Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Mengetahui Manfaat Daun Kelor untuk Wajah, Wajib Tahu

Berbicara soal dunia kesehatan, tentunya kalian perlu tahu apa saja Manfaat daun kelor untuk wajah. Belakangan, trend mengenai produk pada perawatan kecantikan wajah dengan menggunakan bahan alami memang masih terhitung cukup tinggi. Adapun salah satu bahan alami yang sangat populer adalah daun kelor.

Daun kelor atau yang orang-orang kenal dengan Moringa oleifera merupakan bahan alami dengan manfaat yang sangat besar. Daun kelor, secara nyata memang berpotensi dapat menyehatkan kulit wajah. Bahan satu ini juga dipercaya dapat mencegah penuaan sampai dengan mengecilkan pori-pori.

Beberapa Manfaat Daun Kelor, Ampuh Khasiatnya

Secara umum, jenis tanaman kelor memang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Jenis tanaman satu ini bisa kalian temukan, baik di dataran rendah maupun pegunungan. Secara karakteristik, daun kelor memiliki bentuk majemuk dengan tangkai panjang dan daun yang berwarna hijau.

Pada beberapa produk kecantikan, bahan daun kelor ini sering dijadikan sebagai ekstrak dan diambil minyak atsirinya. Perlu diketahui, minyak atsiri merupakan bahan terpenting dan dipercaya memiliki manfaat besar bagi kulit wajah dan tubuh. Lebih jelasnya, berikut beberapa kegunaan daun kelor.

Untuk yang pertama, Manfaat daun kelor untuk wajah adalah mencegah penuaan. Pada negara tropis seperti Indonesia, sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit. Paparan sinar matahari pada kulit wajah dapat mempercepat proses penuaan kulit. Sinar UV pada sinar matahari dapat mengakibatkan kolagen rusak dan membuat kulit wajah menjadi keriput.

Dalam hal ini, para peneliti telah membuktikan khasiat daun kelor sebagai bahan pencegah penuaan dini. Dengan mengambil minyak atsiri dari biji kelor, para peneliti memformulasikan bahan utama ini menjadi krim. Peneliti juga menyebut minyak biji kelor mengandung bahan antioksidan tinggi.

Selain itu, daun kelor juga mampu mencegah proses kemunculan keriput. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat menghalau radikal yang bebas dari sinar ultraviolet. Selanjutnya, daun kelor juga mampu melindungi keutuhan elastin kulit. Bahan alami ini dapat menjaga kekencangan kulit dan kelembapannya.

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah dalam Dunia Kecantikan

Daun Kelor Kering
Jual Daun Kelor Kering https://shope.ee/7A1CwRxmTY

Hingga saat ini, pemanfaatan daun kelor pada industri kecantikan memang tidak ada duanya. Berbicara soal khasiat, bahan alami satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit, daun kelor juga terbukti dapat mengobat masalah kulit seperi adanya jerawaat dan komedo.

Minyak alami pada bahan satu ini mengandung lebih dari 10% asam linoleat yang secara efektif dapat mengobati jerawat. Daun kelor juga dapat memberikan efek antimikroba pada jerawat yang terjadi karena bakteri. Selain itu, minyak kelor juga memiliki manfaat dapat mengurangi produksi minyak berlebih.

Selain digunakan dalam bahan krim, minyak daun kelor juga sering dimanfaatkan sebagai bahan utama produk perawatan bibir. Beberapa produk seperti lip balm dan masker bibir memang secara umum mengandung bahan alami dengan kualitas terbaik yang terdapat pada daun kelor.

Pada perawatan bibir, salah satu kandungan kelor yang sering dimanfaatkan adalah asam oleatnya. Kandungan asam lemak terbanyak pada bahan alami kelor ini merupakan alasan mengapa banyak industri kecantikan, khususnya pada produk perawatan bibir untuk selalu memasukkan daun kelor sebagai bahan baku utama.

Cara Membuat Media Kecantikan Menggunakan Kelor

Bubuk Daun Kelor
Jual Bubuk Daun Kelor https://shope.ee/A9eoW93qXw

Untuk bisa merasakan Manfaat Daun Kelor untuk Wajah, tentunya kalian perlu tahu beberapa cara untuk membuat media dengan daun ini. Untuk yang pertama, siapkan mangkuk kecil dan campurkan bubuk daun kelor yang sebelumnya telah kamu beli dengan bahan alami madu.

Tambah 3 sampai 5 tetes minyak esensial, apabila bingung kalian bisa coba menggunakan bahan rosehip atau tea tree oil. Apabila semua bahan tersebut telah lengkap, adu rata dan mulai oleskan media kecantikan tersebut pada kulit wajah. Oleskan secara merata dan tunggu kering 10 sampai 15 menit.

