Manfaat bunga saffron untuk wajah

Manfaat Bunga Saffron untuk Wajah, Kulit Kusam dan Berjerawat

Kegunaan dan manfaat bunga saffron untuk wajah sudah banyak dan umum bagi kalangan pecinta produk alami. Dengan rutin memakai produk yang mengandung bunga saffron ataupun secara langsung mengelolahnya dapat meningkatkan kecantikan kulit wajah. Mengonsumsi saffron untuk kesehatan mencakup manfaat dalam hal meningkatkan libido, menjaga emosi, hingga menaikan ketajaman memori.

Fungsi bunga saffron yang paling terkenal ialah untuk masakan yakni sebagai rempah. Bunga Crocus Sativus ini sering dimanfaatkan juga secara tradisional untuk menghilangkan batuk hingga pilek. Masih ada banyak manfaatnya bagi tubuh yang bisa dibuat dalam berbagai olahan makanan atau minuman.

Bunga Saffron Crocus Sativus
Gambar Bunga Saffron Crocus Sativus

Tidak hanya manfaat dari dalam, manfaat bunga saffron untuk wajah dari luar mampu merawat kulit dengan efisien dan aman karena bahan alami. Karena terkenal akan kaya manfaat, maka tidak salah bahwa harga belinya cukup mahal yakni bisa mencapai ratusan ribu per gramnya. Proses panennya terbilang rumit yakni mengumpulkan helaian kecil merupakan penyebab harga jualnya semakin tinggi.

Panen Putik Bunga Saffron Crocus Sativus
Gambar Panen Putik Bunga Saffron Crocus Sativus / ubuy.co.id

Untuk mendapatkan manfaat dari bunga saffron untuk wajah Anda hanya perlu mencampur ke dalam makanan maupun minuman secara langsung atau setelah terlebih dahulu merendamnya beberapa menit. Penggunaan untuk kulit wajah bisa membantu menyembuhkan masalah kulit seperti penjelasan berikut!

Membantu Kulit untuk Lebih Cerah

Saffron Original
Jual Saffron Original https://shope.ee/8zSoD2iPWy

Merawat kulit wajah menggunakan benang bunga ini akan meningkatkan rona sehingga lebih cerah atau membuat cerah alami kulit Kembali. Cara membuat perawatan sebagai salah satu manfaat bunga saffron untuk wajah kulit yang kusam cukup mudah yakni dengan menambah susu serta kayu cendana. Aplikasikan seperti masker wajah dan biarkan sekitar 20 menit sebelum dicuci hingga semua bahan hilang.

Bisa juga dengan menambah susu murni beserta perasan lemon. Kemudian biarkan campuran tersebut sejam sebelum dioleskan pada kulit wajah. Aplikasikan pada seluruh wajah dengan merata selama kira-kira 20 menit dan kemudian bersihkan dengan benar. Pakai secara teratur atau sekali sehari untuk hasil semakin optimal melawan kulit kusam.

Kandungan dalam benang saffron yakni antioksidan bisa meningkatkan aliran darah semakin lancar serta manfaat bunga saffron untuk wajah lainnya sebagai bahan pelembab kulit yang lebih aman dan alami. Terdapat juga asam lemak dan vitamin C pada benang-benang saffron tersebut yang berfungsi mencerahkan warna kulit guna mencegah kulit bermasalah termasuk kusam dan warna tidak merata.

Merawat kulit dengan masker buatan sendiri hasil campuran benang saffron ini yang kaya akan kandungan antioksidan akan menjaga kulit tetap sehat. Karena sel kulit akan terhindar dari paparan radikal sehingga mencegah kulit cepat menua seperti kerutan dan flek hitam atau kusam pada kulit.

Melawan Jerawatan dan Membersihkan Bekasnya

Manfaat bunga saffron untuk wajah yang berkhasiat melawan bakteri serta mengurangi peradangan akan melawan jerawat dengan baik. Bahan dalam produk ini yakni antioksidan akan membuat kulit iritasi ketika jerawat masih parah-parahnya jauh berkurang dengan cepat. Kemerahan atau ruam hingga bengkak jerawat akan berkurang jika memakaikan camputan masker dengan kandungan benang saffron didalamnya secara teratur.

Masker alami berbahan bunga saffron tergolong sederhana karena tinggal dengan menambahkan susu lalu mengoleskan langsung pada kulit yang sedang berjerawat. Metode lainnya ialah menumbuk rendaman helai safron dan daun basil segar hingga menjadi halus. Aplikasikan pada kulit jerawat secara merata, maka dalam beberapa hari jerawat akan hilang. Aplikasikan campuran tersebut serajin mungkin pada muka berjerawat untuk dan paska berjerawat untuk menyamarkan noda bekas jerawatan tadi.

