manfaat madu untuk wajah

Manfaat Madu untuk Wajah yang Buatmu Makin Percaya Diri

Banyak penelitian dilakukan demi membuktikan manfaat madu untuk wajah. Rupanya minuman yang satu ini merupakan cairan yang bagus untuk menunjang berbagai macam hal. Salah satunya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Oleh sebab itulah kandungannya banyak ditemukan di berbagai obat herbal dan produk kecantikan.

Sebenarnya khasiat madu sudah lama diketahui masyarakat dunia. Bahkan penggunaannya dalam bidang kecantikan dan kesehatan sudah ada sejak zaman nenek moyang. Alasannya karena adanya sifat alami yang hanya bisa didapatkan dari madu. Apabila dilihat dari kandungannya bahan herbal tersebut memiliki beberapa zat penting.

Misalnya kandungan vitamin dan mineral yang membuatnya terasa manis. Zat seperti asam amino juga mempunyai fungsi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang bagus lainnya yaitu natrium, vitamin A dan D, zink, zat besi, dan kalsium. Kira-kira apa manfaat yang didapat dari madu?

Manfaat Madu untuk Wajah Kering

Salah satu khasiat dari madu adalah memberikan kelembaban pada kulit kering. Kulit wajah kering biasanya terjadi lantaran kekurangan asupan vitamin. Selain itu kulit yang tidak terhidrasi dengan baik dapat menyebabkan wajah terlihat pucat dan kering. Kurangnya konsumsi buah-buahan juga merupakan faktor penyebab keringnya permukaan wajah.

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan kandungan yang dibutuhkan oleh kulit. Jika seseorang jarang mengonsumsi buah tentu saja kebutuhan vitamin dan serat menjadi berkurang. Akibatnya kulit tidak mendapatkan makanan berupa nutrisi dan vitamin secara maksimal. Untuk mengatasinya kamu membutuhkan madu.

Mengapa harus menggunakan bahan alami madu? Karena madu juga memiliki kandungan dan vitamin yang ada pada buah. Sehingga manfaat madu untuk wajah yang cenderung kering sangat besar. Sifat antibakteri pada madu efektif membersihkan kulit wajah. Kandungan humektan dan antioksidannya menaikkan level kelembaban kulit.

Cara melembabkan wajah menggunakan madu lumayan mudah dicoba. Kamu dapat menggunakan dua bahan yaitu yogurt dan madu. Takar madu dan yogurt satu sendok makan. Campurkan kedua bahan hingga menjadi satu dan oleskan ke wajah. Diamkan area wajah sekitar 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Manfaat Madu untuk Wajah Berjerawat

Rasa percaya diri akan menurun jika muncul jerawat di wajah. Jerawat memang dapat muncul kapan saja tanpa adanya prediksi. Kemunculannya ditandai dengan benjolan kecil hingga berukuran sedang. Jenisnya juga bermacam-macam tergantung dari tipe wajah yang ditumbuhi jerawat. Seperti jenis jerawat pasir hingga batu.

Jerawat pasir memiliki ukuran yang cenderung kecil namun dapat menyebar di seluruh permukaan wajah. Sementara jerawat batu berukuran sedang dan biasa muncul di beberapa area wajah. Keduanya sama-sama mengurangi kenyamanan setiap orang. Bengkak akibat jerawat umumnya menimbulkan rasa nyeri dan radang.

Dalam hal ini manfaat madu untuk wajah adalah sebagai antiinflamasi. Kandungan di dalam madu dapat meredakan rasa nyeri dan peradangan akibat jerawat. Sementara antibakterial berperan menghalau bakteri penyebab munculnya jerawat pasir dan batu. Pembengkakan yang diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori akan mulai mengempes.

Madu sebaiknya dimanfaatkan sebagai masker untuk mengatasi jerawat. Buatlah masker dari bubuk kunyit dan madu. Campur kedua bahan hingga menjadi lumer. Balurkan masker madu ke seluruh permukaan wajah yang ditumbuhi jerawat pada malam hari. Kemudian angkat masker menggunakan air bersih di pagi hari.

Manfaat Madu untuk Wajah Bopeng Bekas Jerawat

Rupanya jerawat selalu menyisakan permasalahan lain seperti flek hitam dan bopeng. Meskipun jerawat sudah berhasil disingkirkan namun bekasnya masih mengganggu penampilan. Wajar saja apabila kebanyakan orang masih khawatir meski wajah mereka sudah tidak ditumbuhi jerawat. Bopeng sendiri merupakan bekas parutan jerawat.