Selain dapat digunakan pada kulit wajah, media kecantikan ini juga bisa dimanfaatkan pada kulit tubuh. Oleskan media ini pada kulit bagian tubuh yang dirasa kamu kering secara teratur. Apabila telah selesai, bilas wajah dan kulit tubuh dengan menggunakan air hangat. Cara tersebut merupakan Manfaat Daun Kelor untuk Wajah.

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah, Solusi Kulit Cantik Berseri

Kamu penasaran apa manfaat daun kelor untuk wajah? Tanaman satu ini memang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan para penggiat skincare alami. Daun kelor yang dahulu untuk dikonsumsi, mulai digunakan dalam perawat wajah.

Apabila melihat kandungannya, kelor memiliki berbagai senyawa baik, seperti asam amino, anti inflamasi, antioksidan, vitamin, dan masih banyak lagi. Namun, apakah kandungan tersebut memang mampu mengatasi permasalahan kulit wajah?

Beragam Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah, Solusi Kulit Cantik Berseri
Tepung Daun Kelor

Ada banyak manfaat daun kelor untuk wajah yang bisa kamu rasakan apabila rutin menggunakannya. Sebab bahan alami membutuhkan proses lebih lama dibandingkan produk kimia. Namun kelebihannya, kamu bebas dari ancaman efek samping.

  1. Mempercepat Proses Regenerasi

Regenerasi merupakan proses pembaruan alami yang dibutuhkan agar kulitmu kembali sehat dan segar. Normalnya, siklus regenerasi ini terjadi setiap 28-48 hari, tergantung usia serta gaya hidup. Apabila terhambat kulitmu akan mengalami berbagai masalah.

Sebaliknya, kamu dapat mempercepat prosesnya dengan melakukan perawatan yang tepat. Salah satunya dengan mencoba manfaat daun kelor untuk wajah. Kalsium di dalamnya mampu membantu tubuh untuk membentuk sel kulit yang lebih sehat.

BACA JUGA:  Manfaat Madu untuk Wajah yang Buatmu Makin Percaya Diri

Cara mengolah daun kelor untuk regenerasi kulit, yaitu:

  • Siapkan dua genggam daun kelor yang telah tua, kemudian tumbuk hingga halus.
  • Tambahkan 1 sdm minyak kelapa dan aduk hingga tercampur merata.
  • Oleskan pada bagian wajah sekaligus leher secara merata.
  • Tunggu selama 30 menit atau wajah terasa kaku.
  • Ambil ampas dau kelor, lalu bilas wajah menggunakan air dingin.

Tidak cukup sekali sampai kamu merasakan manfaat daun kelor untuk wajah. Kamu perlu menjalankannya secara rutin saat menjelang tidur. Selain itu, perbaiki pola makan, pastikan selalu terhidrasi, serta istirahat yang cukup.

  1. Mengurangi Minyak Berlebih

Minyak atau sebum pada wajah sebenarnya bermanfaat untuk menjaga kelembaban. Namun, ketika kelenjar sebasea memproduksinya terlalu berlebih, kulit menjadi mengkilap. Akibatnya, wajah mudah berjerawat karena debu banyak menempel.

Selain itu, penampilan menjadi kurang sedap saat minyak di wajah berlebih, sebab terlihat seperti tidak terawat. Apabila kamu juga mengalaminya, segera coba manfaat daun kelor untuk mengatasi masalah ini.

Berikut cara membuat masker daun kelor untuk mengurangi minyak berlebih, yakni:

  • Ambil segenggam daun kelor, lalu haluskan.
  • Kucuri daun kelor dengan perasan setengah buah lemon.
  • Ratakan ke seluruh bagian wajah dan tunggu selama 15 menit.
  • Bersihkan wajah yang telah dimasker dengan cara membilasnya menggunakan air hangat.

Supaya manfaat daun kelor untuk wajah berminyak maksimal, kamu perlu melakukan beberapa langkah perawatan. Mulai dari rajin membersihkan wajah, mengurangi konsumsi gula, menghindari stres, dan tidur 7-8 jam sehari.

  1. Menghilangkan Flek Hitam

Noda hitam di wajah muncul akibat produksi melanin berlebih. Faktor pemicu utamanya adalah paparan sinar UV dalam waktu yang lama. Selain itu, beberapa hal juga bisa berpengaruh, seperti usia tua, perubahan hormon, perandangan, dan lain sebagainya.

Adanya flek hitam sebenarnya tidak menimbulkan permasalahan serius, namun cukup mengganggu penampilan. Wajah yang sebenarnya putih menjadi kurang menarik karena ditambah bintik-bintik hitam.

