manfaat temulawak untuk wajah

Manfaat Temulawak untuk Wajah Berseri Alami, Buktikan Sendiri

Tidak dipungkiri jika manfaat temulawak untuk wajah sudah terbukti serta telah dikenal sejak lama. Temulawak merupakan rempah-rempah asli Indonesia di mana bentuk dan warnanya mirip dengan kunyit. Meski dikenal sebagai tumbuhan obat namun, temulawak juga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku berbagai olahan produk kulit ternama.

Karena sering dimanfaatkan untuk minuman jamu, maka wajar jika rasanya cenderung pahit. Meski rasanya terbilang pahit, namun khasiatnya begitu besar khususnya dunia kesehatan. Dan belakangan ini, temulawak semakin populer karena bisa menjadikan kulit lebih terlihat cerah dan bercahaya secara natural. Asalkan tahu bagaimana menggunakannya secara tepat.

Temulawak yang dikenal menjadi bagian tanaman empon-empon sangat tinggi khasiatnya karena memiliki banyak zat penting. Seperti kurkumin, kalsium, protein, lemak, turmerol, borneol, serta zat lainnya. Bagi kamu yang punya gangguan pencernaan hingga ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh maka bisa memanfaatkan rimpang tersebut.

Sementara manfaat temulawak untuk wajah juga terbilang lebih populer. Biasanya para wanita mengaplikasikannya sebagai masker organik. Namun, kini semakin mudah adanya banyak krim kecantikan berasal dari bahan rimpang tersebut. Tidak hanya mudah, namun terbukti mampu membuat kulit cerah alami dalam waktu relatif singkat.

Khasiat Lain Temulawak untuk Perawatan

Skin Care Temu Lawak
Jual Skin Care Temu Lawak https://shope.ee/4V0VRdfoNU

Khasiat temulawak di dunia kesehatan bahkan kecantikan sudah tidak mungkin diragukan. Kini banyak bermunculan produk olahan dari temulawak mulai dari krim, minuman, hingga obat-obatan. Bagi kamu yang belum tahu selain membuat muka cerah ada beragam khasiat lain dari rimpang menyerupai kunyit ini seperti berikut.

  1. Menyembuhkan jerawat

Manfaat temulawak untuk wajah di antaranya sebagai solusi menyembuhkan jerawat. Jerawat menjadi permasalahan kulit cukup meresahkan. Meski begitu, kini kamu dapat mengatasinya dengan selalu memakai produk bahan tersebut. Boleh dalam bentuk krim olahan atau masker organik. Dijamin sembuh dalam waktu cepat.

  1. Membuat wajah halus serta terawat

Selain jerawat, temulawak juga bisa membuat wajahmu halus serta terawat. Kulit halus memang idaman semua wanita terlebih memudahkan ketika memakai riasan. Penggunaan masker berbahan temulawak secara benar dipercaya mampu membuat kulit wajah halus serta terawat. Tentunya agar terlihat cerah berseri secara alami.

  1. Menyamarkan flek hitam agar tidak mengganggu penampilan

Bagi kamu sering kesal dengan munculnya flek hitam akibat penuaan dapat menguranginya dengan selalu memakai temulawak. Jangan sampai dibiarkan berlarut-larut karena akan sulit hilang. Ketika kamu rutin menggunakan masker rimpang ini perlahan noda hitam akan menghilang meski dalam waktu relatif lama.

  1. Memperkecil ukuran pori-pori

Memiliki wajah berpori-pori besar wajar jika cukup menyebalkan lantaran bisa menjadi pemicu munculnya jerawat hingga membuat kulit terlihat kusam. Parahnya pori-pori ukuran besar tidak bisa ditutupi secara maksimal dengan riasan. Oleh sebab itu, kamu dapat memanfaatkan temulawak untuk solusi jitunya.

  1. Digunakan untuk antioksidan natural untuk kulit

Dan paling penting manfaat temulawak untuk wajah sebagai antioksidan alam. Ketika kulit sehat, segala permasalahan kulit muka bisa dicegah. Apalagi muka menjadi bagian tubuh yang rentan dengan banyaknya radikal bebas ketika beraktivitas. Sebelum terjadi maka kamu dapat memanfaatkan temulawak untuk pencegahnya.

Tips Memakai Temulawak untuk Perawatan Kulit Muka

Memanfaatkan rimpang menyerupai kunyit tersebut tidak boleh sembarangan. Karena bisa berefek buruk pada kesehatan khususnya kulit muka. Apabila jika ingin mendapatkan hasil maksimal ketika tahu manfaat temulawak untuk wajah, maka wajib memperhatikan beberapa cara berikut. Tidak perlu cemas karena mudah dipraktekkan sehari-hari asalkan sesuai aturan.

