Manfaat jahe merah
PANEN JAHE MERAH

Kenali Jenisnya, ini Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh

Pada saat musim virus dan penyakit ini, jahe menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Manfaat jahe merah sangat banyak, salah satunya adalah dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Jahe merupakan salah satu tanaman toga yang sering dicari oleh orang, karena memiliki khasiat untuk menjaga kehangatan tubuh.

Tanaman jahe dapat diolah menjadi beragam kreasi menu masakan, seperti minuman, masakan, dan kue. Jahe memberikan cita rasa pedas namun menghangatkan saat ada didalam tubuh. Rempah-rempah ini sangat cocok dikonsumsi ketika musim hujan. Jahe pernah menjadi bahan ekspor yang sangat mahal.

Rempah-rempah yang menghangatkan tubuh ini menjadi komoditas ekspor utama pada masa kolonialisme di Indonesia. Banyak bangsa barat yang datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah, selain untuk dikonsumsi, bangsa barat mencarinya karena jahe memiliki nilai jual yang tinggi.

Jahe memiliki beragam manfaat, selain untuk menghangatkan tubuh, manfaat jahe merah adalah untuk menjaga metabolisme tubuh, meringankan sakit kepala, meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan, dan lain sebagainya. Rempah-rempah ini juga bermanfaat untuk terhindar dari penyakit serius lainnya.

Seperti membantu terhindar dari serangan jantung, mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh, meringankan resiko terkena radang usus, hingga sebagai minuman bagi penderita asma atau sesak napas. Di masa pandemi ini, orang mempercayai bahwa dengan mengkonsumsi jahe dapat terhindar dari segala macam virus.

Bahkan kini banyak olahan jahe yang diminati oleh masyarakat. Masyarakat mengkonsumsi jahe dengan cara menyedunya dengan air hangat atau campuran bahan alami lainnya. Jenis rempah-rempah ini pernah menjadi bahan yang paling dicari oleh orang dan sempat mengalami kenaikkan harga yang tinggi di pasaran.

Namun, kamu perlu tahu, selain manfaat jahe merah yang beragam, ada beberapa jenis jahe lainnya. Di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis jahe populer serta banyak diminati oleh masyarakat, yaitu jahe merah, jahe gajah dan jahe emprit. Ketiga jenis rempah ini memiliki manfaatnya masing-masing.

Ciri-ciri dan Perbedaan Jenis Jahe di Indonesia

Ekstrak Jahe Merah Murni 100% Asli Premium
Jual Ekstrak Jahe Merah Murni 100% Asli Premium https://shope.ee/3pklKBQ4zA

Tidak banyak orang yang tahu bahwa jahe mempunyai beberapa jenis. Jenis jahe yang sering dijumpai dan wajib ada di dapur adalah jahe emprit atau sering disebut dengan jahe putih. Rempah-rempah ini memiliki ukuran kecil dan sedikit pipih, warna dagingnya putih dan mempunyai tekstur lembut.

Aroma dari jenis jahe ini kurang begitu tajam namun memiliki rasa yang pedas. Jahe emprit sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan jamu. Kandungan minyak atsiri yang tinggi mudah menguap sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar makanan. Jenis lainnya adalah jahe gajah.

Sesuai namanya, rempah-rempah ini memiliki ukuran besar dan gemuk dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu ruasnya sedikit lebih mengembung dibandingkan yang lain. Dagingnya memiliki warna putih kekuningan, sehingga rempah ini sering disebut juga sebagai jahe kuning.

Jenis yang ketiga yaitu jahe merah, jenis rempah ini cukup langka keberadaannya karena hanya tumbuh pada bulan-bulan tertentu. Hal ini menyebabkan harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang lain. Manfaat jahe merah adalah dijadikan sebagai produk jamu, karena kandungan minyak atsirinya lebih tinggi.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Kantung Mata Menggunakan bahan Alami

Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh

Jahe Merah 250 Gr
Jual Jahe Merah Segar https://shope.ee/6KS6IsRTW6

Jahe merah memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis lainnya. Cirinya memiliki warna rimpang kemerahan dan berserat kasar. Karena mengandung minyak atsiri yang tinggi, rasanya lebih pedas dari jahe lainnya. Rempah berwarna merah ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan minyak dan jamu.

Manfaat jahe merah bagi tubuh yaitu sebagai pereda gejala batuk dan sakit tenggorokan. Jahe merah memberikan rasa pedas yang tajam sehingga dapat melegakan tenggorokan serta menghangatkan tubuh. Jahe merah memiliki kandungan baik bagi tubuh, seperti flavonoid.

Flavonoid memiliki sifat anti peradangan, sehingga memiliki efek yang baik bagi tenggorokan. Selain untuk meredakan batuk, flavonoid bermanfaat untuk mengobati peradangan pada tenggorokan. Untuk mendapat manfaatnya cukup mudah, yaitu dengan menyedu jahe menggunakan air panas atau hangat. Manfaat lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh
  2. Menghangatkan tubuh
  3. Mengatasi masalah rematik
  4. Membantu diet
  5. Meningkatkan sistem imun tubuh
  6. Mengobati penyakit asma dan sesak napas.

Jahe merah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain menghangatkan tubuh pada saat musim hujan, jahe merah juga dapat dijadikan sebagai minuman alternatif di masa pandemi virus. Kandungan baiknya dapat meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh. Beragam manfaat jahe merah dapat kita rasakan setiap hari.