Karakteristiknya berbeda dengan flek hitam. Bekas parutan menyisakan area kulit yang berlubang atau menonjol ke dalam. Hal tersebut membuat permukaan kulit menjadi tidak rata. Saat sudah seperti ini para wanita kesusahan memoleskan kosmetik. Karena bedak tidak akan menempel maksimal pada permukaan kulit yang tidak rata.

Solusinya adalah dengan menggunakan olesan madu. Tiga sifat di dalam madu seperti antiinflamasi, antibakteri dan antiseptik bermanfaat menutup luka bekas jerawat. Untuk mendapatkan khasiat tersebut masker madu sebaiknya digunakan secara rutin. Sehingga manfaat madu untuk wajah pada akhirnya membuatmu tampil lebih percaya diri.

Manfaat Madu untuk Wajah dan Juga Kesehatan

Madu Asli
Jual Madu Asli https://shope.ee/9eiMp1uh3g

Sejak zaman dahulu madu memiliki banyak khasiat, termasuk manfaat madu untuk wajah. Madu mengandung banyak nutrisi sangat melimpah dan menjadi makanan yang populer selain keju dan juga roti.

Bahannya berasal dari sumber yang alami yaitu lebah dan saripati tanaman serta bunga menjadikan madu pilihan populer untuk menjaga kesehatan tubuh dan wajah. Tidak hanya itu sebenarnya banyak sekali jenis madu dengan khasiat yang berbeda.

Khasiat yang berbeda tersebut juga memiliki beragam manfaat madu untuk wajah. Mulai dari madu kuning, madu hitam dan madu merah. Selain itu madu memiliki beragam rasa dan dapat dicampur dengan bahan alami lain seperti mint dan bahkan rempah-rempah.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Rambut Rontok Ampuh dengan Cara ini

Beberapa Kandungan yang Terdapat pada Madu

Madu mengandung banyak sekali nutrisi, inilah yang membuat madu menjadi sangat populer di semua lapisan masyarakat termasuk manfaat madu untuk wajah. Berikut adalah kandungan nutrisi yang terkandung pada setiap 100 gram madu.

  1. 0,3 gram Protein
  2. 79,5 gram Karbohidrat
  3. 0,2 gram serat
  4. 5 miligram kalsium
  5. 16 miligram fosfor
  6. 0,9 miligram besi
  7. 6 miligram natrium
  8. 26, 9 miligram kalium
  9. 0,04 miligram tembaga
  10. 0,2 miligram seng
  11. 0,04 miligram Vitamin B2
  12. 0,1 miligram Vitamin B1
  13. 4 miligram Vitamin C

Bagaimana? banyak sekali kandungan yang terdapat dalam madu bukan? Jangan lupa untuk selalu menyediakannya di rumahmu.

Gunakan di Empat Waktu yang Tepat Ini

Kandungan nutrisi yang ada di dalam madu sudah tidak diragukan terutama manfaat madu untuk wajah. Tetapi madu juga memiliki waktu terbaik untuk dikonsumsi atau digunakan sebagai ramuan luar. Sehingga manfaat yang dihasilkan akan lebih terasa.

  1. Sebelum Tidur

Waktu sebelum adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi madu baik mengoleskannya pada kulit wajah atau dengan meminumnya sebelum tidur. Jika kamu mengoleskan madu dan menggunakannya sebagai salah satu cara perawatan maka madu akan memberikan kulitmu banyak sekali nutrisi.

Salah satu manfaat madu untuk wajah jika kamu menggunakan madu pada saat ini adalah untuk melembabkan kulit wajah, membuatnya cerah dan membuatnya lebih rileks. Hal ini bisa menjadi alternatif terapi untuk kulit wajah yang terkena paparan sinar matahari pada siang hari.

Kamu cukup melakukan pengolesan madu secukupnya pada permukaan wajah sesudah wajahmu dibersihkan oleh air, tunggu sekitar 2 hingga 3 menit kemudian bilas dengan bersih. Cukup mudah bukan?

  1. Pagi Hari

Pagi hari merupakan waktu yang terbaik untuk mengonsumsi madu. Baik jika digunakan untuk mencari manfaat madu untuk wajah ataupun untuk menyerap nutrisinya dengan cara diminum.

Bagi kamu yang Mengonsumsi madu saat pagi hari dengan meminumnya akan membuat perut yang kosong menyerap nutrisi dengan baik. Selain itu kandungan gula yang terdapat di dalamnya akan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas.

