manfaat minyak zaitun untuk wajah

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Lebih Berseri dan Cerah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah memang sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian dari dunia medis. Kandungan senyawa baik seperti kalori, lemak tidak jenuh, hingga polifenol merupakan senyawa penting bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak heran saat ini ada banyak produk kesehatan dari bahan dasar olive oil.

Salah satu khasiatnya adalah untuk kesehatan wajah supaya lebih bersih dan berseri. Ada saatnya kamu lebih baik memilih perawatan herbal alami daripada kimia supaya mendapatkan kulit lebih sehat. Selain untuk menghindari resistensi, namun juga bisa dipakai sebagai ganti kosmetik dengan khasiat tidak kalah baiknya.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kamu menggunakan olive oil sebagai masker wajah. Beberapa orang menyebutnya sebagai masker ajaib karena memberikan solusi segala jenis masalah kesehatan, misalnya melembabkan kulit wajah. Selain itu, ada banyak lagi khasiat yang bisa kamu dapatkan dari minyak tersebut.

Menghilangkan dan Menghapus Bekas Riasan

Kaum hawa biasanya tidak bisa lepas dari merias diri dengan berbagai macam jenis make up. Namun ada saatnya untuk membersihkannya ketika tidak dibutuhkan. Salah satu caranya adalah memanfaatkan produk olive oil. Tentu ada beberapa produk kecantikan dari bahan dasar serta olahan darinya.

Ketika ingin menghilangkan bekas riasan, kamu cukup mengoleskan beberapa minyak zaitun secukupnya. Cara paling mudah adalah membeli sabun dengan ekstrak zaitun sebagai bahan dasar supaya lebih mudah dipakai. Setelah itu, kamu bisa membasuh muka dengan air mengalir. Keringkan dengan handuk dan bekas riasan akan menghilang.

Bahan Alami Pelembab Pada Kulit

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah lebih sehat dan berseri adalah karena bisa menjadi pelembab. Hampir sama dengan herbal lain, minyak ini juga memiliki kandungan senyawa cukup baik sehingga bisa dipakai sebagai pelembab. Cukup aman tanpa memberikan risiko terkena alergi kulit yang menimbulkan jerawat.

Anda bisa mencampurkan beberapa tetes olive oil ke pelembab yang biasa kamu pakai. Jika tidak mau repot maka bisa langsung mengoleskan pada wajah sesuai kebutuhan. Lakukan secara rutin supaya kulit wajah tetap lembab. Biasanya jika kulit wajah sehat, tidak ada bagian kulit yang mengelupas.

Mengatasi Kulit Wajah Tidak Nyaman

Terkadang ketika tidak cocok menggunakan produk kecantikan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit wajah. Ruam kemerahan atau rasa gatal sering muncul akibat alergi atau ketidakcocokan dengan produk kecantikan tersebut. Namun masalah tersebut bisa segera diselesaikan ketika memanfaatkan olive oil sebagai obat alami.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah lain adalah menyelesaikan masalah tersebut. Cukup memberikan pada bagian yang terasa gatal, maka rasa tidak nyaman akan segera menghilang. Biasanya mandi air hangat dengan campuran beberapa sendok makan olive oil. Biasanya dalam beberapa saat akan muncul perubahannya.

Menghilangkan Bekas Jerawat yang membandel

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat jika kamu pergi ke klinik kecantikan. Biasanya menggunakan beberapa teknik seperti terapi cahaya hingga laser lesurfacing. Tentu saja kamu perlu mengeluarkan beberapa biaya sebagai balas jasa. Namun jika tidak ingin mengeluarkan biaya lebih besar, maka bisa menggunakan minyak zaitun.

Oleskan ke bagian bekas jerawat dan tunggu hingga sekitar 7 menit. Setelah itu segera basuh dengan air mengalir untuk membersihkannya. Namun kamu tidak boleh membiarkan minyak zaitun terlalu lama menempel pada kulit. Hal tersebut karena bisa menutup pori-pori dan membuat kotoran tidak bisa keluar.

Scrub Kulit Wajah yang Sempurna

Manfaat minyak zaitun untuk wajah lain adalah sebagai scrub yang sempurna. Memang setiap orang memiliki jenis kulit berbeda. Buat racikan antara olive oil dengan beberapa herbal lain seperti air garam. Racikan ini akan sangat berguna supaya membuat wajah kamu tampak lebih cerah.