Antibakteri dari gabungan helai saffron bersama daun basil akan berfungsi sebagai antijamur dan berfungsi menyamarkan bekas jerawat lebih cepat. Tambahan berupa kunyit dan susu akan meningkatkan kerja bahan dalam campuran masker tersebut. Sebagai antiseptik dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit baru segera muncul dan wajah kembali mulus.

Bunga asal Yunani ini memang terbukti kaya banyak khasiat baik pada tubuh dengan makan atau minum langsung atau mengaplikasikan pada kulit muka sebagai perawatan. Maka gunakan bersamaan baik memakan langsung dan membuat sebagai masker muka kusam dan jerawatan akan hilang segera. Manfaat bunga saffron untuk wajah dapat diperoleh secara mudah era digital ini dalam produk perawatan yang mengandung bahan tersebut dipasaran.

Manfaat Bunga Saffron untuk Wajah Agar Bebas Jerawat

Manfaat bunga saffron untuk wajah ternyata berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Saffron atau Crocus sativus L. merupakan salah satu tanaman bunga yang berguna sekali sebagai bumbu rempah.

Selain itu, Saffron juga dipercaya mempunyai beragam khasiat. Informasi di bawah ini akan membahas beberapa manfaat dari Saffron untuk kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Bunga Saffron untuk Wajah Glowing

Saffbeautys Red Jelly Saffron Glowing Niacinamide 10gr
Jual Saffbeautys Red Jelly Saffron Glowing Niacinamide 10gr https://shope.ee/AUHc1AqYVM

Saffron merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang diambil dari tumbuhan Crocus sativus L. Pada berbagai belahan dunia, saffron menjadi rempah-rempah yang disukai oleh sebagian orang.

Selain mempunyai khasiat untuk kesehatan, ternyata ada manfaat bunga saffron untuk kecantikan kulit.  Meski begitu, sama seperti ketika kamu menggunakan bahan alami lainnya pada wajah.

Sebaiknya, kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba manfaat bunga saffron untuk wajah. Hal ini berguna untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat saffron untuk wajah.

BACA JUGA:  Primer untuk Kulit Berminyak, Tampilan Makeup Lebih Flawless

1. Mengandung Antioksidan

Manfaat saffron untuk wajah dikarenakan adanya antioksidan. Saffron memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Crocetin, kaempferol, crocin, dan safranal merupakan beberapa jenis antioksidan yang ada dalam saffron. Radikal bebas termasuk salah satu molekul reaktif yang bisa menumpuk akibat proses alami dan paparan lingkungan.

Apabila terlalu banyak radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh, maka bisa saja menyebabkan stres oksidatif. Sehingga hal ini meningkatkan risiko kerusakan sel, termasuk pada sel kulit wajah.

Pemakaian masker wajah yang terbuat dari saffron secara rutin dipercaya bisa memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Apalagi yang diakibatkan stres oksidatif, stres, sampai penuaan.

2. Mengurangi Iritasi Kulit

Manfaat bunga saffron untuk wajah selanjutnya, yaitu mengurangi iritasi kulit. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan crocin, crocetin, serta kaempferol yang bermanfaat sebagai zat antiradang.

Berdasarkan sebuah hasil penelitian, zat anti radang ini dapat membantu mengurangi iritasi, ruam, dan pembengkakan pada kulit. Sehingga iritasi akan cepat teratasi dengan menggunakan Saffron ini.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultraviolet

Hasil studi telah mengemukakan bahwa manfaat bunga saffron untuk wajah. Ternyata saffron bisa langsung melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari.

Hal ini karena kandungannya berasal dari senyawa flavonoid atau antioksidan. Misalnya saja kaempferol dan quercetin.

4. Mengatasi Bekas Jerawat

Manfaat bunga saffron selanjutnya mengatasi bekas jerawat. Bekas jerawat ini bisa saja mengganggu penampilan.

Manfaat bunga saffron untuk wajah, ini akan lebih maksimal bila digunakan sebagai masker saffron. Kamu dapat langsung membuat masker wajah saffron dan susu cair putih.

Susu ini sangat bermanfaat sebagai zat yang melepaskan sel kulit mati. Apabila kamu menggunakan masker wajah saffron dan susu secara rutin. Maka jerawat dan noda pada wajah dipercaya jauh lebih cepat memudar

Ada beberapa cara membuat masker saffron untuk mengatasi bekas jerawat. Berikut ini sudah ada berbagai langkah yang bisa kamu ikuti, yaitu:

Pertama, siapkan 3-4 helai saffron dan ¼ gelas susu cair putih.  Lalu rendam helaian saffron dalam susu dan biarkan saffron meresap dengan susu selama sekitar 2 jam.

