Cara menghilangkan milia di wajah

Cara Menghilangkan Milia di Wajah dengan Cepat

Cara menghilangkan milia di wajah sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun masalahnya, beberapa orang tidak mengetahui tata cara dalam menghilangkannya. Milia sendiri berbentuk benjolan-benjolan kecil. Biasanya benjolan tersebut berada pada kulit di bawah mata, hidung, dan beberapa bagian pipi.

Biasanya untuk kebanyakan orang, milia ini lebih dikenal dengan sebutan komedo putih. Penyebutan tersebut sebenarnya kurang tepat. Itu karena tata cara menanganinya jauh berbeda dengan komedo. Perlu diketahui bahwa milia ini isinya merupakan keratin dan protein. Ketika keratin dan protein menumpuk pada kulit, benjolan akan terjadi.

Milia atau Komedo Putih
Gambar Milia atau Komedo Putih

Lalu komedo sendiri adalah minyak dan kotoran yang menyatu. Dengan perbedaan ini saja, jelas bahwa keduanya sangat berbeda. Untuk ciri lain, milia biasanya terasa keras ketika dipegang memakai tangan. Kebanyakan masalah ini dialami oleh bayi baru lahir. Namun sering juga masalah tersebut dialami orang dewasa.

Jangan Pernah Memainkannya Menggunakan Tangan

Cara menghilangkan milia di wajah pertama berhubungan dengan perilaku. Merupakan kebiasaan buruk manusia ketika menemukan masalah di wajahnya lalu memainkan masalah itu menggunakan tangan. Ketika hal ini dilakukan pada jerawat, masalah tersebut akan semakin parah. Hal ini juga berlaku pada permasalahan yang kali ini dibahas.

Perilaku seperti memencet dan memainkan memakai tangan sangat tidak boleh dilakukan. Mengikisnya juga bukanlah keputusan benar. Ketika hal ini dilakukan, besar kemungkinan wajah akan mengalami luka. Pada beberapa kesempatan, luka tersebut bahkan mengeluarkan darah. Luka ini sebenarnya bisa berakibat fatal.

Bukan tidak mungkin hal tersebut akan mengakibatkan munculnya bopeng pada wajah. Bahkan mungkin saja bekas lukanya tidak bisa dihilangkan. Efek buruk lain adalah kemungkinan adanya infeksi. Oleh sebab itu, pastikan melakukan cara menghilangkan milia di wajah pertama yaitu tidak memainkannya memakai tangan.

Pastikan Memakai Sabun Muka yang Memiliki Tekstur Lembut

Variasi dari sabun muka sangat banyak. Tentu variasi tersebut memiliki manfaat berbeda-beda. Untuk mengatasi milia, terdapat ketentuan tekstur pada sabun muka. Teksturnya haruslah lembut. Biasanya, sabun muka dengan tekstur kasar memiliki kandungan bermacam-macam bahan kimia. Banyaknya kandungan itu tidaklah buruk.

Hanya saja untuk permasalahan ini, penggunaannya tidak tepat. Terdapat alasan kuat mengapa sabun bertekstur lembut dibutuhkan dalam cara menghilangkan milia di wajah. Karena tidak memiliki banyak kandungan bahan kimia, sabun tipe itu memiliki kelembapan yang lebih tinggi.

Kelembapan tinggi inilah yang sebenarnya dibutuhkan. Kebersihan wajah akan lebih terjaga ketika kondisinya lembap sehingga milia akan lebih mudah dihilangkan. Namun pastikan untuk mengelapnya dengan menepuk pelan sampai bersih ketika selesai dipakai. Ini dilakukan agar bekasnya tidak menyebabkan kulit menjadi lecet.

Bukalah Pori-Pori Memakai Uap dan Gunakan Eksfoliasi

Perawatan Eksfoliasi

Cara menghilangkan milia di wajah selanjutnya adalah dengan membuka pori-pori wajah. Sebenarnya, permasalahan ini memang sangat berhubungan dengan pori-pori. Intinya, pori-pori yang mengalami iritasi akan mengakibatkan penyumbatan dan terjadi benjolan. Oleh sebab itu, pori-pori ini perlu dibuka terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah. Pertama, nyalakan air panas di kamar mandi. Setelah beberapa menit, uap pasti terkumpul pada kamar mandi tersebut. Dekatkan wajah pada uap lalu bilas memakai air hangat. Selain dengan membuka pori-pori, penggunaan eksfoliasi juga perlu. Macam produknya di pasaran sangat banyak.

BACA JUGA:  Berbagai Manfaat Daun Bidara Bagi Kulit Bermasalah, Termasuk Muka Jerawatan

Dengan penggunaan produk eksfoliasi, sel kulit mati akan terangkat dari wajah. Selain itu, produksi keratin yang menyebabkan permasalahan ini akan dikurangi. Namun pastikan agar menggunakan produk eksfoliasi yang aman. Biasanya, terdapat produk palsu yang malah akan menyebabkan pengelupasan pada kulit.

Jangan Lupakan Menggunakan Krim Retonoid

Medi-Klin
Jual Retonoid MEDI-KLIN SALEP GEL 1% / 15gr | Krim Jerawat https://shope.ee/2AcQrRYquX

Inilah senjata utama dalam menghilangkan milia. Krim retonoid sendiri memang sering dilupakan. Krim ini di dalamnya mengandung vitamin A. Walaupun fungsi utamanya untuk kesehatan mata, vitamin A berkemampuan untuk menjaga kesehatan kulit. Gunakan krim retinol ini setiap hari. Namun, jangan gunakan saat kulit basah.

Retinoid adalah sekelompok turunan dari obat vitamin A. Kelompok obat ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, seperti jerawat dan perawatan kecantikan. Beberapa jenis retinoid juga dapat digunakan dalam pengobatan kanker.

Secara umum, retinoid bekerja dengan mempengaruhi pembentukan dan pembaruan sel-sel kulit. Obat ini juga memiliki sifat anti-inflamasi. Dalam pengobatan kanker, retinoid bekerja dengan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan zat yang menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Penggunaan krim ini perlu dilakukan saat kondisi wajah kering. Namun ketika menggunakan krim ini, pastikan agar wajah dilapisi oleh krim surya saat berada di bawah sinar matahari langsung. Itu karena retinol akan membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif. Hal ini bisa merusak kulit jika dibiarkan berada di bawah sinar matahari.

Pastikan untuk konsisten dalam setiap usaha yang dilakukan. Dengan usaha tersebut, kemungkinan hilangnya milia menjadi lebih mudah. Namun, pastikan juga untuk mengaplikasikan seluruh cara menghilangkan milia di wajah yang kami berikan.