cara mengatasi sesak nafas
ilustrasi sesak nafas : primehv.com

Cara Mengatasi Sesak Nafas pada Anak dan Orang Dewasa

Sesak nafas (dyspnea) memang disebabkan akibat permasalahan jantung dan paru – paru, untuk cara mengatasi sesak nafas yang datang secara tiba – tiba bisa menggunakan banyak cara berikut. Namun perlu diperhatikan bagaimana untuk memperlakukan keadaan tersebut, sebab biasanya orang – orang yang melihatnya akan mengambil tindakan dengan tergesa – gesa.

Sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan karena membahayakan nyawa penderita dyspnea, bermacam – macam jenis penyakit asma memang beragam. Dengan begitu cara penanganannya juga berbeda, jika salah penanganan maka akan membahayakan seseorang. Ada beberapa tanda – tanda yang dialami oleh penderita asma.

Tanda – tanda tersebut yaitu muka pucat, dan berwarna kebiruan. Kemudian disertai dengan demam, pingsan, denyut nadi berdebar kencang. Ada beberapa keadaan yang membuat seseorang berada pada keadaan seperti itu yaitu karena kedinginan, terlalu lelah, terkejut, dan bisa saja terjadi kegagalan jantung dan paru – paru karena efek suatu obat tertentu.

Agar mengetahui cara mengatasi sesak nafas kamu bisa menggunakan cara – cara di bawah ini. Namun agar lebih luas wawasannya bisa juga membaca penyebab – penyebab terjadinya sakit dyspnea. Tindakan – tindakan yang harus dilakukan ketika menyaksikan orang disekitar mengalami gejala seperti itu perlu, dan harus sigap supaya korban bisa selamat.

Penyakit Penyerta pada Sesak Nafas

Penyakit sesak nafas yang dialami oleh penderita biasanya disertai dengan penyakit penyerta, berikut adalah penyakit penyerta pada sesak nafas :

  1. Kanker paru – paru

Jika salah seorang mengalami breathless maka bisa saja dirinya mengalami sakit kanker paru. Dalam gejalanya juga hampir sama karena semua penyakit yang menyerang organ paru memang menjadi lebih sensitif akibat dari virus yang ada dalam organ tersebut. Jika seseorang telah menderita penyakit ini maka sebaiknya lebih waspada ketika kambuh.

  1. Pneumonia

Sama halnya dengan kanker paru, pneumonia ini hampir mirip dengan tanda – tanda virus covid 19 yang menyerang seseorang. Maka dengan adanya virus tersebut bisa membahayakan jika pasien kambuh. Penyakit penyerta ini memang lebih ganas, untuk itu jaga alat pernapasan kamu agar lebih sehat dan bisa digunakan dengan baik.

  1. Obesitas

Keadaan badan yang terlalu gemuk memungkinkan penderitanya menjadi susah dalam bernafas. Apalagi saat berlari biasanya merasa terengah – engah dan menyebabkan kesulitan bernafas. Untuk itu perlu tahu cara mengatasi sesak nafas yang diderita oleh seseorang yang kelebihan berat badan. Untuk itu jagalah berat badan kamu.

  1. Penyakit paru obstruktif kronis

Banyak sekali penyakit yang menyerang paru – paru, ada beberapa yang dianggap kronis seperti TBC dan bisa saja menyebabkan kesulitan bernafas. Adanya beberapa kerusakan pada paru – paru dan bisa saja membuat kesulitan bernafas atau dyspnea. Dan juga penyakit paru lainnya menjadi penyebab breathless.

  1. Gagal Jantung

Dimana kondisi jantung tidak dapat bekerja memompa darah ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan tidak adanya darah yang mengalir. Akibatnya bisa terjadi breathless dan begini cara mengatasi sesak nafas akut. Dengan menjadikan semua tips di bawah ini agar tidak mengalami breathless lagi. Memang sulit namun harus dilakukan.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Kantung Mata Menggunakan bahan Alami

Tips Meredakan Sesak Nafas yang Kambuh

Obat Sesak Nafas
Obat Asma – Ispa – Paru Paru – TBC – Bronkitis Kronis – Obat Herbal Batuk Menahun Terus Menerus Demam Sesak Napas Sakit Tenggorokan https://shope.ee/1VMfZNyY8P

Jika kamu sering mengalami breathless dengan jangka waktu sebentar saja kamu bisa menggunakan cara ini yaitu dengan cara bernafas melalui hidung dan membuang nafas melalui bibir. Lakukan secara perlahan jadikan otot – otot menjadi rilex sehingga mengembalikan keadaan yang semual breathless kini menjadi lebih stabil.

Kamu juga bisa melakukan duduk tegak dengan kaki menyentuh lantai, dada lebih condong ke depan kemudian leher agar ke bawah. Kemudian cobalah bernafas melalui hidung sebanyak beberapa detik kemudian lepaskan melalui celah bibir. Lakukan hal tersebut berulang – ulang sehingga cara mengatasi sesak nafas lebih mudah dan rileks.

Bisa juga dengan berdiri sandaran ke dinding sehingga menyebabkan breath menjadi lebih lancar. Fungsi dari berdiri bersandar pada tembok adalah untuk melenturkan otot – otot leher sehingga bernafas juga bisa lebih bebas. Keadaan rileks seperti ini memang dapat menjadi pancingan agar pernapasan kembali stabil dan seperti biasa.

Selain itu kamu juga dapat melakukan ini batuk. Jika memiliki lendir dalam paru atau masih tersangkut dalam diafragma bisa menggunakan cara tersebut. batuk pelan agar mengembalikan fungsi bernafas menjadi lebih baik lagi. Jadi batuk dapat jadi salah satu cara mengatasi sesak nafas yang ampuh.