Kamu dapat memanfaatkannya menggunakan dua tips yakni dijadikan masker atau mengambil sarinya. Guna perawatan muka, cara paling mudah tentu memanfaatkannya sebagai masker. Kamu dapat mencampurkan bubuk rimpang tersebut dengan bahan lain antara lain lemon, madu, serta minyak zaitun. Lakukan secara berkala guna peroleh hasil optimal.

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi pemanfaatan rimpang tersebut sudah bisa digunakan dalam bentuk krim. Sehingga kamu tidak perlu repot mencampurkan bahan untuk dijadikan masker. Hanya saja kamu perlu waspada terhadap berbagai produk palsu yang berbahaya sehingga perlu kecermatan ketika memilihnya.

Dikarenakan masing-masing orang memiliki kulit yang berbeda-beda maka efeknya juga tidaklah sama. Ada yang cepat namun, tidak jarang banyak pula efeknya lama. Cara mengatasinya tentu dengan konsultasi terlebih dahulu. Namun, hingga kini sudah banyak yang cocok dan mendapat hasil manfaat temulawak untuk wajah secara maksimal.

Manfaat Temulawak untuk Wajah Cerah Alami

Manfaat temulawak untuk wajah sebenarnya bisa membantu menyamarkan bekas jerawat. Temulawak sering dijadikan sebagai salah satu minuman jamu tradisional.

Tidak hanya untuk kesehatan, ada beberapa manfaat temulawak bagi wajah. Bahan alami ini bisa dijadikan sebagai masker wajah yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah.

Manfaat Temulawak untuk Wajah agar Glowing

Manfaat Temulawak untuk Wajah agar Glowing

Temulawak diketahui berasal dari famili Zingiberaceae atau temu-temuan. Kandungan utama yang ada dalam tanaman ini, yakni kurkumin.

Selain itu, temulawak mempunyai sifat anti-peradangan, antioksidan, serta antimikroba yang baik. Manfaat bisa kamu dapatkan dari pemakaian masker tanaman ini. Adapun beberapa manfaat temulawak bagi wajah, antara lain:

BACA JUGA:  Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami Tanpa Ribet

1. Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat menjadi salah satu musuh sejuta umat karena dapat mengganggu penampilan wajah. Hal ini bisa saja terjadi akibat hormon, polusi, sampai riasan wajah yang kurang bersih saat dibersihkan.

Namun tenang saja, manfaat temulawak bagi wajah bisa langsung membantu mencegah timbulnya jerawat. Sebab, tanaman ini mempunyai astringent yang dapat mengecilkan pori-pori kulit.

Sehingga secara tidak langsung manfaat temulawak untuk wajah, mencegah jerawat muncul pada permukaan kulit.  Hal ini sebenarnya diperkuat oleh sebuah penelitian dalam Jurnal Phytoter Research terkait efektifitas temulawak terhadap jerawat.

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Kurkumin yang ada dalam temulawak mampu meredakan peradangan jerawat. Tidak hanya mencegah jerawat muncul, manfaat temulawak juga ternyata membantu mengatasi permasalahan kulit tersebut.

Kandungan kurkumin yang ada di dalamnya mempunyai sifat anti-peradangan. Sehingga bisa meredakan peradangan jerawat serta membuatnya lebih cepat kering.

Selain itu, ada sifat antimikroba pada temulawak yang bisa membantu mengatasi jerawat. Agar bisa mendapatkan manfaat temulawak untuk wajah ini, kamu bisa melakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker temulawak.

3. Mencerahkan Wajah

Menumpuknya kotoran dan sel kulit mati dapat membuat wajah terlihat menjadi kusam. Ditambah lagi, dengan aktivitas di luar ruangan akan membuat polusi udara menempel pada kulit.

Namun, dengan menggunakan masker temulawak bisa membantu mencerahkan kulit. Manfaat temulawak ini didapatkan dari kandungan kurkumin yang ada di dalamnya.

4. Menyamarkan noda hitam

Manfaat temulawak untuk wajah, selanjutnya membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Hal ini karena bisa memberikan efek mencerahkan kulit.

Agar bisa mengurangi permasalahan tersebut, kamu dapat menggunakan masker temulawak. Pilihlah temulawak yang telah menjadi bubuk untuk bisa  dijadikan masker agar lebih mudah digunakan.

Cara Membuat Masker dari Temulawak

Agar memperoleh manfaat temulawak untuk wajah, kamu bisa membeli masker temulawak yang dijual di pasaran. Namun, pastikanlah produk tersebut aman dan nyaman saat digunakan.

