Cara Menghilangkan Internet Sehat

Internet sehat adalah program yang dibuat oleh pemerintah untuk membantu mencegah pengguna internet dari kecanduan, konten yang tidak pantas dan lainnya. Namun, banyak orang yang ingin menghilangkan program internet sehat ini karena mereka menganggap ini berlebihan, menghabiskan waktu lebih banyak untuk memeriksa setiap hal yang mereka lakukan, dan juga menghalangi akses mereka ke beberapa situs web yang tidak dibatasi oleh internet sehat. Jika Anda juga merasa demikian, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan internet sehat.

Mematikan Internet Sehat di Windows 10

Cara pertama untuk menghilangkan internet sehat adalah dengan mematikannya dari pengaturan komputer Anda. Caranya adalah dengan membuka Pengaturan Windows 10, memilih ‘Keamanan dan Keamanan Lintas Batas’ di jendela yang muncul, lalu mengklik pada ‘Internet Sehat’. Anda kemudian akan melihat opsi untuk mematikan Internet Sehat. Klik pada opsi ini dan Anda telah selesai.

Menghapus Internet Sehat dari Daftar Program

Cara lain untuk menghilangkan internet sehat adalah dengan menghapusnya dari daftar program yang terpasang di komputer Anda. Caranya adalah dengan membuka menu Mulai di Windows 10, lalu mengetik “Program dan Fitur” di kotak pencarian. Akan muncul daftar program yang terpasang di komputer Anda. Cari program Internet Sehat dan klik kanan pada namanya. Pilih ‘Uninstall’ untuk menghapus program ini dari komputer Anda.

Mematikan Fitur Pengawasan di Browser

Beberapa browser seperti Chrome dan Firefox memiliki fitur pengawasan yang bisa membantu mengontrol akses ke konten tertentu. Biasanya, fitur ini didukung oleh internet sehat. Jika Anda ingin menghilangkan internet sehat dari browser Anda, maka cara terbaik adalah dengan mematikan fitur pengawasan di browser. Caranya adalah dengan membuka pengaturan browser Anda, memilih ‘Keamanan’ dan lalu mematikan fitur pengawasan.

Menghapus Aplikasi Internet Sehat

Beberapa perangkat lunak internet sehat juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Jika Anda telah menginstal aplikasi ini di komputer atau ponsel Anda, Anda dapat menghapusnya dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan untuk menghapus program lainnya. Caranya adalah dengan membuka menu Mulai di Windows 10, mengetik “Program dan Fitur” di kotak pencarian, dan mencari aplikasi Internet Sehat. Klik kanan pada namanya dan pilih ‘Uninstall’ untuk menghapusnya dari komputer atau ponsel Anda.

Menonaktifkan Program Internet Sehat di Router

Beberapa router juga memiliki fitur internet sehat yang dapat Anda nonaktifkan. Fitur ini biasanya disebut ‘Parental Control’ atau ‘Content Filtering’ di menu router Anda. Cara menonaktifkannya adalah dengan membuka panel kontrol router Anda, menemukan fitur tersebut (biasanya terletak di bagian ‘Keamanan’) dan menonaktifkannya. Namun, pastikan Anda membaca dokumentasi router Anda sebelum melakukannya untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar.

BACA JUGA:  Cara Membuat Internet Sehat

Menggunakan Aplikasi VPN

Cara terakhir untuk menghilangkan internet sehat adalah dengan menggunakan aplikasi VPN. Aplikasi VPN akan memungkinkan Anda untuk menghubungkan komputer atau ponsel Anda ke jaringan aman yang akan menyembunyikan aktivitas online Anda dari pemerintah dan ISP. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses hampir semua situs web yang dibatasi oleh internet sehat. Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia, jadi pastikan untuk membaca ulasan mereka untuk memilih yang terbaik untuk Anda.

Kesimpulan

Internet sehat adalah program yang dibuat oleh pemerintah untuk membantu mencegah pengguna internet dari berbagai masalah. Namun, banyak orang yang ingin menghilangkan program internet sehat ini. Ada beberapa cara untuk menghilangkan internet sehat, termasuk mematikannya dari pengaturan komputer Anda, menghapusnya dari daftar program yang terpasang, mematikan fitur pengawasan di browser, menghapus aplikasi internet sehat, menonaktifkan program internet sehat di router, dan menggunakan aplikasi VPN. Jadi, pastikan untuk memilih metode yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.