Campuran antara olive oil dan air garam tentu harus sesuai takaran. Biasanya menggunakan 5 sendok teh untuk air garam adalah takaran paling umum. Setelah itu olehkan pada bagian wajah dan pijat dengan halus. Setelah beberapa saat, kulit mati akan segera mengelupas dan terangkat.

Olive oil memang sudah banyak dirasakan manfaatnya sebagai salah satu produk kecantikan. Minyak ajaib yang memiliki solusi dari berbagai macam permasalahan. Tidak heran jika ada banyak produk kecantikan dari bahan dasar tersebut. Apalagi melihat manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sangat menguntungkan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bisa  Menambah Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bisa Menambah Kecantikan

Belum tahu manfaat minyak zaitun untuk wajah? Ternyata kandungan di dalamnya menyimpan banyak sekali khasiat serta manfaat loh. Minyak ini mengandung banyak sekali nutrisi, selain baik digunakan untuk memasak ternyata bisa juga digunakan untuk wajah.

Pada jenis kulit yang cocok minyak ini dapat dijadikan bahan untuk perawatan dan dapat di aplikasikan di berbagai waktu. Selain manfaat dari minyak zaitun untuk wajah ternyata dapat di gunakan pada bagian tubuh lain. Penasaran dengan kandungan dan manfaat dari minyak zaitun? Berikut ulasannya untuk kamu.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Membandel di Wajah

Asal Mula dari Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya sudah ada sejak ribuan tahun lalu, minyak zaitun berasal dari dataran mediteranea atau yang saat ini dikenal dengan timur tengah. Tanaman ini juga tersebar di wilayah Afrika Utara, Yunani, Spanyol, Turki dan selatan Italia.

Pohon buah zaitun memiliki umur yang sangat panjang dan bisa bertahan selama 500 tahun. Selain itu pohon ini juga tahan terhadap cuaca gersang tetapi tetap memiliki buah.

Sejak zaman dahulu minyak ini sudah digunakan untuk berbagai perawatan seperti luka, perawatan kulit dan bahkan khasiat yang tidak diragukan lagi adalah manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Pada awalnya minyak ini hanya dapat dinikmati oleh kalangan bangsawan saja. Tetapi lambat laun minyak ini dapat dikonsumsi dan dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat. Minyak zaitun semakin populer saat zaman kolonialisme dan kemudian masih digunakan sebagai produk kecantikan hingga saat ini.

Produk turunan dari minyak zaitun adalah kosmetik, sabun, obat herbal dan juga dapat digunakan untuk memasak. Jadi minyak ini memiliki banyak sekali kegunaan selain manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Beberapa Kandungan dari Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan yang tidak kalah dari buah atau tanaman lain yang sering digunakan untuk produk-produk kecantikan. Produk olahannya juga mempunyai banyak manfaat untuk wajah.

Kandungannya yang kaya membuatnya dipilih sebagai bahan dasar pembuatan sabun dan kosmetik. Berikut adalah kandungan dari minyak zaitun yang wajib kamu ketahui.

  1. Kalori 199 gram
  2. Asam lemak tidak jenuh 9,9 gram
  3. Lemak 13 gram

Memang minyak zaitun memiliki kandungan lemak, tetapi lemak yang terkandung di dalamnya bukan merupakan lemak jenuh yang berbahaya. Melainkan lemak yang baik untuk kesehatan, maka dari itu lemak tak jenuh tersebut sering digunakan untuk bahan dasar sabun dan kosmetik yang memiliki manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Selain itu minyak ini juga mengandung zat yang bersifat menangkal radikal bebas paparan sinar matahari. Bahkan dibandingkan dengan minyak sawit yang sama-sama digunakan untuk bahan dasar sabun, minyak zaitun unggul lebih jauh karena kandungan lemak tak jenuhnya. Jadi minyak ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari referensi dalam merawat kulit.

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Sebagai bahan alami yang sering digunakan oleh banyak orang tentunya berbagai manfaat terkandung dalam minyak ini baik untuk kulit wajah. Seperti beberapa manfaat di bawah ini.

