Cara Berhubungan Sex yang Sehat

Berhubungan sex adalah salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pasangan untuk menyatakan kemesraan. Hal ini dapat juga dilakukan untuk memenuhi hasrat seksual yang ada. Namun, berhubungan sex tidak hanya sekedar memenuhi hasrat seksual saja. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar berhubungan sex yang dilakukan dapat tetap aman dan sehat.

1. Segera Menggunakan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi adalah alat yang berguna untuk mencegah terjadinya kehamilan. Berbagai macam alat kontrasepsi yang dapat digunakan. Di antaranya adalah kondom, pil KB, implan dan lain sebagainya. Penggunaan alat kontrasepsi sangatlah penting agar tidak terjadi kehamilan yang tidak diinginkan. Selain itu, alat kontrasepsi juga dapat melindungi dari penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV, sifilis dan lain sebagainya.

2. Gunakan Pelumas

Pelumas adalah zat yang dapat digunakan untuk melembutkan kulit selama berhubungan sex. Pelumas juga dapat meningkatkan sensasi pada pasangan. Sebagai tambahan, pelumas juga dapat mencegah luka dan iritasi pada daerah kelamin. Pelumas yang dianjurkan adalah pelumas berbasis air dan jangan menggunakan minyak, krim atau balsem.

3. Selalu Bersihkan Alat Bukti

Setelah berhubungan sex, pastikan untuk selalu membersihkan alat bukti yang digunakan. Alat bukti yang dimaksud adalah alat kontrasepsi seperti kondom. Jika tidak, maka dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada daerah kelamin. Agar lebih aman, gunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan alat bukti tersebut.

4. Tingkatkan Kualitas Berhubungan Sex

Untuk meningkatkan kualitas berhubungan sex, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Pertama, pastikan pasangan Anda mendapatkan rangsangan seksual yang cukup. Jika tidak, maka pasangan Anda dapat mengalami kesulitan dalam mencapai orgasme. Kedua, pastikan untuk melakukan gerakan yang lembut dan lembab. Gerakan yang terlalu keras dapat menyebabkan iritasi pada daerah kelamin. Ketiga, pastikan untuk menggunakan pelumas agar berhubungan sex lebih nyaman.

5. Cegah Penyakit Menular Seksual

Selain menggunakan alat kontrasepsi, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit menular seksual (PMS). Pertama, pastikan untuk mengetahui riwayat kesehatan pasangan Anda. Kedua, pastikan untuk selalu membersihkan alat bukti setelah berhubungan sex. Ketiga, pastikan untuk tidak melakukan hubungan sex dengan orang yang tidak dikenal. Keempat, pastikan untuk selalu menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil KB.

6. Gunakan Kondom Berlabel Resmi

Kondom adalah alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan. Namun, sebelum menggunakan kondom, pastikan untuk memastikan apakah kondom tersebut berlabel resmi. Ini penting agar kondom yang digunakan dapat melindungi dari penyakit menular seksual (PMS) dan juga kehamilan yang tidak diinginkan. Selain itu, pastikan untuk menggunakan kondom dengan benar agar dapat melindungi dari infeksi.

BACA JUGA:  Kartu Indonesia Sehat: Cara Daftar

7. Jangan Lupa Menggunakan Alat Kontrasepsi

Selain menggunakan kondom, ada beberapa alat kontrasepsi lain yang dapat digunakan. Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Jika Anda ingin menggunakan pil KB, pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk dari dokter Anda. Selain itu, ada juga alat lain seperti implan, IUD dan lain sebagainya. Pastikan untuk memilih alat kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Bersikap Terbuka Terhadap Pasangan Anda

Untuk mendapatkan kehidupan seksual yang aman dan sehat, pastikan untuk selalu bersikap terbuka terhadap pasangan Anda. Dengan bersikap terbuka, maka Anda dapat membicarakan masalah yang Anda hadapi. Selain itu, Anda juga dapat membicarakan hal-hal yang Anda inginkan dari pasangan Anda. Sehingga, Anda dapat menjaga kesehatan seksual yang lebih baik.

9. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Makanan yang kaya akan buah dan sayuran dapat membantu dalam menjaga kesehatan seksual. Makanan ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas sperma dan juga membantu untuk meningkatkan gairah seksual. Selain itu, makanan ini juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu dalam mengurangi risiko infeksi.

10. Jangan Berlebihan

Berhubungan sex dengan berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan juga meningkatkan risiko infeksi. Selain itu, berhubungan sex yang berlebihan juga dapat menyebabkan tekanan dalam hubungan. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak berlebihan dalam berhubungan sex.

Kesimpulan

Berhubungan sex yang aman dan sehat adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan melakukan beberapa hal seperti menggunakan alat kontrasepsi, menggunakan pelumas, cegah penyakit menular seksual, gunakan kondom berlabel resmi, pastikan untuk bersikap terbuka terhadap pasangan Anda dan jangan lupa untuk mengonsumsi bu