Cara Mudah Buat Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas

Surat Keterangan Sehat merupakan dokumen penting yang diperlukan untuk berbagai keperluan, mulai dari pendidikan hingga masalah legal. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui cara membuat Surat Keterangan Sehat dari puskesmas. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan menunjukkan cara untuk membuat surat keterangan sehat dari Puskesmas dengan mudah.

Langkah 1: Datang ke Puskesmas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah datang ke Puskesmas. Anda harus memastikan bahwa Anda datang sebelum jam operasional berakhir agar Anda dapat mengerjakan pengajuan surat keterangan sehat dengan cepat. Pada saat datang di Puskesmas, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang dibutuhkan.

Langkah 2: Lengkapi Persyaratan

Setelah itu, Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan sebelum bisa membuat surat keterangan sehat. Anda harus membawa kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP atau SIM, pasphoto ukuran 3×4 cm, dan jika perlu, bawa juga bukti pemeriksaan medis sebelumnya.

Langkah 3: Periksa Kesehatan

Setelah Anda menyelesaikan pengisian formulir dan menyiapkan persyaratan, selanjutnya Anda harus mengikuti pemeriksaan kesehatan yang diperlukan. Pemeriksaan kesehatan ini biasanya dilakukan oleh dokter atau tenaga medis lainnya. Pemeriksaan ini akan digunakan untuk menentukan apakah Anda layak untuk mendapatkan surat keterangan sehat.

Langkah 4: Tunggu Hasil Pemeriksaan

Setelah selesai mengikuti pemeriksaan kesehatan, Anda harus menunggu hasil pemeriksaan. Hasil pemeriksaan ini biasanya akan dikirimkan ke Puskesmas dalam waktu beberapa hari. Anda harus datang ke Puskesmas lagi untuk mengetahui hasil pemeriksaan.

Langkah 5: Ambil Surat Keterangan Sehat

Setelah Anda menerima hasil pemeriksaan, Anda harus mengambil surat keterangan sehat dari Puskesmas. Biasanya Anda harus membayar biaya administrasi untuk mendapatkan surat keterangan sehat. Setelah Anda membayar biaya administrasi, Anda dapat segera mengambil surat keterangan sehat tersebut.

Langkah 6: Verifikasi Surat Keterangan Sehat

Setelah Anda mendapatkan surat keterangan sehat, Anda harus melakukan verifikasi surat keterangan sehat tersebut. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa surat keterangan sehat tersebut valid. Verifikasi ini biasanya dilakukan dengan cara mengirimkan foto atau scan surat keterangan sehat ke Puskesmas untuk diverifikasi.

Langkah 7: Simpan Surat Keterangan Sehat

Setelah Anda melakukan verifikasi surat keterangan sehat, Anda harus segera menyimpan surat keterangan sehat tersebut. Pastikan Anda menyimpan surat keterangan sehat tersebut di tempat yang aman agar tidak hilang atau rusak.

BACA JUGA:  Cara Masak Bubur Bayi Sehat Yang Enak Dan Aman

Kesimpulan

Itulah cara mudah untuk membuat Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas. Jika Anda ingin membuat surat keterangan sehat, ikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.