Penyakit yang disebabkan oleh virus

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus Yang Perlu Diwaspadai

Penyakit yang disebabkan oleh virus itu bermacam-macam. Namun permasalahan ini mengakibatkan efek berbeda bagi tubuh. Ketika permasalahan ini dialami seseorang, orang tersebut akan bisa sembuh dengan sendirinya. Itu karena, tubuh akan membentuk sistem imun untuk membuatnya pergi dan tidak akan kembali lagi.

Namun pada beberapa kondisi, sistem imun ini tidak selamanya sukses mengusir virus dari tubuh. Pada kondisi tersebut, antivirus dibutuhkan sebagai alat bantu. Namun penggunaan antivirus ini hanya perlu dilakukan sekali. Ketika permasalahannya selesai, tubuh akan langsung membentuk sistem imun tersebut.

Virus sendiri memang tidak bisa hidup sendiri. Cara hidupnya seperti parasit sehingga membutuhkan tubuh lain. Ketika tubuh seseorang dimasuki, virus akan merubah fungsi sel menjadi tempat perkembangbiakannya. Hal ini tentu akan terus menyebar ke sel lain. Untuk lebih mengenal, berikut jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh virus.

Covid 19 dan Rubella Juga Disebabkan Oleh Permasalahan ini

Covid 19 sekarang menjadi pandemi sangat besar di dunia. Walaupun terkenal baru, penyebaran covid sangat luar biasa. Di Indonesia sendiri tercatat sudah jutaan orang positif mengalami covid. Ketika seseorang mengalaminya, terdapat beberapa gejala yang akan dirasakan oleh tubuh.

Gejala penyakit yang disebabkan oleh virus itu sendiri seperti batuk, demam, hingga perasaan sesak. Untuk bisa sembuh tanpa bantuan vaksin, seseorang perlu menunggu tubuhnya membuat sistem imum sendiri. Biasanya, proses tersebut terjadi dalam kurun waktu 14 hari.

Selain covid, sebenarnya rubella juga memiliki jumlah kasus yang sangat besar di Indonesia. Di beberapa wilayah, penyakit ini juga sering disebut sebagai campak jerman. Seorang ibu hamil perlu berhati-hati dan berupaya menjauhi rubella. Itu karena, ibu hamil adalah mangsa utama dari virus tersebut.

Namun penyakit yang disebabkan oleh virus ini sebenarnya tidak menyerang sang ibu. Yang diserang adalah janin di dalam kandungannya. Ketika terkena rubella, janin bisa saja mengalami kecacatan ketika lahir. Bahkan pada beberapa kondisi, rubella ini bisa mengakibatkan keguguran.

Zika dan HIV/AIDS Juga Disebabkannya

Zika adalah permasalahan selanjutnya yang disebakan oleh virus. Ketika zika menyerang seseorang, terdapat beberapa gejala yang pasti dialami. Gejala itu seperti nyeri otot, sakit kepala, ruam, nyeri sendi, dan demam. Bahkan pada beberapa kondisi, pengidap zika juga sering mengalami gatal berlebih.

Gatal ini biasanya akan menyerang seluruh tubuh sehingga membuat pengidapnya merasa sangat tidak nyaman. Proses penularan penyakit yang disebabkan oleh virus ini juga cukup unik. Teknik pertama penularannya adalah dengan berhubungan seksual. Lalu bisa juga dari ibu ke janinnya melalui aliran darah.

Namun yang paling sering adalah lewat nyamuk. Ketika seseorang digigit oleh nyamuk yang pernah menghisap darah pengidap zika, penyebarannya akan terjadi pada orang tersebut. HIV/AIDS yang sangat terkenal juga disebabkan oleh virus. HIV sendiri adalah permasalahan dimana sel darah putih seseorang dihancurkan.

Karena sel darah putihnya hancur, orang tersebut tidak akan memiliki kekebalan tubuh sehingga rentan terkena berbagai macam penyakit. Ketika permasalahan ini telah mencapai puncak, namanya berubah dari HIV ke AIDS. Pola penyebaran penyakit ini bermacam macam mulai dari hubungan seksual hingga melalui jarum suntik.

BACA JUGA:  Mengenal Sistem Peredaran Darah pada Manusia dan Manfaatnya

Rabies dan Cacar Air Juga Disebabkannya

Sekarang, rabies sudah memiliki vaksin. Oleh sebab itu, permasalahan ini sudah jarang. Namun ketika seseorang belum divaksin lalu digigit oleh hewan yang mengidap rabies, permasalahan ini bisa saja terjadi. Ketika rabies dialami, terdapat beberapa gangguan khas yang akan dialami oleh tubuh.

Permasalahannya sendiri seperti sakit kepala, takut pada air, kebingungan, hingga mengalami demam berkepanjangan. Bahkan pada beberapa kondisi, pengidapnya sering kali mengalami kelumpuhan. Selain itu, cacar air juga bisa dimasukkan pada daftar. Cacar air termasuk ke dalam penyakit yang disebabkan oleh virus.

Biasanya, cacar air dialami oleh anak di bawah 15 tahun. Namun pada beberapa kondisi, permasalahannya bisa juga dialami oleh orang dewasa. Virus yang menjadi penyebabnya bernama varicella zoster. Ketika terkena, seseorang akan mengalami ruam dan gatal di seluruh tubuh.

Agar tidak terkena penyakit ini, pastikan untuk menjaga kebersihan dan menjaga jarak dengan para pengidapnya. Oleh sebab itu, kehati-hatian sangat diperlukan agar tidak sampai mengalami. Teknik ini bisa membuat seluruh penyakit yang disebabkan oleh virus dapat tertangkal.