Cuci Tangan
xframe

Tips dan Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Untuk menjaga kesehatanmu di masa pandemi seperti sekarang, cara mencuci tangan yang baik dan benar harus dilakukan. Membuat tangan menjadi bersih setiap saat akan mengurangi paparan kuman untuk masuk ke dalam tubuh. Kamu bisa menggunakan air bersih mengalir dengan menggunakan sabun atau memakai hand sanitizer.

Tangan sendiri merupakan anggota tubuh manusia dan paling sering berinteraksi dengan sekitar. Oleh karena itu, penyebaran kuman maupun penyakit akan mudah sekali terpapar melalui anggota badan satu ini. Maka, ini menjadi sebuah hal penting yang harus kamu perhatikan demi menjaga kesehatan tubuh.

Waktu Cuci Tangan yang Diharuskan

cara mencuci tangan yang baik dan benar

Cara mencuci tangan yang baik dan benar harus dilakukan oleh semua orang baik orang dewasa, anak-anak, maupun lanjut usia. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu akan mendapatkan manfaatnya dengan lebih baik. Berbagai aktifitas membersihkan tangan ini memang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

  1. Saat persiapkan makanan

Sesaat sebelum maupun setelah mempersiapkan makanan, harus bagi siapapun untuk membersihkan dengan cara mencucinya. Kamu akan memegang dan mengolah makanan yang nantinya akan dikonsumsi. Jadi, pastikan semua makanan diolah menggunakan tangan bersih.

  1. Ketika akan makan

Mau makan menggunakan sendok maupun langsung, biasakanlah untuk melakukan hal ini terlebih dahulu. Cara mencuci tangan yang baik dan benar bukanlah sebuah hal sulit. Jadi, biasakanlah mulai kini.

  1. Sebelum mengASIhi atau memberikan susu pada bayi

Bayi adalah usia rentan dimana bakteri, kuman, dan penyakit akan mudah menginfeksinya. Maka, pastikan membersihkan tangan ketika akan memberikan susu pada mereka.

  1. Ketika selesai BAB dan BAK

Setelah BAB dan BAK, biasakanlah untuk bersih-bersih. Ini akan mencegah tersebarnya kuman dan penyakit. Banyak bakteri jahan di kamar mandi ataupun toilet yang mungkin saja tidak terlihat.

  1. Sehabis bersin maupun batuk

Seusai kamu bersin maupun batuk, pastikan membersihkan tangan kamu dulu ya. Ada banyak droplet, kuman, maupun bakteri.

  1. Sehabis buang sampah

Sampah merupakan salah satu hal yang sering terdapat di berbagai tempat. Namun, perhatikanlah ketika kamu membuangnya. Segera bersihkan tangan agar tidak terpapar kuman.

Cara Mencuci Tangan yang Baik Serta Langkah-langkahnya

Sabun Anti Bakteri
Jual Sabun Anti Bakteri https://shope.ee/fnYM9F6Aa

 

Menjadi sebuah keharusan bagi siapa saja untuk menjaga kebersihan diri. Mulailah dari hal-hal paling kecil dan mudah di sekitarmu. Salah satunya adalah dengan membersihkan anggota tubuh bagian tangan. Membersihkan bagian tubuh satu ini memang perlu dilakukan dengan tepat. Berikut langkah-langkah termudahnya.

  1. Lakukan selama 1 menit

Membersihkan bagian tubuh ini dilakukan setidaknya 60 detik atau 1 menit. Dengan waktu cukup lama tersebut, dipastikan semua kotoran yang menempel akan lenyap dan musnah. Jangan lupa, gunakan air bersih serta mengalir dan gunakanlah sabun cuci tangan

  1. Gosok dengan baik

Langkah dan cara mencuci tangan yang baik dan benar dimulai dengan melakukan pembilasan terlebih dahulu. Bilaslah bagian punggung dengan bergantian satu sama lain. Jangan lupa, bagian sela-sela juga harus dibersihkan agar tidak ada kotoran yang tertinggal.

  1. Bersihkan kuku dan ujung-ujung jari

Ujung jari adalah bagian dimana nantinya kamu akan memegang maupun menyentuh makanan maupun benda-benda lain. Maka, bagian ini memang penting untuk diperhatikan.

  1. Bagian ibu jari tidak boleh terlupa

Selain ujung jari, ibu jari dan jari-jari lain juga tidak boleh ketinggalan dong. Untuk membersihkan bagian ini, kamu perlu menggosoknya dengan cara memutar. Lakukanlah secara perlahan menggunakan ujung jari.

  1. Bilas

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, maka kini kamu tinggal membilasnya. Pastikan bilas menggunakan air bersih ya. Hindari membilas dengan menggunakan air genangan ataupun yang sudah terpakai. Bisa jadi air tersebut sudah kotor. Dengan begitu, kotoran-kotoran yang ada di tangan akan pergi jauh terbawa oleh air.

  1. Keringkan pakai kain atau handuk bersih

Jika sudah selesai membilas, maka langsung keringkan. Jika ada pengering tangan udara akan lebih baik. Namun jika tidak ada, kamu bisa memanfaatkan handuk bersih maupun lap. Jika menggunakan tisu, langsung buang ke tempat sampah tisu yang telah digunakan untuk mengeringkan tangan.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah dan Alami

Jadi, tidak ada alasan lagi bukan untuk tidak menjaga kebersihan tangan. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Pakailah produk handwash yang benar-benar ampuh dalam membersihkan kotoran dan kuman. Jangan lupa, lakukan cara mencuci tangan yang baik dan benar setiap hari setelah melakukan berbagai macam aktifitas.