  1. Sebagai pembersih permukaan wajah

Seperti bahan alami lain produk ini memiliki manfaat minyak zaitun untuk wajah. Kandungan yang terdapat di dalamnya membuat wajah mudah dibersihkan dengan meresap ke dalam pori-pori kulit.

Tidak banyak produk yang saat ini bersifat seperti ini. Kamu bisa menggunakannya sesaat sebelum tidur dan sebelum beraktivitas di pagi hari.

  1. Pelembab bibir kering

Salah satu manfaat dari minyak ini ialah melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Sebagai bahan yang alami dan mudah didapatkan minyak zaitun lebih baik daripada produk kimiawi lainnya. Cukup oleskan sedikit pada bibir yang pecah dan lakukan dengan rutin.

  1. Sebagai obat anti jerawat

Manfaat zaitun untuk wajah yang tidak kalah penting ialah sebagai obat anti jerawat. Tetapi selain itu juga zaitun memiliki fungsi untuk mengobati luka bekas jerawat. Cukup mengaplikasikannya 3-5 menit dengan rutin maka jerawat dan bekasnya akan hilang.

  1. Antioksidan penangkal radikal bebas

Zaitun mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Ini berarti jika mengoleskan minyak ini dapat membantu menahan radikal bebas, sinar UV dan juga paparan matahari yang berlebihan. Seperti yang kamu ketahui bahwa radikal bebas dapat memicu aktifnya sel-sel kanker.

Tentu kamu tetap ingin melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari dan mendapat manfaat minyak zaitun untuk wajah bukan? Jadi jangan ragu untuk mengaplikasikannya.

  1. Menghapus makeup dengan cepat

Bahan alami ini juga dapat berfungsi sebagai cleanser alami bagi kamu yang sering menggunakan make up. Sifatnya yang licin dan juga lembut membuat make up dapat cepat hilang dan luntur apabila terkena oleh zaitun.

Tentunya gunakanlah secukupnya dan jangan terlalu banyak. Kamu juga bisa mengombinasikan penggunaan zaitun ini dengan air bersih sesudahnya agar hasilnya lebih sempurna.

  1. Menguatkan rambut

Bahan ini dapat menguatkan dan melembutkan rambut jika kamu mengoleskan dan mengaplikasikan minyak zaitun secara rutin. Kandungan yang terkandung di dalamnya dapat meresap pada akar rambut dan juga menguatkan batang helai rambut.

  1. Mengatasi retakan kulit

Retakan kulit menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi sebagian orang. Terkadang kamu juga mengalami hal tersebut. Jika itu terjadi kamu tidak perlu khawatir jika mempunyai stok minyak zaitun di rumah. Cukup oleskan secara rutin pada retakan kulit dan nantikan hasilnya.

Waktu Terbaik Menggunakan Minyak Zaitun

Seperti berbagai bahan alami lainnya, untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah kamu harus menggunakannya pada waktu terbaik dan tepat. Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu tidak bisa sembarangan dalam menggunakannya.

  1. Sesaat sebelum tidur

Waktu terbaik untuk menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kulit ialah sesaat sebelum tidur. kamu bisa mempersiapkannya terlebih dahulu, kemudian mengoleskannya pada bagian kulit atau wajah yang ingin mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Dengan mengaplikasikan minyak ini sebelum tidur maka wajah akan lebih tenang, lembut, terhidrasi dan juga tampak lebih cerah terawat.

  1. Saat pagi hari

Setelah menggunakannya pada malam hari, manfaat minyak zaitun untuk wajah juga dapat dirasakan di pagi hari. Zat anti oksidan yang terkandung dalam minyak ini mampu membantu kulit untuk menangkal radikal bebas paparan sinar matahari.

Tentunya saat kamu beraktivitas sejak pagi hingga sore hari kulit tidak dapat menghindar dari paparan sinar matahari. Jadi penggunaan zaitun di pagi hari sangatlah penting.

  1. Saat terjadi kerontokan rambut

Mengalami rambut rontok adalah hal yang paling menyebalkan bagi setiap orang, tak terkecuali kamu yang juga mungkin sedang mengalaminya. Selain manfaat minyak zaitun untuk wajah, ternyata dapat di aplikasikan juga untuk mengurangi kerontokan.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Kemerahan pada Wajah Akibat Iritasi

Sama seperti minyak perawatan rambut lainnya, zaitun dapat membantu memperkuat akar dan batang rambut agar tidak mudah rontok. Kandungan yang terdapat di dalamnya juga membantu membuat rambut lebih hitam dan mengkilau.

