macam macam penyakit kulit

Mengenal Macam Macam Penyakit Kulit dan Cara Mencegahnya

Semua orang pasti pernah merasakan terkena salah satu dari macam macam penyakit kulit pada tubuh manusia. Hal ini umum terjadi karena yang namanya kulit adalah lapisan paling atas dari tubuh sehingga segala macam zat, cairan maupun paparan ke tubuh pasti kena ke lapisan epidermis paling luar dulu.

 

Jadi, memang sangat rentan terkena penyakit dari hasil infeksi baik disebabkan oleh bakteri, kuman, virus sampai jamur. Penyebab yang berbeda-beda ini akan membuat cara penyembuhannya tidak sama. Apalagi ada penyakit kulit bersifat umum dan mudah disembuhkan, ada juga yang lebih parah dan sulit penyembuhannya.

 

Macam-Macam Penyakit Kulit yang Umum

Obat Panu Kadas Kurap
Jual Obat Panu Kadas Kurap https://shope.ee/9eiTRqW0vJ

Pertama dalam daftar penyakit disini adalah panu yang ditandai munculnya bercak di kulit disebabkan serangan jamur penginfeksi kulit. Panu terbilang tidak akan menular, tapi harus disembuhkan agar tidak membesar. Cara menyembuhkannya sangat mudah, kamu tinggal krim anti jamur ke apotek.

Selain panu, jamur juga bisa menyebabkan kamu kena penyakit kurap. Umumnya kurap terdapat disekitar sela jari kaki karena daerah tersebut lembab dan hangat, alhasil jamur berkembang sangat cepat. Kurap hampir sama dengan panu, bedanya kurap ini penyakit menular sehingga harus hati-hati agar tidak menularkan ke orang lain.

Macam macam penyakit kulit umum selanjutnya adalah cacar air yang orang bilang, seseorang pasti bakalan kena sekali seumur hidupnya. Cacar air sendiri terjadi karena virus, kemudian menyebabkan muncul bintik merah berisi air. Untuk menyembuhkannya, disarankan mengunjungi dokter dan meminta obat antivirus plus imunisasi bila perlu.

Obat Biduran
Jual Obat Biduran Original Alergi Gatal Biduren Ampuh Herbal Gatal Gatal Gatel Alergi Gatal Alergi Gatal Kulit Biduren Alergi Dingin Gatal Biduran https://shope.ee/8p9MSVYwe9

Selain jamur dan virus, alergi juga jadi penyebab sakit kulit salah satunya biduran. Jika terkena biduran, maka akan bentol-bentol merah dan terasa begitu gatal. Biduran sendiri bisa sembuh sendiri seiring berjalannya waktu, tapi jika dirasa sangat pedih kompreslah dengan air dingin supaya berkurang rasa sakitnya.

Obat Bisul
Jual Obat bisul bernanah udun menahun bisul anak bisul di badan bernanah udun di pantat ampuh herbal https://shope.ee/3V7q6rG9Hl

Lalu ada pula bisul yang termasuk macam macam penyakit kulit paling banyak dialami oleh masyarakat umum. Bisul sendiri tidak hanya muncul pada area bawah tubuh melainkan bisa pada bagian manapun. Bisul bisa diobati memakai kompres air hangat, jaga jangan sampai pecah karena bisa infeksi.

Obat Kutil
Jual CALLUSOL ORIGINAL OBAT MATA IKAN, KUTIL, KAPALAN https://shope.ee/AUHaRxWF3x

Hindari juga kondisi lain seperti terkena kutil, di mana kondisi ini disebabkan oleh serangan virus HPV. Orang yang terkena kutil akan memiliki bentolan pink atau sedikit kecokelatan. Meski tidak termasuk parah, tapi cukup mudah menular sehingga harus menghindari orang dengan penyakit ini.

Sama seperti kutil, ada juga kudis yang termasuk mudah menular. Kudis penyebabnya kutu kulit yang menempel sehingga menyebabkan munculnya semacam jerawat berukuran mini. Meskipun kecil, tapi rasanya gatal dan yang lebih parah ternyata mudah menular.

Penyakit Kulit Lain yang Harus Diwaspadai

impetigo
penyakit impetigo / mdedge.com

Selain kondisi sakit kulit umum, ada juga impetigo yang sering diidap anak kecil. Impetigo adalah kondisi di mana muncul di area bagian wajah, tangan dan kaki. Bentuknya kurang lebih mirip bisul tapi lebih kecil. Penyakit ini sangat menular sehingga harus diobati memakai antibiotik atas resep dokter.

BACA JUGA:  Ketahui Manfaat Kayu Bajakah untuk Atasi Berbagai Penyakit
herpes
gambar penyakit herpes pada kulit

Macam macam penyakit kulit yang harus diwaspadai selanjutnya adalah herpes di mana sesuai namanya, kondisi ini disebabkan oleh virus herpes. Herpes bentuknya seperti lentingan cairan disekitar organ oral, hidung dan kemaluan. Wajib diwaspadai karena herpes mudah menular baik lewat jalan ciuman sampai hubungan badan.

Akibat Dermatitis Atopik atau Eksim
Penyakit Akibat Dermatitis Atopik atau Eksim / iStock

Tidak seperti herpes, kondisi sakit pada kulit lainnya yaitu eksem sama sekali tidak menular. Para penderita eksem sendiri akan menemukan kondisi kulit merah dan kering pada bagian wajah, tangan dan kaki. Perlu diketahui kalau eksem penyebabnya tidak pasti, jadi harus diketahui dulu supaya bisa disembuhkan.

Kanker Kulit
Gambar Kanker Kulit

Kondisi kulit terakhir yaitu kanker kulit, di mana termasuk penyakit berbahaya dan mematikan. Pada awalnya sakit ini berbentuk seperti tahi lalat yang kemudian bertambahnya waktu bentuk dan warnanya malah berubah. Untuk mengobatinya, melakukan operasi dan kemoterapi wajib dilakukan.

 

Meskipun kebanyakan bukan tergolong parah, tapi harus dicegah dan diobati bila terkena. Kamu harus membiasakan mencuci tangan dengan benar dan membersihkan ruangan serta benda yang sering dipakai. Tidak berdekatan dengan orang yang punya berbagai macam macam penyakit kulit juga bisa meminimalisir tertular.