Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri

Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri atau Berdarah

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri sering terjadi pada beberapa orang. Gusi yang membengkak bisa karena beberapa hal, dan paling sering terjadi karena akibat sikat gigi yang salah. Menyikat gigi dengan baik dan tidak perlu terburu-buru agar sikat tidak mengenai gusi sampai terluka.

Beberapa orang salah dalam mengartikan bahwa dengan sikat gigi yang digosok kuat juga membuat gigi lebih bersih. Akan tetapi faktanya, dengan menggosok gigi secara kasar malah menyebabkan gusi terluka dan berdarah. Apabila terdapat iritasi kemudian mengalami pembengkakan dan nyeri. Lakukan secara perlahan namun teliti.

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri dapat dilakukan dengan mudah apabila tidak menimbulkan gejala yang parah. Karena daerah mulut sangat rentan terjadinya iritasi khususnya pada gusinya. Dengan penanganan yang salah, akan mangakibatkan gusi lebih bengkak dan iritasi. Karena itu, pilihlah metode yang benar-benar bagus.

Gusi bengkak dapat menimbulkan masalah ketidaknyamanan. Apalagi disertai nyeri, pasti sangat menganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Saat tidur nyeri gusi akan terasa sangat sakit. Hal tersebut harus segera ditangani, jika tidak maka dapat lebih parah lagi. Sikat gigi juga terganggu dan seringkali tenggorokan ikut sakit.

Penyebab Tersering Mengalami Kebengkakan Gusi

Pada anak kecil gigi bengkak sering disebabkan oleh gigi yang keropos. Anak kecil pastinya jarang menggosok giginya dan makan makanan sembarangan. Oleh karena itu, pembengkakan gusi bisa terjadi mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Jangan sampai membuat keputusan yang salah dengan membiarkannya saja.

Penyebab gusi nyeri dan bengkak:

  1. Karena sisa makanan di gigi

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Sisa makanan merupakan salah satu penyebab gusi bengkak. Karena mulut sangat rentan terkena iritasi maka harus dibersihkan dengan baik. Saat sisa tersebut dibiarkan atau tidak bersih maka akan menyebabkan karang gigi. Karang gigi menumpuk membuat gigi keropos dan bisa membuat berdarah lalu menyebabkan bakteri masuk.

  1. Karena hormon

Pada ibu hamil dengan kadar hormon tinggi sangat rentan mengalami gigi berdarah hingga pembengkakan. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa vitamin agar terpenuhi dengan baik dan tidak menimbulkan gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri pada ibu hamil lebih sulit.

Karena pada ibu hamil sangat rentan mengalami pembengkakan dan berdarah, maka akan lebih sulit, apalagi jika hormonnya masih tinggi. Resiko terjadinya iritasi juga lebih tinggi dibandingkan dengan orang biasa. Efek samping obat tertentu

Setiap obat pastilah memiliki efek sampingnya masing-masing. Akan tetapi, efek samping tersebut jarang diketahui oleh beberapa orang. Akibatnya orang masih awam mengira gusinya bengkak karena hal lain. Salah satu efek samping obat adalah pembengkakan pada gusi.

  1. Akibat kekurangan vitamin

Hal yang sering terjadi oleh beberapa orang yaitu karena kekurangan vitamin C. Gosok gigi terlalu kasar dengan mengenai gusinya sehingga berdarah saat kekurangan vitamin C, maka gusi mudah bengkak.

BACA JUGA:  Cara Kerja Sistem Pernapasan pada Manusia yang Perlu Diketahui

Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri dengan Cepat

Herbal Sakit Gigi
Jual Herbal Obat Sakit Gigi Berlubang Gusi Bengkak Penghancur Gigi Berlubang Penghilang Karang Gigi Perontok Akar Gigi Berlubang Penghilang Sisa Makanan https://shope.ee/3KoPGC6nIH

Mengatasi gusi berdarah dan bengkak bisa dilakukan oleh semua orang di rumah atau saat kondisi darurat. Jangan membiarkan gusi berdarah hingga mengalami pembengkakan agar tidak infeksi dan bertambah besar. Oleh karena itu kamu harus tahu cara mengobati gusi bengkak disertai dengan nyeri yang efektif .

  1. Menggunakan es batu

Sering kita temui bahwa es batu juga bermanfaat mengatasi berbagai masalah, khususnya untuk pembengkakan gusinya. Selain dapat dimanfaatkan juga mudah untuk ditemukan saat kondisi darurat sekalipun. Hal ini bisa mengurangi nyeri ataupun bengkak yang terjadi. Lakukan secara berulang hingga mengecil bengkaknya.

  1. Kumur dengan air garam

Jika menggunakan cara pertama masih belum berhasil lakukan langkah selanjutnya yaitu berkumur dengan air garam, lakukan setiap hari setelah gosok gigi untuk mencegah infeksi. Karena dalam air garam tersebut mengandung zat yang dapat membunuh bakteri dan dijamin ampuh. Hal ini supaya tidak memperparah bengkaknya.

  1. Minum vitamin atau obat lainnya

Seseorang yang gusinya mengalami pembengkakan dan tidak kunjung sembuh mungkin saja dikarenakan kekurangan vitamin C. maka dari itu untuk mempercepat kesembuhan harus minum vitamin secara rutin agar tidak terjadi infeksi. Setelah minum vitamin juga tidak kunjung sembuh maka boleh untuk memeriksakannya ke dokter.

Atau Bisa Juga Menggunakan Tips Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Apotek yang Ampuh DISINI

Perlu diingat tidak boleh menyepelekan hal kecil sekalipun, dan tetap berperilaku hidup sehat agar bakteri tidak masuk dalam mulut karena pembengkakan dan menyebabkan hal yang lebih parah lagi. Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri dapat dilakukan dirumah maupun kondisi darurat.