manfaat kayu secang

Tidak Banyak Orang Tahu, Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Terdapat manfaat kayu secang yang bisa kamu dapatkan untuk berbagai permasalahan kesehatan. Tanaman ini kerap dikenal juga dengan nama secang, sejenis keluarga polong-polongan yang dimanfaatkan baik kayu maupun kulitnya sebagai rempah-rempah olahan berbagai makanan.

Beberapa negara yang tercatat pernah membudidayakan tanaman perdu ini adalah India, Malaysia, Pasifik, dan Asia Tenggara. Sementara itu untuk asal-usulnya tidak dapat diketahui pasti. Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Selain itu warna alami pada perdu juga bisa digunakan sebagai pewarna dalam berbagai keperluan. Dalam berbagai daerah, penamaan tumbuhan ini berbeda-beda. Adapun yang saat ini digunakan sama seperti penyebutan suku Sunda dan Betawi, sementara orang Tidore menyebutnya roro.

Salah satu kerabat dekat secang ada di Amerika Serikat, yaitu kayu brazil atau brezel dengan pemanfaatan seragam seperti manfaat kayu secang. Dalam bahasa Inggris, jenis tumbuhan ini dikenal dengan nama sappanwood kemudian dalam bahasa Jepang disebut suou.

Perdu merupakan pohon kecil dengan ukuran rata-rata 4 sampai 10 meter saja. Wilayah yang cocok ditanami tumbuhan ini adalah kontur berlereng dan tidak dianjurkan menanamnya pada genangan. Umumnya banyak tumbuh pada tanah berpasir pada pinggir sungai.

Menu Sehat yang Dibuat dari Secang

Kayu Secang
Jual Kayu Secang https://shope.ee/9zLbHhR2lV

Meskipun bahan dasarnya berupa batang kayu, namun kamu bisa mendapatkan manfaat kayu secang melalui resep olahan minuman seperti berikut:

Bahan-bahan:

  1. Panci.
  2. Air.
  3. Serai.
  4. Jahe.
  5. Gula aren.
  6. Cengkih.
  7. Kayu sepang serut.
  8. Kayu manis.
  9. Gelas.

Cara Mengolah:

  1. Bersihkan jahe dan serai kemudian geprek halus.
  2. Hancurkan sepang, cengkih, serta kayu manis.
  3. Siapkan panci.
  4. Isi air.
  5. Masukkan semua bahan yang sudah dimemarkan.
  6. Masak menggunakan panas normal.
  7. Jika sudah agak panas, masukkan kayu sepang serut.
  8. Aduk merata.
  9. Tambahkan gula aren.
  10. Masak hingga mendidih.
  11. Minuman hangat berkhasiat baik siap disajikan.

Terlalu rumit? Kamu bisa meniru resep sederhana di bawah ini:

Bahan-bahan:

  1. Kayu secang serut.
  2. Air.
  3. Madu.

Cara Pengolahan:

  1. Masak air.
  2. Masukkan bahan utamanya.
  3. Lanjutkan hingga berbuih.
  4. Angkat.
  5. Beri madu.
  6. Nikmati saat hangat.

Tidak sedikit orang mengambil manfaat kayu secang dengan minumnya tanpa perasa manis, atau hanya berupa seduhan serutan tumbuhan tanpa tambahan madu maupun gula. Biarpun begitu Ketika kamu menambahkan pemanis alami maka tidak akan mengurangi manfaatnya.

Untuk racikan menu yang pertama, disebut juga sebagai wedang secang yang khasiatnya tidak kalah dari wedang jahe. Begitu banyak sumber obat tradisional yang ada di sekitar kita, namun tidak semua orang dapat memanfaatkan berbagai ketersediaan alam secara baik setiap waktu.

Khasiat Baik dari Tumbuhan Secang

Guna memperoleh manfaat kayu secang demi tingkatkan kesehatan tubuh, kamu harus mengkonsumsinya secara rutin. terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh, diantaranya:

1. Antialergi

Sepang memiliki kandungan sappan chalcone dengan khasiat tinggi mengatasi alergi pada tubuh. Berbagai permasalahan alergi yang kerap mengganggu aktivitas sehari-hari maupun masuknya makanan ini dapat diatasi secara cara alami tanpa efek samping dengan sepang.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah dan Alami

2. Melawan Kejang

Tumbuhan ini mengandung patimuan untuk mengaktifkan aktivitas antikejang pada tubuh sehingga baik bagi penderita epilepsi. Tanaman ini tidak secara langsung menghilangkan kejang, namun perlahan mengurangi frekuensinya hingga akhirnya nyaris tidak pernah terjadi lagi.

3. Menyehatkan Jantung

Pigmen merah serta zat brazilin merupakan dua kombinasi utama penyebab jantung sehat. Untuk mencoba khasiatnya kamu dapat membuat racikan tradisional seperti yang sudah diutarakan diatas secara rutin guna memperoleh hasil maksimal, terutama untuk kesehatan jantung.

4. Antimikroba

Tumbuhan ini memiliki kandungan antimikroba yang mampu menangkal bakteri penyebab keracunan, infeksi sendi, dan infeksi kulit. Kamu bisa menjadikan Jepang sebagai pengobatan tradisional dengan secara rutin meminumnya per hari serta tidak bosan membuat sendiri di rumah.

Begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan tanpa harus mengeluarkan uang membayar produk mahal. Bahkan kabar baiknya salah satu jenis tumbuhan ini memiliki efek baik untuk mengatasi persoalan jerawat pada wajah. caranya mudah, cuci muka saja dengan airnya.

Belum banyak orang tahu sehingga belum banyak orang dapat memperoleh khasiatnya. Kini setelah manfaat kayu secang dipublikasikan, kamu dapat mempertimbangkannya sebagai obat tradisional berupa minuman sehat, hangat, lagi manis.

 

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau untuk Kamu Ketahui