Kemudian, bisa oleskan masker saffron dan susu pada area wajah dan leher kamu. Namun, hindarilah area mata dan bibir. Kamu bisa mendiamkannya selama 10-15 menit.

Berikutnya, kamu dapat menggunakan masker saffron dan susu untuk mengatasi bekas jerawat sekitar 3-4 kali dalam seminggu. Namun, bila kamu mempunyai alergi terhadap produk olahan susu, alangkah baiknya hindari menggunakan masker alami.

Manfaat Toner Saffron untuk Wajah

Saffron Toner
Jual Saffron Toner https://shope.ee/8epxpakhqC

Hampir semua wanita menjadikan toner sebagai salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan sehari-hari untuk mengangkat sisa kotoran di wajah. Berikut ini sudah ada informasi lengkap terkait manfaat bunga saffron untuk wajah.

1. Mencerahkan Wajah

Menggunakan saffron untuk perawatan kecantikan kulit pada wajah. Hal ini bisa membuat rona alami kulit kembali menjadi bercahaya.

Apabila kamu ingin mempunyai kulit yang cerah. Maka bisa mencampurkan bunga saffron dengan air mawar dan aplikasikan pada wajah menggunakan kapas.

2. Mengatasi Lingkar Hitam di Mata

Manfaat bunga saffron untuk wajah ternyata bisa mengatasi lingkar hitam di sekitar mata. Kamu bisa memperoleh manfaat ini dengan menggunakan toner dari safron dan campuran beberapa bahan lainnya.

Lingkar hitam yang ada pada mata dapat diatasi dengan menggunakan saffron. Saffron bisa dicampurkan dengan dua sendok teh air putih dan didiamkan selama satu malam.

Apabila sudah diekstraksi, maka kamu dapat menerapkannya pada wajah yang telah dibersihkan. Racikan bahan-bahan ini berfungsi sekali untuk menghilangkan kulit kusam di area mata.

Selain itu, dapat mengeksfoliasi kulit dan meningkatkan tekanan darah. Manfaat bunga saffron untuk wajah membuat kulit akan tampak lebih halus dan bercahaya.

Manfaat Teh Saffron Bagi Kesehatan

Teh Saffron
Jual Teh Saffron https://shope.ee/A9elcnz27V

Kamu juga bisa memanfaatkan Saffron untuk kesehatan tubuh. Hanya dengan mencampurkan beberapa helai safron dan perasan jeruk lemon.

Lalu diamkan selama satu jam sampai saffron menyatu sempurna dengan jeruk. Kamu sudah bisa mengaplikasikannya sebagai toner wajah.

Cara ini sebenarnya sangat efektif karena saffron memiliki kandungan senyawa crocin yang kaya akan antioksidan. Selain itu, manfaat bunga saffron untuk wajah ada vitamin C yang bisa melancarkan peredaran darah dan menghidrasi kulit.

Pastikanlah untuk selalu berhati-hati sebelum menggunakan masker apapun yang bersifat alami pada wajah. Disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan masker saffron untuk kecantikan.

Manfaat Saffron untuk Berat Badan

Manfaat bunga saffron untuk wajah tidak muncul begitu saja, hal ini karena bunga tersebut mempunyai beberapa kandungan gizi. Bahkan, ada senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit wajah.

Bunga saffron ini mempunyai beberapa kandungan seperti lemak, protein, serat, energi, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, serta vitamin C. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat bunga saffron yang perlu kamu ketahui.

Umumnya, saffron dapat menekan nafsu makan, sehingga membuat siapa saja yang mengonsumsinya bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Tidak heran bila manfaat bunga saffron untuk wajah saat ini menjadi salah satu bahan baku untuk pembuatan suplemen.

Tidak hanya berat badan yang akan turun, lingkar perut dan lemak juga dapat berkurang bila rutin mengonsumsi bunga saffron. Oleh karena itu, rutinlah mengonsumsi saffron untuk wajah.

Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, saffron juga berguna bagi kecantikan wajah. Terdapat beberapa manfaat bunga saffron untuk wajah yang bisa kamu peroleh, berikut penjelasannya:

1. Kulit Menjadi Lembab

Kulit kering sering menjadi salah satu keluhan banyak orang. Kulit yang mengering bisa membuat siapa saja tidak nyaman, jadi tidak jarang kulit kering akan menyebabkan luka pada wajah.