Selain itu, kamu juga dapat membuat masker ini sendiri. Caranya tidak terlalu sulit, bahkan bahan-bahannya mudah didapatkan. Berikut ini cara membuat masker temulawak yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Pertama, bisa siapkan sejumput bubuk temulawak, satu butir telur, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Selanjutnya, bisa campurkan manfaat temulawak untuk wajah dengan kuning telur.
  2. Lalu aduk sebentar dan tambahkan minyak zaitun. Kemudian, bisa aduk kembali sampai semuanya tercampur dan membentuk pasta.
  3. Masker temulawak akhirnya siap digunakan. Sebelum kamu mengaplikasikan masker, maka pastikan wajah dalam kondisi bersih.
  4. Selanjutnya, bisa oleskan masker pada wajah secara merata dengan menggunakan kuas. Lalu biarkan mengering sekitar kurang lebih 20 menit. Berikutnya, bersihkan wajah dengan air hangat sampai bersih.

Kenali Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

Herbal Sari Temulawak - Hati Sehat Antioksidan Hepatitis
Jual Herbal Sari Temulawak – Hati Sehat Antioksidan Hepatitis https://shope.ee/8UWeDhMDQW

Manfaat temulawak untuk kesehatan sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena kandungan berbagai senyawa alami di dalamnya.

Tanaman berkhasiat ini secara turun-menurun digunakan sebagai jamu atau obat herbal tradisional. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) merupakan salah satu tanaman herbal asli Indonesia yang sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Mulai dari kurang nafsu makan, gangguan pada lambung, sembelit, diare, demam, radang sendi, dampak gangguan fungsi hati. Tanaman ini masih kerabat dekat dengan tumbuhan kunyit.

Tidak hanya sebagai obat herbal, akar temulawak juga seringkali digunakan sebagai pewarna makanan. Selain itu, sebagai bumbu masakan, dan ada manfaat temulawak untuk wajah dalam produk kosmetik.

Di Indonesia sendiri, temulawak biasanya bisa dikonsumsi dalam bentuk kering atau bubuk dan jamu atau teh herbal. Tanaman ini juga sudah banyak diproduksi dalam bentuk suplemen.

Sebagian studi ilmiah menyatakan bahwa manfaat temulawak untuk wajah juga memiliki kandungan beragam senyawa yang baik untuk kesehatan. Misalnya saja seperti terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol.

Beragam senyawa aktif ini diketahui bersifat antioksidan, anti radang, antimikroba, antikanker, serta antidiabetes. Bagian rimpang induk dan akar temulawak termasuk salah satu bagian yang paling berkhasiat dan banyak mengandung senyawa aktif.

Oleh sebab itu, bagian ini sering diambil dan digunakan untuk pengobatan. Hal ini karena kandungan senyawanya tersebut, ada beragam manfaat temulawak yang bisa kamu peroleh, yakni:

1. Memperkuat Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat temulawak untuk wajah, bisa memperkuat daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari berbagai macam nutrisi dan antioksidan yang bisa membantu kinerja sel darah putih serta produksi antibodi.

Tubuh akan menjadi lebih kuat melawan berbagai macam kuman dan virus penyebab penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat inilah bisa membuatmu jarang sakit.

2. Mencegah dan mengatasi infeksi

Manfaat temulawak untuk wajah memiliki kandungan xanthorrhizol dan kurkuminoid yang berguna sebagai antimikroba. Berbagai riset mengatakan ekstrak temulawak bisa langsung membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Misalnya saja  bakteri Salmonella dan E.coli. Selain itu, ekstrak temulawak juga diketahui mempunyai berbagai efek antivirus dan antijamur.

Oleh sebab itu, temulawak dapat langsung dikonsumsi sebagai obat herbal. Hal ini berguna untuk mencegah dan mengatasi infeksi.

Minuman temulawak ini mempunyai efek antiradang dan pereda demam alami. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mendukung proses pemulihan saat sedang sakit.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Minuman herbal terbuat dari temulawak juga sangat dikenal manfaatnya untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan sembelit.

Sebuah penelitian telah mengatakan bahwa temulawak mempunyai potensi manfaat untuk mengobati radang lambung atau gastritis.

Waspada Efek Samping Temulawak

Meski termasuk dalam bahan yang herbal alami, temulawak tetap tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Hal ini karena temulawak bisa menimbulkan efek samping atau reaksi interaksi obat.

Terutama bila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan dari dokter. Selain itu, temulawak juga tidak terbukti aman dikonsumsi oleh setiap orang.

Saat ini beberapa kelompok dianjurkan tidak mengonsumsi temulawak sebagai obat herbal, yakni wanita hamil dan menyusui. Bahkan, penderita penyakit tertentu, seperti maag kronis, gangguan empedu, dan kelainan darah.

