penyakit pada system reproduksi

Mengenal Penyakit pada System Reproduksi Manusia

Penyakit pada system reproduksi manusia merupakan momok yang sangat menakutkan bagi banyak orang karena masalah masalah pada kesehatan seksual tentu saja bisa berdampak buruk bagi kesehatan orang tersebut. Untuk itu kamu harus mengetahui jenis – jenisnya dan juga cara penyebarannya sehingga bisa mencegah dan juga terhindar dari penyakit penyakit seksual tersebut.

Selain itu juga kamu harus tahu proses pengobatannya jika memang kamu secara tidak sengaja tertular penyakit tersebut. Pada umumnya penyakit seksual adalah penyakit yang seringkali disebarkan dengan proses atau aktivitas seksual yang terjadi antara pasangan satu sama lainnya. Tentu saja proses tersebut memiliki banyak sekali jenis – jenisnya di mana ada proses yang terjadi saat melakukan seks vaginal atau anal. Namun pada intinya penyakit pada system reproduksi adalah sebuah penyakit yang bisa mengenai siapa saja terlepas dari status sosialnya.

Jenis – Jenis Infeksi Menular Seksual

Pandangan atau stigma negatif terhadap orang yang terkena penyakit seksual masih terjadi karena mereka biasanya dianggap orang nakal dan juga pantas mendapatkan penyakit tersebut. Tentu saja sangat salah, karena penyakit seksual bisa menghinggapi siapa saja terlepas dari jenis kelamin dan juga usia.

Untuk itu kamu pun harus mampu untuk mengidentifikasi berbagai penyakit pada system reproduksi agar bisa langsung melakukan pengobatan secara efektif, dan berikut adalah beberapa contoh penyakit seksual.

  1. Kandidiasis

Pertama adalah kandidiasis atau biasa disebut sebagai kutil kelamin. Kandidiasis adalah salah satu jenis penyakit yang paling umum ketika berbicara mengenai penyakit yang menyerang system reproduksi karena penyebarannya sangatlah mudah yaitu adalah melakukan kontak seks. Ciri – ciri dari kandidiasis adalah kamu akan memiliki rasa gatal luar biasa di sekitar kelamin dan juga muncul kutil – kutil besar yang akan cukup sakit ketika disentuh. Proses pengobatannya sederhana yaitu adalah dengan mengkonsumsi obat – obatan anti bakteri dan jamur yang bisa didapatkan di apotek atau puskesmas.

  1. Gonorrhea

Selanjutnya ada juga gonore atau kencing nanah. gonore muncul dari gesekan yang terjadi antara dua jenis kelamin yang akhirnya memunculkan luka atau darah. Bakteri gonore masuk dari darah atau luka tersebut dan akhirnya menginfeksi saluran kelamin dan kencing sehingga nantinya penderita akan menderita kencing nanah. Cukup berbahaya jika memang tidak diobati dan akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika buang air kecil. kamu bisa langsung ke Puskesmas untuk melakukan terapi penyembuhan gonore.

  1. Herpes simplex

Terakhir adalah herpes. Herpes disebabkan oleh virus yang bernama Herpes Simplex virus atau HSV yang mana menyerang bukan saja kelamin tetapi seluruh organ – organ di tubuh manusia dimulai dari otak, tulang punggung, bahkan juga dada tergantung dari dimana virus tersebut akan hinggap. Memang tidak ada gejala – gejala umum herpes, namun biasanya orang – orang akan memiliki bintil – bintil merah yang berisi cairan.

BACA JUGA:  Mengenal Manfaat Minyak Bulus yang Perlu Diketahui

Terapi untuk Penyakit Seksual Menular

Dikarenakan herpes adalah virus maka tidak bisa dihilangkan secara permanen dan biasanya memang orang yang menderita herpes akan kambuh Jika memang tidak menjalani pengobatan. Masing – masing dari penyakit tersebut tentu saja memiliki banyak sekali varian dan masih ada banyak sekali varian diluar dari 3 penyakit yang sudah disebutkan diatas.

Tentu saja varian yang paling menjadi momok bagi masyarakat Indonesia ketika berhubungan dengan penyakit pada system reproduksi adalah HIV, namun kamu tidak perlu takut dan juga paranoid terhadap HIV karena memang hari ini sudah banyak sekali terapi seperti anti retroviral terapi yang bisa di lakukan untuk memperpanjang angka harapan hidup dari odha.

Praktikan Seks Aman dan Bertanggung Jawab

Untuk itu masyarakat pun harus mampu untuk menjaga diri sendiri dari berbagai risiko – risiko penyakit seksual, di mana salah satunya adalah dengan cara memperhatikan seks yang aman. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kondom dan juga tidak melakukan praktek yang berbahaya seperti anal karena akan cenderung lebih berbahaya dan menimbulkan luka.

Berbagai penyakit kelamin diatas memang akan membuat hidup kamu tidak nyaman karena akan menimbulkan rasa sakit, gatal dan juga perih pada kelamin. Terapkan pola hidup sehat dan seks aman jika kamu ingin terhindari dari penyakit pada system reproduksi.