5 Cara Memilih Jajanan Sehat

Makan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kesehatan. Namun jika makan terlalu berlebihan, maka berbagai masalah kesehatan pun dapat menghampiri. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk memilih jajanan yang sehat setiap hari.

Berikut adalah 5 cara memilih jajanan sehat:

1. Pilih Makanan Berprotein Tinggi

Protein adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Beberapa contoh makanan yang kaya akan protein adalah ikan, telur, kacang-kacangan, keju, dan biji-bijian. Pilihlah jajanan yang mengandung protein tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Pilih Makanan yang Mengandung Serat

Serat adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

3. Hindari Makanan Berlemak Tinggi dan Gula

Makanan berlemak tinggi dan gula dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Pilih makanan yang rendah lemak dan gula, seperti sayuran, buah-buahan, oat, dan biji-bijian.

4. Pilih Makanan yang Rendah Garam

Garam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Pilihlah makanan yang mengandung garam rendah atau tanpa garam. Hindari makanan-makanan yang diproses atau tidak sehat lainnya yang mengandung tinggi garam.

5. Pilih Makanan Organik

Makanan organik berasal dari tanaman atau hewan yang dibiakkan tanpa penggunaan pestisida atau bahan kimia lainnya. Pilih makanan organik jika Anda menginginkan jajanan yang sehat dan aman untuk kesehatan tubuh.

Kesimpulan

Memilih jajanan yang sehat adalah kunci untuk mendukung kesehatan tubuh. Pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi, serat, rendah lemak dan gula, rendah garam, dan organik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

BACA JUGA:  Cara Menjaga Kesehatan