BACA JUGA:  Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Sensitif agar Terhindar dari Jerawat

Bila ingin mengonsumsi temulawak, kamu juga perlu mengetahui takaran amannya. Mengonsumsi ekstrak temulawak sekitar 8 gram per hari dipercaya masih dalam batas aman.

Meskipun begitu, tidak ada informasi yang jelas terkait dosis aman dan maksimal temulawak secara medis. Oleh sebab itu, temulawak tidak akan disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Manfaat Temulawak sebagai Obat Alami

Temulawak Bubuk 50gr
Jual Temulawak Bubuk 50gr https://shope.ee/4ANf3cavxo

Manfaat temulawak umumnya digunakan sebagai pengobatan tradisional. Banyak sekali orang yang menggunakan bahan herbal ini sebagai obat anti radang dan penyembuh luka.

Temulawak dikenal sebagai salah satu tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Pada umumnya, tanaman ini mempunyai kulit yang berwarna kuning muda.

Sebagai tanaman monokotil, tanaman ini tidak mempunyai akar tunggang. Akar yang dimilikinya berupa akar rimpang. Rimpang temulawak ini terdiri dari rimpang induk dan anakan.

Rimpang induknya ini berbentuk bulat seperti telur serta berwarna kuning tua, bagian dalamnya sudah berwarna jingga kecoklatan. Rimpang inilah yang dijadikan sebagai bahan obat alami dari temulawak.

Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Kulit

Manfaat temulawak untuk wajah juga sangat banyak. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat temulawak yang bisa kamu ketahui.

1. Meremajakan kulit

Kamu juga dapat meremajakan kulit dengan berbagai macam perawatan. Manfaat temulawak ini ternyata tidak hanya bisa mencegah gejala penuaan, namun membantu meremajakan kulit.

Perawatan dengan temulawak ini bisa saja memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Kulit yang sehat akan tampak lebih segar sehingga kamu akan terlihat lebih muda.

2. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat temulawak untuk wajah yang tidak kalah penting adalah menjaga kelembaban kulit. Banyak sekali orang yang berpendapat bahwa jenis kulit yang berminyak paling bermasalah, tentunya hal ini tidak benar.

Pada umumnya, masalah kulit kering juga tidak dapat dianggap sepele. Kulit kering jauh lebih rentan terhadap iritasi bila dibandingkan dengan kulit berminyak.

Hal ini  juga yang menjadi alasan mengapa menjaga kelembaban kulit sangatlah penting. Kulit yang lembab dan terhidrasi dengan baik merupakan salah satu ciri kulit sehat.

3. Mencegah terjadinya penuaan dini

Manfaat temulawak untuk wajah yang banyak dipercaya berikutnya, bisa mencegah penuaan dini. Perawatan anti-aging ini termasuk salah satu hal yang penting dilakukan, bahkan ketika memasuki usia 20-an.

Ada beberapa macam pilihan perawatan anti-aging, namun yang paling aman pilihlah perawatan secara alami. Kamu dapat memilih temulawak sebagai salah satu perawatan anti-aging.

4. Menyamarkan bekas luka di wajah

Bekas luka di kulit ini menjadi salah satu hal yang mengganggu, terutama bila letaknya di bagian wajah. Manfaat temulawak untuk wajah lainnya bisa membantu menyamarkan bekas luka di wajah.

Manfaat temulawak yang satu ini tentunya akan menunjukkan hasil bila dilakukan secara konsisten. Jadi kamu harus menggunakan temulawak secara rutin, namun jangan berlebihan.

5. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar bisa saja menjadi masalah yang serius untuk beberapa orang. Selain sulit ditutupi dengan make up, pori-pori yang besar juga akan membuat wajah rentan terhadap jerawat.

Temulawak dapat menjadi salah satu solusi untuk permasalahan tersebut. Hal ini karena temulawak dipercaya bisa membantu mengecilkan pori-pori.

6. Antioksidan bagi kulit

Manfaat temulawak untuk wajah terakhir, yaitu bisa menjadi antioksidan alami. Sebagai antioksidan alami, temulawak bisa saja membantu memelihara kesehatan kulit.

Selain itu, dapat mencegah berbagai permasalahan kulit akibat radikal bebas yang menyerangmu. Jika perawatan dengan menggunakan temulawak memberikan efek positif pada wajahmu, maka bisa melanjutkannya.

Namun, bila muncul justru efek negatif, itu tandanya ada ketidakcocokan antara kulitmu dan temulawak. Sehingga lebih baik mencari jenis perawatan yang lainnya.

Dari beberapa manfaat yang ada di atas bisa kamu terapkan dengan mudah. Manfaat temulawak untuk wajah memang sangat banyak dan bisa kamu dapatkan bila konsisten menggunakannya.