BACA JUGA:  Manfaat Masker Spirulina dalam Dunia Kecantikan Kulit

Oleh karena itu, banyak sekali orang mencari produk perawatan kulit yang dapat melembabkan kulit. Namun, produk yang beredar di pasaran malah kadang memberikan efek samping yang kurang baik bila digunakan terus menerus.

Bahkan, saat ini ada banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Salah satunya seperti manfaat bunga saffron untuk wajah ini.

Bunga saffron ini mempunyai kemampuan untuk meratakan tekstur kulit serta memberikan kelembaban pada kulit wajah secara alami. Umumnya, saffron biasanya digunakan pada produk seperti toner atau face mist.

2. Menghilangkan kerutan pada wajah

Manfaat saffron lainnya, yaitu dapat menghilangkan kerutan yang muncul di wajah. Kerutan dan garis halus ini dapat langsung diatasi karena saffron mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan menangkal radikal bebas.

Selain itu, saffron juga mempunyai kemampuan untuk regenerasi vitamin E. Sehingga kulit dapat langsung memproduksi kolagen sendiri yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini.

3. Membantu mencerahkan kulit wajah

Manfaat bunga saffron untuk wajah selanjutnya yakni membantu mencerahkan wajah. Kulit yang cerah menjadi idaman banyak orang terutama kaum perempuan.

Memang saat ini sudah banyak produk yang mengklaim dapat mencerahkan kulit dengan cepat. Namun, semua hal yang instan pasti mempunyai efek kurang baik di kemudian hari.

Beberapa Cara Mengonsumsi Saffron

Rempah-rempah ini selain dapat memberikan banyak manfaat, keunggulan lain yang dimilikinya, yaitu mudah dikonsumsi. Terdapat beberapa pilihan cara mengonsumsi saffron yang bisa kamu pilih, berikut penjelasannya.

1. Sebagai Minuman Herbal

Sama seperti rempah lainnya, saffron juga dapat dijadikan sebagai minuman herbal. Cara ini bisa kamu pilih karena simpel dan kandungan senyawa baik yang ada didalamnya juga tetap terjaga. Langkah menjadikan saffron sebagai minuman herbal seperti ini.

  • Pertama, masukkanlah saffron sekitar 50 hingga 100 miligram (mg) ke dalam wadah yang berukuran kecil seperti mangkok kecil. Selanjutnya, masukkan es batu yang sudah hancur ke dalam wadah yang berisi saffron.
  • Kemudian, pastikan es batu ini terbuat dari air mineral yang sehat dan tidak memiliki kandungan klorin. Berikutnya, diamkan es batu dan saffron tersebut di suhu ruang hingga es batu mencair.
  • Apabila es sudah mencair, maka air akan berubah warna menjadi merah. Kamu bisa mengonsumsi cairan tersebut dengan dicampurkan pada minuman lain seperti teh.

2. Mengonsumsi dalam bentuk teh saffron

Selain merendam dalam es batu, saffron juga dapat langsung diseduh bersama teh dan madu. Manfaat bunga saffron untuk wajah tidak akan hilang, meski sudah dicampur dengan bahan lainnya, berikut cara membuatnya.

  • Pertama, bisa masukkan teh kedalam gelas lalu tambahkan air panas. Selanjutnya, tambahkan juga madu murni agar rasanya sedikit manis.
  • Berikutnya, bisa tambahkan saffron sebanyak 2 hingga 3 lembar. Kemudian, tunggu sekitar 5 menit dan nikmati teh saffron tersebut selagi hangat.

3. Sebagai campuran masakan

Cara mengonsumsi saffron lainnya bisa dengan mencampurkan pada masakan. Kamu dapat memasukkan safron dalam sop ayam.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan masakan tersebut dengan rempah lainnya seperti kunyit, lada dan kayu manis. Selanjutnya, bisa menambahkan bumbu masakan seperti garam, gula, minyak zaitun, bawang-bawangan, serta cabai.

Saffron bisa langsung dimasak bersama dengan makanan lainnya. Kamu bisa memasukkannya terakhir, saat masakan sudah hampir matang atau bisa ditumis bersama dengan rempah dan bumbu lainnya.

Penambahan saffron ke dalam masakan selain bermanfaat, juga dapat menambah cita rasa. Sehingga makanan yang kamu buat akan semakin nikmat.

Rempah alami ini akan mengeluarkan manfaat secara maksimal bila kamu menggunakannya secara tepat dan tidak berlebihan. Tambahkanlah beberapa bahan alami lainnya seperti madu, susu, kunyit,atau rempah lain.

Saffron terbukti mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah. Selain juga manfaat bunga saffron untuk wajah sangat bagus bila dikonsumsi secara rutin.