makanan yang mengandung asam folat

7 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Makanan yang mengandung asam folat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya bagi ibu hamil, asam folat juga baik untuk semua kalangan. Karena asam folat dapat berfungsi untuk memproduksi dan memelihara sel-sel baru dalam tubuh.

Asam folat bermanfaat untuk mencegah perubahan pada DNA yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker. Bagi orang yang berada dalam kondisi sehat disarankan setiap hari mengonsumsi sekitar 400 mcg asam folat untuk mencegah defisiensi nutrisi.

Sedangkan bagi ibu hamil, berfungsi untuk perkembangan tabung saraf bayi sehingga mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat otak dan sum-sum tulang belakang. Manfaat lainnya adalah mencegah keguguran, anemia dan meminimalisir terjadinya preklamsia. Dikutip dari Healthline, berikut makanan-makanan mengandung asam folat tinggi cocok dikonsumsi setiap hari.

1. Kacang kacangan dengan Kadar Tinggi

Lentils
Jual Bob’s Red Mill Red Lentils Organik 765 gr https://shope.ee/A9ejumA4vr

Makanan yang mengandung asam folat pertama adalah kacang-kacangan, seperti lentil, kacang polong, kedelai dan kacang merah. Lentil merupakan kacang-kacangan yang paling tinggi kadarnya. Setiap 100 gram lentil mengandung 180 mcg asam folat. Selain itu, kacang-kacangan kaya akan kalsium, protein, kalium, antioksidan, serta serat tinggi.

Kacang-kacangan dapat ditemui di berbagai tempat dengan harga yang relatif terjangkau. Kacang-kacangan bisa dimakan langsung dan rasanya juga enak. Jika bosan, kacang-kacangan bisa diolah sebagai bahan campuran makanan lainnya untuk membuat sajian bergizi tinggi dan kaya manfaat.

2. Sayuran Bayam dengan Banyak Vitamin

Sayur Bayam
Jual Sayur Bayam Segar https://shope.ee/9p1tXemynJ

Makanan yang mengandung asam folat juga terkandung pada bayam dan sayuran hijau lainnya. Setiap 100 gram bayam terdapat sekitar 180 mcg asam folat. Bayam juga mengandung banyak vitamin, mineral dan serat kaya manfaat untuk tubuh.

Karena manfaat dari bayam sangat luar biasa, sebuah rumah produksi animasi membuat serial kartun berjudul Popeye The Sailorman. Dalam cerita serial kartun tersebut, Popeye menjadi semakin kuat dan mampu mengalahkan musuh-musuhnya setelah memakan sayur bayam.

3. Asparagus dengan Kandungan Gizi dan Nutrisi

Asparagus
Jual Asparagus Segar https://shope.ee/9UP398qV2A

Makanan satu ini dikenal memiliki banyak manfaat karena kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap di dalamnya. Asparagus juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, antioksidan, mineral, kalsium, zat besi dan protein tinggi.

Setiap 100 gram asparagus mengandung sekitar 147 mcg asam folat atau hampir separuh dari kebutuhan harian. Asparagus juga sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan janin, mencegah penyakit kronis, menjaga tekanan darah, mengontrol gula darah dan mencegah kanker.

4. Buah Alpukat yang Kaya Akan Manfaat

ALPUKAT MENTEGA 1Kg
Alpukat Mentega https://shope.ee/9eiMnmUX4K

Selain enak, alpukat merupakan Makanan yang mengandung asam folat sekaligus kaya manfaat. Buah yang populer sebagai olahan jus ini mengandung sekitar 164 mcg asam folat setiap buahnya. Alpukat juga memiliki kandungan vitamin K, vitamin C, vitamin B6, kalium, berfungsi menjaga kesehatan organ tubuh.

Manfaat lain dari buah alpukat adalah bisa menyehatkan jantung. Alpukat juga bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi penderita penyakit jantung sangat disarankan untuk mengonsumsi alpukat. Buah alpukat juga bisa mengurangi risiko stress dan depresi.

BACA JUGA:  Cara Kerja Sistem Pernapasan pada Manusia yang Perlu Diketahui

5. Buah Jeruk dari Keluarga Sitrus

Jeruk Lemon Import
Jual Jeruk Lemon Import https://shope.ee/40404t9XJw

Makanan yang mengandung asam folat tinggi banyak terkandung pada buah-buahan dari keluarga sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk bali, jeruk nipis, jeruk limau dan beragam jenis jeruk lainnya. Satu buah jeruk mengandung 55 mcg asam folat.

Jeruk juga mengandung banyak vitamin C. Sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah datangnya penyakit. Jika tidak dapat menemukan jeruk, Kamu juga bisa mengonsumsi buah alpukat, pisang, pepaya, buah bit, dan tomat sebagai penggantinya.

6. Telur yang Kaya Kandungan Protein

Telur Ayam Kampung
Jual Telur Ayam Kampung Asli https://shope.ee/30BZM97RiK

Telur merupakan makanan yang mengandung asam folat dan kandungan protein tinggi. Dalam satu butir telur terdapat 22 mcg asam folat. Telur juga mengandung protein dan vitamin. Keunggulan lainnya, telur bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Telur juga bisa diolah menjadi roti, kue dan makanan lainnya.

7. Hati Sapi dengan Gizi yang Terkandung

Hati Sapi Beku Halal
Jual Hati Sapi Beku Halal https://shope.ee/4zwdn4bhq4

Setiap 100 gram hati sapi mengandung sekitar 250 mcg asam folat. Hati sapi juga mengandung vitamin A, vitamin B12, serta protein tinggi bagi tubuh. Hati sapi juga kerap disebut sebagai makanan lengkap karena memiliki banyak gizi di dalamnya.

Meski begitu, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi hati sapi, karena memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi. Begitu juga bagi ibu hamil, jika ingin mendapatkan makanan dengan kandungan asam folat sebaiknya mengonsumsi sayuran hijau, buah maupun kacang-kacangan yang minim menimbulkan risiko.

Makanan yang sehat tentu sangat baik bagi tubuh, apalagi makanan yang memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh manusia. Berbagai makanan sehat yang dapat memenuhi nutrisi untuk tubuh terutama makanan yang mengandung asam folat.