gejala terinfeksi virus corona

Gejala Terinfeksi Virus Corona Umum, Tidak Umum dan Serius

Berbagai macam gejala terinfeksi virus corona saat ini jadi informasi paling penting untuk diketahui. Apalagi kalau kamu seorang karyawan yang tidak bisa mengerjakan pekerjaan secara online sehingga harus keluar rumah. Penting untuk tahu juga apa saja pencegahan supaya kamu tidak tertular virus tersebut.

Terlebih lagi corona termasuk mudah menyebar dan dapat menginfeksi siapa saja, baik orang dewasa bahkan bayi sekalipun. Supaya dapat mengetahui kemungkinan tertular atau tidak, kamu wajib tahu semua gejala infeksinya. Baik yang sifatnya umum, tidak umum sampai serius.

Gejala Terinfeksi Virus Corona Bersifat Umum dan Tidak Umum

Gejala pertama yang wajib kamu ketahui sifatnya umum antara lain demam, batuk kering dan merasa lelah. Menurut penelitian dari Journal of the American Medical Association (JAMA), kelelahan adalah tanda umum dan lebih lama bertahan bagi penderitanya. Bahkan ada penderita mengalami kekelahan selama 2 bulan.

Jika terkena gejala terinfeksi virus corona, kamu juga bisa mengalami parosmia atau halusinasi pada indera penciuman. Hal ini bisa menyebabkan penderitanya mencium bau busuk meskipun aroma yang dihirup biasa saja. Bahkan saat tidak menghirup aroma apapun, bisa saja merasa seperti mencium aroma tidak sedap.

Selain pada indera penciuman, indera penglihatan juga bisa terganggu. Orang yang terkena sudah terkena corona dalam waktu 2 minggu memiliki tingkat kesensitifan terhadap cahaya cenderung besar. Hal ini menandakan bahwa pasien terinfeksi tersebut juga mengalami masalah konjungtivitis terkait dengan gejala awal yang dialami.

Gejala terinfeksi virus corona lainnya yaitu masalah pencernaan yang diakibatkan oleh infeksi Covid 19. Kamu yang terkena infeksi, akan mengalami muntah-muntah sampai diare. Umumnya selain masalah pada pencernaan, akan mengalami berbagai macam gejala terkena covid 19 yang lainnya.

Menurut penelitian dari The Journal Annals of Clinical and Translational Neurology, hampir setengah dari jumlah orang yang dites corona juga mengalami nyeri pada otot. Tentu saja setelah terkena infeksi virus, kamu bakal merasa adanya peradangan. Nyeri ini sendiri masih dirasa oleh orang yang sudah sembuh.

Gejala terkena corona bukan hanya pada bagian dalam tubuh, ternyata para pasien yang sudah positif juga muncul ruam pada kulitnya. Tapi ruam pada kulit ini cenderung tidak parah sehingga tidak menambah buruk kesehatan. Selain itu tidak semua pasien terkena virus, hanya 20% dari jumlah keseluruhan.

Gejala Infeksi Covid 19 Lebih Serius

Diatas adalah faktor awal yang muncul sebagai pertanda kalau kamu mengalami infeksi corona. Tapi jika merasakan salah satu gejala lalu kemudian melakukan karantina mandiri dan sembuh, maka tidak perlu sampai ke dokter. Tapi jika tambah parah, maka harus menuju tempat karantina pasien corona agar tidak menular.

Untuk beberapa gejala terinfeksi virus corona yang sifatnya lebih serius antara lain kesulitan saat bernafas. Kamu yang sudah positif terinfeksi, maka bisa merasakan sesak napas yang menyakitkan. Rasanya hampir sama seperti kehabisan nafas sehingga beberapa orang menggambarkan seperti sedang sekarat.

BACA JUGA:  Penyakit yang Disebabkan oleh Virus Yang Perlu Diwaspadai

Sesak napas ini cenderung dibarengi juga dengan nyeri pada dada yang rasanya seperti tertekan dengan keras. Maka dari itu para pasien positif juga kesulitan untuk bergerak, bahkan berbicarapun sulit dilakukan. Maka dari itu jika rasanya sudah terlalu parah, wajib menghubungi bantuan medis dari satgas Covid 19.

Buat kamu yang masih merasakan gejala ringan, harus sadar diri yaitu dengan tetap wajib melakukan karantina mandiri. Jangan lupa untuk minum obat penurun demam dan jaga ruangan disekitar supaya tetap lembab. Perbanyak juga minum air dan istirahat yang cukup agar kesehatan imun menjadi lebih kuat.

Jika tidak ingin tertular Covid 19, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari di luar ruangan. Misalnya tidak menyentuh area sekitar wajah jika belum mencuci tangan dengan benar. Benda penting yang sering dibawa seperti smartphone, dompet, kartu ATM dan sebagainya juga harus disterilkan.

Selain itu, apabila melihat rekan atau orang asing seperti kurang sehat, jangan didekati dulu untuk mencegah kemungkinan tertular. Begitu sebaliknya, jika merasa kurang sehat, maka jangan berkeliaran. Tentu kamu juga diwajibkan terus menggunakan masker agar tidak kena gejala terinfeksi virus corona tersebut.