Manfaat kacang hijau

Legit, ini Manfaat Kacang Hijau untuk Kamu Ketahui

Selain legit untuk dijadikan kudapan, ada pula manfaat kacang hijau sehatkan berbagai kondisi. Sebagai sebuah keluarga kacang-kacangan ini memang kaya akan vitamin juga nutrisi yang tinggi. Orang tanpa gejala atau keluhan bisa meningkatkan kesehatan.

Sementara itu beberapa penderita penyakit kronis dipercayai dapat disembuhkan melalui kacang-kacangan ini. Sebanyak 100 gram kacang hijau mengandung nutrisi protein 7,02 gram, serat 7,60 gram, karbohidrat 19,15 gram sudah termasuk gula.

Kudapan ini memiliki kandungan vitamin B yang membantu fungsi kesehatan otak serta mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya. Jenis makanan ini tergolong cukup murah apalagi apabila melirik khasiatnya yang bagus bagi kecantikan serta kesehatan.

Berbagai kandungan baik seperti antioksidan, serat, protein, serta lemak rendah amat bagus bagi pengkonsumsinya. Vitamin A, B, C, dan E akan menjalankan fungsinya tersendiri ketika kudapan tersebut masuk ke dalam tubuh. Makanan ini juga bisa dijadikan kudapan berat.

Kandungan karbohidrat di dalamnya membantu mengenyangkan perut baik saat pagi hari maupun malam hari. Lebih dari itu, selain memang legit di mulut serta mengenyangkan dalam perut, ada banyak manfaat kacang hijau dapat diperoleh guna membuat stamina tetap terjaga.

Resep Olahan dari Kacang Ijo

Kacang Hijau Large Green Mung Beans Kualitas Super Import
Jual Kacang Hijau Large Green Mung Beans Kualitas Super Import https://shope.ee/7A1Px9FFDd

Guna memperoleh manfaat kacang hijau untuk kesehatan kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah melalui resep di bawah ini:

Bahan-bahan:

  1. Jahe.
  2. Kacang hijau.
  3. Gula pasir.
  4. Santan.
  5. Garam sejumput.
  6. Daun pandan.
  7. Air.

Cara Membuatnya:

  1. Rendam kacang selama kurang lebih 1 jam, sangat bagus jika semalaman.
  2. Buang airnya, sisihkan.
  3. Rebus air sampai berbuih.
  4. Masukkan kacang utamanya.
  5. Masukkan pandan daun serta jahe.
  6. Masak dua-duanya selama lima menit.
  7. Tutup wadah.
  8. Matikan kompor.
  9. Biarkan wadah tertutup dengan kompor mati selama setengah jam.
  10. Nyalakan kompor kembali.
  11. Campurkan santan bersamaan dengan gula pasir.
  12. Masak 7 menit saja.
  13. Campurkan merata.
  14. Tes rasa.
  15. Matikan kompornya.
  16. Hidangkanlah.

Sedikit tips untuk menerima manfaat kacang hijau dengan olahan lebih enak yaitu:

  1. Pastikan kacang berwarna hijau bening serta tidak mudah dipecahkan dan tentunya tidak memiliki bau menyengat.
  2. Untuk memastikan bahan dasar tersebut tidak membusuk adalah melalui cara direndam. Bahan baku busuk akan mengambang dipermukaan.
  3. Pastikan kompor dalam kondisi stabil, masaklah dengan api sedang kemudian tidak perlu diatur-atur, baik itu diperkecil atau diperbesar karena efeknya bisa mengubah tekstur.

Jika mencari lebih banyak resep, kamu akan menemukan olahan kacang hijau tanpa santan atau ada juga yang menggantinya dengan susu segar. Kamu bisa memilih resep manapun sesuai selera asalkan takarannya tepat supaya khasiat baik dapat tetap diterima dirimu.

Khasiat Baik dari Kacang Ijo

Menelisik sedemikian legitnya resep makanan menu tersebut, kamu berkesempatan memperoleh manfaat kacang hijau demi menjaga kesehatan seperti berikut:

1. Detoks

Untuk membuang atau mengeluarkan senyawa berbahaya tubuh tidak selalu harus menenggak ramuan pahit. Buktinya, kamu bisa mengambil manfaat dari kacang hijau karena didalamnya terdapat kandungan flavonoid, protein, serta tanin guna bisa menetralkan racun-racun pada tubuhmu.

BACA JUGA:  Penting, ini Dia Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

2. Meminimalisir Kanker

Selama cancer belum mampu diobati secara maksimal, kamu harus melakukan pencegahan sedari dini. Kudapan ini berfungsi untuk mengatasi sel yang berbahaya serta kerusakan DNA. Adanya polifenol juga oligosakarida bermanfaat bagus terhadap penghambatan kanker.

3. Menjaga Jantung

Kacang ijo memiliki kandungan serat sangat tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung serta terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat. Jantung sehat mempengaruhi seluruh kesehatan diri karena organ tersebut menjadi vital utama bagi semua aktivitas manusia.

4. Baik bagi Ibu Hamil

Ada mitosnya bahwa mengkonsumsi kacang hijau bisa membuat rambut bayi tumbuh lebat. Terlepas dari itu faktanya kudapan ini memang memiliki kandungan asam folat guna mencegah kelahiran prematur, kurangnya berat badan bayi, serta resiko keguguran pada janin.

Kudapan nikmat serta lezat ini juga mengandung 53% magnesium dari total 100 gram beratnya. Nutrisi baik ini bagus untuk menjaga kesehatan tulang juga menurunkan resiko tulang bengkok pada wanita setelah mengalami masa penuaan.

Tidak perlu rasa rasa pahit untuk mendapatkan sehat secara alami. Manfaat kacang hijau pada dirimu bisa dirasakan sendiri meskipun rasanya legit dan manis.

Baca Juga Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan