tanda-tanda virus corona

Waspadai Ancaman Tanda-tanda Virus Corona Semakin Mengkhawatirkan

Indonesia dan dunia telah dihebohkan dengan tanda-tanda virus Corona sejak awal tahun 2020 dan masih belum usai sampai saat ini. Kota Wuhan, China merupakan salah satu kota yang diyakini sebagai asal muasal virus mematikan ini. Setelah hampir satu tahun, virus corona juga belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Hampir satu tahun, dunia dibuat ketar ketir dengan adanya virus Corona. Virus ini juga telah menjadi pandemic yang membuat banyak sektor menjadi lumpuh, mulai dari ekonomi hingga pendidikan. Tidak hanya itu, jutaan orang juga telah dinyatakan meninggal akibat terjangkit virus mematikan tersebut.

Covid-19 merupakan jenis virus yang menyerang kekebalan tahan tubuh manusia. Orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah lebih rentan terserang. Biasanya orang yang terjangkit akan menunjukkan gejala awal salah satunya adalah gangguan pernapasan. Namun sebenarnya ada banyak gejala dan tanda-tanda virus corona menyerang seseorang, di antaranya seperti berikut ini :

Tanda-Tanda dan Gejala Terjangkit Covid-19

Secara umum orang yang terpapar covid-19 akan menunjukkan gejala sakit terlebih dahulu. walaupun ada beberapa kasus, pasien terjangkit covid-19 juga tidal menunjukkan gejala spesifik. Namun mayoritas pasien covid-19 biasanya akan menunjukkan tanda-tanda dan gejala seperti berikut ini:

  1. Gejala Umum

Secara umum, pasien terinveksi covid-19 akan menunjukkan gejala paling umum. Ada tiga gejala paling umum ditunjukkan antara lain seperti suhu tubuh meningkat, mengalami batuk kering dan juga merasakan kelelahan secara tiba-tiba. Akan tetapi jika kamu mengalami gejala tersebut, jangan langsung panik karena belum tentu positif terpapar virus. Ada baiknya lakukan isolasi mandiri atau hubungi petugas medis untuk memastikan kebenarannya.

  1. Gejala kurang umum

Selain menunjukkan tanda-tanda virus corona secara umum seperti di atas, beberapa pasien covid-19 juga ada yang menunjukkan gejala kurang umum. Akan tetapi gejala ini tidak dialami oleh semua orang hanya beberapa pasien saja. Beberapa di antaranya seperti badan nyeri, sakit tenggorokan, gangguan pencernaan, sakit kepala, dan mata merah. Beberapa pasien juga ada yang kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa serta paling baru adalah adalah munculnya ruam atau bercak-bercak di kulit.

  1. Gejala serius

Tanda-tanda paling serius yang sering terjadi pada orang terinveksi virus corona adalah mengalami kesulitan saat bernapas, dada terasa nyeri hingga kehilangan kemampuan berbicara atau bergerak. Jika mengalami tanda-tanda seperti ini ada baiknya langsung menuju ke pusat kesehatan terdekat agar diberikan tindakan pertolongan pertama. Pasalnya jika terlambat bisa menyebabkan komplikasi bahkan kematian.

Tidak semua orang yang menunjukkan gejala di atas bisa dikatakan positif virus covid-19. Akan tetapi harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti rapid test dan test swap. Jika memang terbukti positif, segera lakukan isolasi mandiri atau datangi pusat penanganan terdekat agar penularannya bisa segera diputus.

Tips Menghindari Paparan Virus Covid-19

Saat ini Indonesia bahkan dunia memang masih berjuang melawan pandemi covid-19. Akan tetapi masyarakat sudah mulai beraktivitas normal demi menumbuhkan ekonomi yang sempat lumpuh akibat pandemic tersebut. Namun masyarakat tetap diharapkan selalu menjaga kesehatan dengan baik agar tidak terinveksi tanda-tanda virus corona tersebut.

BACA JUGA:  Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dengan Berbagai Kandungan di Dalamnya

Agar bisa terhindar dari covid-19 salah satu tipsnya adalah selalu patuhi dan lakukan protokol kesehatan dengan benar. Selalu menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah, selalu menerapkan sosial distancing serta selalu biasakan mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas. Jika protokol tersebut dijalankan dengan benar, resiko tertular bisa diminimalisir.

Tidak hanya itu, di tengah kondisi pandemic seperti saat ini, masyarakat juga diharapkan selalu menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Selain menjaga pola makan dan istirahat cukup, rutin berolahraga juga disarankan agar tubuh semakin fit. Resiko penularan virus corona bisa dicegah dengan daya tahan tubuh yang bagus.

Memasuki tahun 2021 ini, tanda-tanda bahwa pandemic akan segera berakhir memang belum terlihat. Oleh sebab itulah, masyarakat terus dihimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan baik untuk memutus rantai penyebarannya. Yang terpenting masyarakat juga harus lebih peduli akan tanda-tanda virus corona agar rantai penularan virus mematikan ini bisa segera diputus sehingga pandemic tidak akan semakin menyebar.