Alasan Harus Menggunakan Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Tentunya banyak sekali alasan mengapa minyak zaitun ini digunakan sebagai perawatan kecantikan termasuk kamu akan mendapatkan manfaat zaitun untuk wajah yang cerah dan bebas dari jerawat.

  1. Minyak zaitun mudah dibeli

Agar mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah tentunya kamu harus bisa mendapatkan produk ini dengan mudah. Saat ini untuk membeli minyak zaitun tidak perlu bersusah payah dan repot. Minyak ini banyak sekali tersedia di supermarket dan minimarket sekitar.

Selain bisa mendapatkannya di tempat tersebut, kamu juga bisa membelinya di apotek terdekat atau online shop yang tersedia di berbagai aplikasi.

  1. Kandungan yang kaya manfaat

Zaitun merupakan minyak yang kaya manfaat dibandingkan dengan minyak jenis lain. Produk ini bahkan dapat di aplikasikan pada semua permukaan kulit, rambut dan juga dapat digunakan sebagai bahan masakan, kosmetik serta sabun.

Artinya manfaatnya tidak diragukan lagi oleh banyak orang dan menjadikan zaitun sebagai minyak yang cukup populer.

  1. Merupakan bahan alami

Biasanya produk dari minyak ini tidak dicampur dengan bahan apapun. Karena bahan dasarnya berupa minyak sehingga sulit dilakukan pencampuran. Dengan demikian kemurniannya akan tetap terjaga. Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Memilih Minyak Zaitun Tidak Bisa Sembarangan

Untuk memilih produk terbaik tentunya ada hal yang tidak boleh dilewatkan olehmu. Daripada tidak mendapatkan hasil yang maksimal lebih baik kamu melakukan hal dibawah ini.

  1. Pilih minyak berlabel “Extra Virgin Olive Oil”

Extra Virgin Olive Oil
Jual Extra Virgin Olive Oil https://shope.ee/2KvtlKhXXs

Minyak dengan label ini merupakan produk dengan kualitas paling tinggi. Karena minyak ini melalui proses penyulingan yang berbeda dengan produk serupa. Extra Virgin Olive Oil tidak melibatkan panas dan bahan kimia dalam proses ekstraksi.

Sehingga minyak dengan label ini biasanya dihargai dengan harga yang sangat mahal karena kemurniannya yang terjaga dengan kualitas sangat tinggi.

  1. Cek tanggal kadaluwarsanya

Dalam membeli suatu produk agak mendapatkan salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah dengan melakukan pengecekan terhadap tanggal kadaluwarsa. Sama seperti produk lain tanggal ini sangatlah penting mengingat jika terlewat maka akan menyebabkan rusaknya suatu produk.

Seringkali kamu mungkin lupa mengecek tanggal kadaluwarsa saat membeli barang, mungkin saat ini jangan lupa untuk lebih teliti. Karena hal tersebut menyangkut dengan keamanan produk.

  1. Pilih produk yang organik

Jangan lupa untuk memastikan produk yang kamu beli berlabel organik. Karena label organik hanya disematkan pada produsen yang tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas produk tersebut.

Dengan memilih produk organik berarti kamu ingin memaksimalkan manfaat minyak zaitun untuk wajah dan tidak ingin memilih produk yang sembarangan. Jadi jangan lupa untuk memastikan produk dengan label organik pada penjual.

  1. Pilihlah produk zaitun dengan keluaran pabrik terbaik

Terakhir yang harus kamu lakukan ialah memilih produk zaitun keluaran pabrik terbaik. Di antara produsen terbaik dalam memproduksi minyak ini adalah yang berasal dari Eropa dan juga Italia. Minyak zaitun dari negara ini memang sangatlah terkenal dengan kualitas dan kemurniannya sejak berabad-abad.

Jangan ragu untuk memastikan produsen pabriknya karena akan sangat mempengaruhi kualitas dan manfaat minyak zaitun untuk wajah.