mengandung 53 gram protein dan 284 kalori.

Oat Kaya akan Serat dan Nutrisi

Oat Gandum Instant
Jual Oat Gandum Instant https://shope.ee/2AcSN05K76

Oat adalah merupakan makanan yang mengandung protein, juga kaya akan manfaat lainnya bagi kesehatan. Oat menyediakan serat sehat, magnesium, mangan, vitamin (vitamin B1), serta beberapa nutrisi lainnya. Satu cangkir oat mengandung 11 gram protein dan 307 kalori.

Keju Cottage yang Rendah Lemak

Keju Cottage Cheese
Jual Keju Cottage Cheese https://shope.ee/6zhi8GquPr

Keju cottage merupakan jenis keju kaya protein, rendah lemak serta kalori. Keju satu ini kaya akan kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, riboflavin (vitamin B2), juga berbagai nutrisi lainnya. Dalam satu cangkir (226 gram) keju cottage rendah lemak mengandung 28 gram protein dan 163 kalori.

Yoghurt Yunani yang Kental dan Lembut

Greek Yoghurt Yunani
Jual Greek Yoghurt Yunani https://shope.ee/6A8b8tH3BY

Yoghurt Yunani adalah yogurt kental bertekstur lembut. Keju Yunani tinggi protein serta nutrisi lainnya untuk menunjang kesehatan. Setiap 6 ons Yoghurt Yunani mengandung 17 gram protein dan 100 kalori. Tidak hanya yoghurt Yunani, yoghurt biasa di pusat perbelanjaan terdekat juga memiliki banyak kandungan protein.

Daging Sapi Tanpa Lemak Tinggi

Daging Sapi Tanpa Lemak
Jual Daging Sapi Tanpa Lemak https://shope.ee/9zLJiA9aYT

Daging sapi tanpa lemak tinggi adalah makanan yang mengandung protein, zat besi, vitamin B12, serta sejumlah besar nutrisi penting lainnya. Setiap 3 ons daging sapi tanpa lemak mengandung sekitar 25 gram protein dan 186 kalori.

BACA JUGA:  7 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Ikan Tuna yang Rendah Lemak

Ikan Tuna segar
Jual Ikan Tuna segar https://shope.ee/4V0NADI20v

Ikan tuna adalah jenis makanan rendah lemak serta kalori namun kaya akan sumber protein. Seperti ikan lainnya, tuna merupakan sumber berbagai nutrisi terbaik sekaligus mengandung lemak omaga 3. Setiap 142 gram ikan tuna mengandung 27 gram protein dan 128 kalori.

Lentil dengan Berbagai Macam Kandungan

Lentils
Jual Bob’s Red Mill Red Lentils Organik 765 gr https://shope.ee/A9ejumA4vr

Lentil adalah makanan yang mengandung protein dari jenis kacang-kacangan. Lentil memiliki kandungan serat, magnesium, kalium, besi, folat, tembaga, mangan, serta berbagai nutrisi lainnya. Lentil juga tercatat sebagai salah satu sumber protein nabati terbaik di dunia.

Lentil merupakan makanan pilihan tepat untuk dikonsumsi para vegetarian. Setiap 198 gram lentil mengandung 18 gram protein dan 230 kalori. Jika tidak bisa menemukan lentil, Kamu bisa menggantikannya dengan bahan makanan sejenis, seperti kedelai, kacang merah maupun buncis.

Biji Labu Banyak Nutrisi dan Protein

Biji Labu Pumpkin Seed
Jual Biji Labu Kupas Pumpkin Seed https://shope.ee/8p9MKSTFMO

Biji labu sangat kaya akan protein dan banyak nutrisi lain terkandung di dalamnya, termasuk zat besi, magnesium, dan seng. Setiap 28 gram biji labu memiliki 9 gram protein dan 158 kalori. Selain biji labu, protein tinggi juga terdapat di biji rami dan biji bunga matahari.

Kacang Tanah yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Kacang Tanah
Jual Kacang Tanah https://shope.ee/5UsuMQdzgv

Kacang tanah memiliki protein tinggi, serat, dan magnesium. Studi menunjukkan bahwa kacang tanah dapat membantu menurunkan berat badan. Setiap 28 gram kacang mengandung 7 gram protein dan 161 kalori sehingga kacang termasuk sebagai makanan dengan kandungan protein tinggi dan besar manfaatnya bagi kesehatan.

Dalam perkembangan zaman yang semakin maju, banyak makanan yang dikonsumsi oleh manusia yang tidak sehat dan tidak memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan tubuh. Untuk mendapatkan badan yang sehat kamu dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.