Di bawah ini cara memperoleh manfaat daun kelor untuk wajah yang mengalami flek hitam, yaitu:

  • Tumbuk halus dua genggam daun kelor yang telah tua.
  • Tambahkan lidah buaya setengah ruas jari yang sudah dihaluskan.
  • Setelah keduanya tercampur sempurna, aplikasikan ke bagian wajah yang mengalami flek hitam.
  • Biarkan masker bekerja selama 30 menit. Kamu akan merasakan sensasi dinginnya.
  • Setelah waktu selesai, kamu dapat membersihkannya dengan air hangat.

Merasakan manfaat daun kelor untuk wajah berflek hitam memang tidak bisa instan. Kamu perlu memperhatikan faktor penunjang lain agar masalahmu dapat teratasi secepat mungkin, seperti tidak beraktivitas terlalu lama di bawah sinar matahari.

Meski tidak berbahaya, namun ada kondisi yang membuatmu harus pergi ke dokter. Beberapa di antaranya, flek hitam disertai rasa nyeri, muncul benjolan, serta teksturnya tidak merata (bergelombang).

  1. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Apakah kamu mengalami jerawat yang tidak kunjung sembuh? Mengatasi permasalahan wajah satu ini memang cukup rumit, karena jenis sekaligus penyebabnya cukup beragam.

Ada yang disebut dengan jerawat batu, nodul, pustula, dan papula. Sementara faktor pemicunya bisa berupa bakteri, sebum atau minyak berlebih, perubahan hormon, efek samping obat, dan lain sebagainya.

Apapun jenis dan penyebab jerawatmu, manfaat daun kelor untuk wajah patut untuk dicoba. Sebab tanaman ini memiliki banyak kalsium, kalium, vitamin C yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Langkah memperoleh manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat cukup mudah, yakni:

  • Haluskan dua genggam daun kelor.
  • Parut timun segar sebanyak setengah buah.
  • Campur kedua bahan sampai merata, kemudian letakkan ke bagian wajah yang berjerawat.
  • Setelah 30 menit, masker sudah bisa kamu lepas.
  • Bersihkan sisa masker menggunakan air dingin.

Mempercepat proses penyembuhan jerawat dengan daun kelor dapat dilakukan dengan menjalankan beberapa langkah. Mulai dari rajin membersihkan wajah, tidak menyentuh jerawat, olahraga secara teratur, menghindari begadang, dan pola makan sehat.

  1. Melindungi dari Sinar UV

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk sinar UV. Saat kamu berjemur dalam waktu 30 menit, sinar ini dapat membantumu memperoleh vitamin D. Namun, terkena paparan matahari cukup lama ternyata bisa berefek negatif bagi kulit wajah.

Sinar UV terbagi menjadi dua jenis. UV A dengan panjang gelombang 100-290 nm dapat menimbulkan masalah penuaan atau aging. Sementara UV B yang memiliki panjang gelombang 290-320 nm mengakibatkan kulit terbakar.

Bagaimana jika kamu harus berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama karena pekerjaan? Kandungan antioksidan daun kelor ternyata menjadi solusi. Penggunaan secara teratur dapat mencegah keriput serta menjaga kelembapan kulit wajah.

Cara mendapatkan manfaat daun kelor untuk wajah yang terkena sinar UV, yaitu:

  • Campurkan daun kelor yang telah dihaluskan dengan 1 sdm minyak kelapa.
  • Pakai kuas masker untuk memudahkanmu mengoleskan ke seluruh wajah.
  • Diamkan masker selama 25 menit agar kandungannya terserap dengan baik.
  • Bilas wajah dengan menggunakan air dingin.

Daun kelor memang dapat melindungi kulit wajah dari sinar UV. Namun, kamu juga tetap membutuhkan perlindungan ekstra melalui pemakaian sunscreen dalam jumlah kecil.

  1. Melembutkan Kulit Wajah

Wajah putih rasanya kurang jika diraba terasa kasar. Kondisi ini menjadi cermin kamu kurang menjaga kebersihan. Sisa make up dan debu yang menumpuk menyebabkan kulit kehilangan kelembutannya. Apabila dibiarkan akan memicu terjadinya jerawat.

Beberapa penelitian menyebutkan, salah satu manfaat daun kelor untuk wajah adalah menjaga tetap lembut. Prosesnya tentu tidak instan, namun apabila digunakan secara teratur, maka hasilnya tidak kalah dengan produk berbahan kimia.

