Cara menghitung masa subur

Cara Menghitung Masa Subur dan Haid Teratur

Cara menghitung masa subur yang perlu kamu ketahui. Hal tersebut sangat penting diketahui oleh wanita, apalagi jika sudah menikah maka akan mempercepat keturunan. Masa subur sendiri apabila melakukan hubungan sexual dan terjadi pembuahan, maka semakin besar juga tingkat keberhasilannya untuk cepat hamil dan mendapatkan momongan khususnya pengantin baru.

Hal itu juga berpengaruh pada intensitas haid yang akan terjadi. Pada wanita yang memiliki haid lancar dengan tiap bulan mengalami menstruasi tingkat kesuburan dimilikinya lebih tinggi. Akan tetapi, hal tersebut tidak dapat menjadi patokan bahwa mudah memiliki momongan. Karena itu, kamu dapat berkonsultasi pada dokter.

Cara menghitung masa subur dapat dilakukan oleh setiap wanita. Agar keberhasilan memiliki anak lebih tinggi, sangat perlu melakukan hubungan sex pada masa-masa subur istri. Karena kematangan ovum mempengaruhi juga keberhasilan pembuahan. Ovum yang terlalu muda juga masih kecil berhasil menjadi janin.

Penghitungan masa subur juga dapat menjadi patokan kamu untuk menentukan umur kehamilan. HPHT sangat erat kaitannya dengan masa subur, bidan maupun dokter menggunakan rumus tersebut untuk menentukan umur kehamilan. Masa ovulasi sendiri berkisar 3-7 hari, dengan perhitungan itu maka akan dapat ditentukan masa suburnya.

Penghitungan Masa Subur dan Hubungan dengan Menstruasi

Menstruasi dalam satu bulan memiliki jaraknya 28 hari sampai 40 hari, apabila jarak melebihi 40 hari maka pada bulan tersebut dapat dikatakan telat haid. Tetapi apabila dalam jarak tersebut kamu haid, maka dapat ditentukan masa suburnya. Pada wanita memiliki haid terlambat belum tentu tidak subur.

Karena haid sendiri dapat berubah-ubah tergantung dengan dirinya sendiri. Terdapat beberapa faktor mempengaruhi haid ataupun kesuburan wanita. Hal tersebut harus diketahui oleh semua perempuan, khususnya bagi perempuan yang sudah menikah dan belum mendapatkan anak. Maka perlu untuk melakukan hal-hal berikut ini agar semua stabil.

  1. Cara menghitung masa subur yang benar

Penghitungan kesuburan dengan siklus haid sangat erat kaitannya. Terdapat beberapa siklus pendek dan panjang. Siklus pendek maupun panjang memiliki rumus yang berbeda satu sama lain. Karena itu, sebelum menikah biasanya akan dilakukan konseling oleh bidan terkait perhitungan kesuburan pada perempuan.

 

Siklus pendek terdapat jarak 27 hari. Perhitungan rumusnya yaitu dengan menguranginya 18 dengan hasil 9. Jika mengalami siklus panjang sampai 30 hari dapat kamu kurangkan dengan 11 maka hasilnya yaitu 19. Maka nantinya masa-masa subur di angka 9 sampai dengan 19, diangka ini puncak kesuburannya.

  1. Mengetahui faktor penyebab kesuburan terganggu

Terdapat beberapa faktor kesuburan terganggu dan mengakibatkan kesulitan dalam mendapatkan keturunan. Pada perempuan yang mengalami masalah kesuburan maka akan berpengaruh pada siklus menstruasinya. Dengan hal itu, cara menghitung masa subur tidak dapat dipastikan karena siklusnya berubah-ubah. Faktor paling berpengaruh adalah asupan makanan yang dikonsumsi.

Dengan asupan makanan yang salah akan sangat mempengaruhi kesuburan. Makanan junk food sangat buruk bagi kesehatan khususnya kesuburan wanita.

BACA JUGA:  Terbukti Cara Menghilangkan Bau Badan yang Efektif

Indikator Lain Mengetahui Masa Subur

Alat Test Kehamilan
Jual Alat Test Kehamilan https://shope.ee/6KS0y98QS0

Masa subur selain dapat dihitung tetapi juga dapat dipastikan secara pasti. Karena itu, kamu harus tahu juga indikator lainnya.

  1. Suhu tubuh meningkat

Selain mengetahui cara menghitung masa subur perempuan. Indicator lainnya yaitu meningkatnya suhu tubuh berkisar 35-36 derajat. Suhu ini dapat meningkat saat masanya tiba, namun apabila lebih dari itu kemungkinan kamu mengalami haid atau ovulasi.

  1. Keluarnya lendir

Biasanya setelah beberapa hari haid atau pada pertengahan siklus terdapat lendir yang keluar dari vagina. Hal tersebut dapat menjadi ciri kamu sedang berada pada masa subur. Cairan lendir ini dapat menjadi jalan untuk sperma lebih cepat menuju sel telur.

  1. Nyeri pada punggung maupun perut secara ringan

Nyeri pada area perut dapat menentukan kamu berada dalam puncak kesuburan. Akan tetapi, hal ini juga dapat menjadi ciri akan terjadinya ovulasi. Rasa sakitnya dapat menjadi tanda-tanda adanya kesuburan.

  1. Lebih bergairah dibandingkan biasanya

Dibandingkan hari biasanya, akan ada hari saat berada dalam puncak kesuburan. Maka akan lebih bergairah dari biasanya. Hal tersebut harus dimanfaatkan untuk berhubungan agar mendapatkan momongan dengan cepat. Selain itu, dengan berhubungan sex banyak memiliki manfaat bagus bagi kesehatan reproduksi baik istri maupun suami.

Dengan demikian untuk penghitungan masa subur dengan menggunakan kalender bisa dilakukan untuk meningkatkan potensi memiliki anak, apalagi untuk pasangan baru menikah. Cara menghitung masa subur juga dapat diubah menjadi kb alami dengan perhitungan secara tepat.