3 Cara Memilih Jajanan Sehat

Belanja jajanan sehat adalah salah satu cara yang mudah dan efektif untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga Anda tetap terhidrasi dan mengkonsumsi nutrisi yang tepat. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan berat tubuh ideal. Namun, memilih jajanan yang sehat dapat menjadi tugas yang menakutkan. Berikut adalah 3 cara yang dapat membantu Anda memilih jajanan sehat.

1. Pilih Buah dan Sayuran

Mulailah dengan memilih buah dan sayuran segar sebagai jajanan. Sayuran dan buah banyak mengandung nutrisi penting dan jika mereka dimakan mentah, maka Anda akan mendapatkan semua manfaatnya. Pilihlah buah-buahan yang berwarna cerah karena mereka biasanya kaya akan vitamin dan mineral. Jika Anda memilih buah buahan kalengan, pastikan bahwa mereka tidak terlalu manis dan diproses. Pastikan juga bahwa buah-buahan yang Anda pilih tidak memiliki banyak gula tambahan.

2. Pilih Jajanan Organik

Jika Anda ingin membeli jajanan, carilah yang sehat. Pilihlah jajanan organik yang tidak mengandung bahan berbahaya. Jika Anda tidak yakin dengan label organik, carilah jajanan yang dibumbui dengan bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Jangan membeli jajanan yang mengandung minyak sayur, gula, garam, dan bahan kimia lainnya. Selain itu, pastikan juga bahwa jajanan yang Anda pilih tidak mengandung MSG.

3. Pilih Jajanan yang Tidak Terlalu Manis

Meskipun manis, jajanan yang tidak sehat. Jadi, jika Anda ingin memilih jajanan sehat, pastikan bahwa jajanan yang Anda pilih tidak terlalu manis. Jika Anda memilih jajanan manis, pilihlah yang mengandung gula alami seperti madu atau jus buah. Jangan membeli jajanan yang mengandung gula tambahan atau bahan kimia berbahaya. Selain itu, pastikan bahwa jajanan yang Anda pilih tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti MSG atau garam.

4. Pilih Jajanan yang Rendah Lemak

Lemak tidak sehat untuk jajanan. Jadi, pastikan bahwa jajanan yang Anda pilih terutama rendah lemak. Jika Anda ingin membeli jajanan berlemak, pastikan bahwa jajanan tersebut mengandung lemak tak jenuh seperti lemak alami dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Jangan membeli jajanan yang mengandung lemak jenuh atau bahan kimia berbahaya.

5. Pilih Jajanan yang Rendah Kalori

Ketika membeli jajanan, pastikan bahwa jajanan yang Anda pilih memiliki kalori yang rendah. Hal ini penting karena kalori yang berlebihan dapat menyebabkan berat badan berlebih. Jadi, pastikan bahwa jajanan yang Anda pilih memiliki kalori yang rendah dan tidak terlalu manis. Jangan membeli jajanan yang mengandung banyak gula tambahan atau bahan kimia berbahaya.

BACA JUGA:  pengertian cara hidup sehat

Kesimpulan

Memilih jajanan sehat adalah salah satu cara yang efektif untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga Anda dapat mendapatkan nutrisi yang tepat. Untuk memilih jajanan sehat, pilihlah buah dan sayuran segar, jajanan organik, jajanan yang tidak terlalu manis, dan jajanan yang rendah lemak dan kalori. Jangan lupa untuk membaca label jajanan untuk memastikan bahwa jajanan yang Anda pilih tidak mengandung bahan kimia berbahaya atau gula tambahan.