Berikut langkah mengolah daun kelor agar kulitmu menjadi lembut dan terjaga kelembabannya, yaitu:

  • Siapkan segenggam daun kelor untuk dihaluskan.
  • Tuangkan 1 sdm madu murni, kemudian aduk sampai tercampur merata.
  • Oleskan ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 30 menit.
  • Bersihkan bekas masker dengan air hangat.
BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Menghitam

Mengingat jenisnya yang alami, kamu perlu mengulangi perawatan dengan daun kelor sampai hasilnya terlihat. Selain itu, terapkan gaya hidup sehat, jauhi konsumsi alkohol, dan menguap wajah setidaknya seminggu sekali.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari. Kulitmu akan mengalami kerutan, garis halus, bahkan keriput. Normalnya, hal ini terjadi saat usiamu menginjak 40-an. Namun, perawatan yang tidak benar dapat mempercepat prosesnya.

Apabila kamu masih berusia 20-an, tetapi sudah muncul tanda penuaan, segera lakukan perawatan dengan daun kelor. Berikut cara mengolahnya, yaitu:

  • Haluskan dua genggam daun kelor.
  • Ambil 1 butir telor untuk diambil bagian putihnya, kemudian campurkan dengan kelor.
  • Aplikasikan pada wajahmu yang mengalami penuaan dini secara merata.
  • Setelah 30 menit, segera bilas wajahmu sampai bersih menggunakan air hangat.

Rasakan manfaat daun kelor untuk wajah dengan menerapkan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta meminimalisir kegiatan di bawah sinar matahari langsung.

  1. Memutihkan Kulit Wajah

Siapa tidak ingin memiliki wajah putih berseri? Meskipun bukan standar kecantikan, namun hal ini bisa mencerminkan bahwa kamu merawat kulit dengan baik. Tidak heran terkadang ada yang menghabiskan uang jutaan rupiah untuk memperoleh wajah glowing.

Kabar baiknya, salah satu manfaat daun kelor untuk wajah adalah membuatnya cerah alami. Selain itu, kamu juga tidak perlu takut akan efek samping kosmetik, seperti kemerahan, gatal, atau bahkan mengelupas.

Dibawah ini cara menjadikan daun kelor sebagai bahan pemutih alami, yaitu:

  • Larutkan daun kelor yang telah ditumbuk dengan air matang 1 sdm.
  • Tambahkan 1 sdm cuka apel.
  • Balurkan ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 30 menit.
  • Bersihkan sisa masker yang menempel dengan air hangat. Jangan lupa pijat memutar secara lembut.

Selain menggunakan masker dau kelor, penting juga untuk menerapkan beberapa cara mempercepat kulit putih. Beberapa diantaranya, mengkonsusmi air putih secara cukup, menghindari rokok dan alkohol, mengonsumsi makanan bergizi, dan lain sebagainya.

  1. Mengecilkan Pori-Porid

Pori-pori yang membesar terutama di bagian dahi, hidung, dan dagu bagi sebagian orang dapat mengurangi rasa percaya diri. Apakah kamu juga merasa demikian? Memiliki wajah cerah dengan pori-pori kecil memang terlihat lebih menarik dan sehat.

Apalagi pori-pori besar berpotensi besar menyebabkan jerawat, karena noda make up dan debu banyak masuk ke lapisan dalam. Namun, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi. Di antara manfaat daun kelor untuk wajah adalah memperkecil ukuran pori-pori.

Meski prosesnya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, namun hasilnya memuaskan. Kamu juga terhindar dari efek buruk bahan kimia yang mungkin saja terjadi.

Berikut cara mengecilkan pori-pori dengan daun kelor, yakni:

  • Oles wajah dengan es batu terlebih dahulu.
  • Siapkan dua genggam daun kelor, kemudian haluskan.
  • Aplikasikan pada wajahmu yang pori-porinya membesar.
  • Tunggu sampai 30 menit atau masker mulai mengering.

Pakai masker kelor untuk pori-pori setiap menjelang tidur malam. Selanjutnya, istirahat secara cukup. Penting juga kamu menjaga pola makan agar sebum tidak diproduksi secara berlebihan.

Beralih ke bahan alami untuk menjaga kecantikan kulit sepertinya pilihan yang tepat. Apalagi jika kamu kurang bisa memilih produk skincare berbahan kimia yang aman.

Berbagai manfaat daun kelor untuk wajah di atas menunjukkan bahwa bahan alami bisa menjadi solusi.

Buat kamu yang sudah mencoba berbagai jenis perawatan namum belum berhasil, Sudah saatnya kamu mencoba manfaat daun kelor untuk wajah yang bermasalah.

Baca Juga Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dengan Berbagai Kandungan di Dalamnya