Berbeda dengan gula yang terkandung dalam nasi ataupun roti, madu mempunyai kandungan gula yang sangat kompleks. Hal ini membuat madu akan dimetabolisme oleh tubuh dengan baik. Apalagi jika kamu menjadikannya sebagai selai roti untuk sarapan pagi tentunya hal tersebut akan semakin lengkap.

Selain dapat dikonsumsi dengan diminum atau dimakan, sari pati lebah ini juga memberikan manfaat madu untuk wajah saat pagi hari. Gunakan serta oleskan madu seperti saat mengoleskan nya pada malam hari.

  1. Sebelum Beraktivitas berat

Sebelum melakukan aktivitas berat, kamu disarankan untuk mengonsumsi madu. Selain memberikan banyak manfaat untuk wajah, madu juga dapat memberikan energi yang cukup untuk dimetabolisme saat melakukan aktivitas.

Misalnya, kamu bisa mengonsumsi madu sebelum melakukan aktivitas olahraga seperti gym, jogging, berenang dan bahkan bersepeda. Jika tidak ingin mengonsumsi makanan berat sebelum berolahraga karena menghindari mual, madu bisa menjadi alternatif pilihan yang sangat tepat.

  1. Saat Sahur jika berpuasa

Waktu yang tepat selanjutnya untuk mengonsumsi madu ialah pada saat sahur di bulan ramadhan. Kamu dapat mengonsumsinya bersamaan dengan kurma jika tidak ingin memakan makanan berat terlebih dahulu.

Dengan mengonsumsi madu selain untuk manfaat madu untuk wajah memberi pada malam hari, madu juga memberikan energi yang cukup hingga menjelang berbuka. Sehingga kamu tidak akan merasakan lemas pada saat sore hari.

10 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Sudah tidak diragukan lagi tentunya madu memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat. Ini adalah sebab kenapa harga madu murni yang tersebar di pasaran cukup mahal. Berbeda dengan madu yang sedikit dicampur oleh bahan-bahan lain.

Setidaknya kamu bisa mendapatkan 10 khasiat ini saat rutin mengonsumsi madu pada waktu-waktu terbaik.

  1. Menjaga dan Merawat Sistem Pencernaan

Selain dapat memberikan manfaat madu untuk wajah, mengonsumsi madu secara rutin juga memberikan kesehatan pada organ pencernaan. Antioksidan yang terdapat dalam madu dapat membantu mencegah kerusakan pada sel-sel pencernaan.

Sifatnya yang lembut dan penuh banyak nutrisi juga akan membantu merawat organ yang dilaluinya sebelum dicerna oleh lambung. Bagi penderita sakit maag atau gerd, madu menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk pengobatan.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Madu memiliki unsur yang dapat mencegah potensi terjadinya kanker. Karena madu bersifat meredam dan mempunyai banyak nutrisi sehingga jika dikonsumsi dengan rutin maka penyakit tersebut dapat dihindari.

Termasuk madu juga menurunkan risiko terjadinya kanker kulit karena memiliki manfaat madu untuk wajah.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Vitamin C dan kandungan lain yang terdapat pada madu dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan pembuluh darah disekitar jantung. Faktor utama serangan jantung adalah salah satunya akibat penyempitan pembuluh darah yang dialami.

Dengan mengonsumsi madu selain memberikan manfaat madu untuk wajah ternyata juga memberikan kesehatan pada jantung.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Kandungan gula yang rendah dan kompleks didalam madu membuat zat ini dapat mengurangi risiko diabetes. Berbeda dengan nasi atau makanan berbahan dasar tepung yang sering kamu konsumsi. Senyawa gula yang kompleks dapat dimetabolisme tubuh dengan baik.

Hal ini yang menyebabkan madu menjadi alternatif bagi penderita diabetes atau orang yang sedang menjaga asupan gula agar selalu sehat.

  1. Mengontrol tekanan darah

Jika kamu mengonsumsi madu secara rutin khasiat yang akan didapatkan salah satunya adalah mengontrol tekanan darah. Kandungan yang terdapat pada madu dapat menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kadarnya agar tetap dalam ambang batas normal.

Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko serangan jantung nomor satu di dunia. Jadi sebaiknya kamu mengonsumsinya secara rutin selain mendapat manfaat madu untuk kulit wajah.

  1. Manfaat madu untuk wajah agar awet muda

Salah satu manfaat sangat populer dari madu yang dapat kamu temui adalah untuk perawatan wajah. Madu dapat melembabkan kulit wajah, memberikan nutrisi, memunculkan efek dingin dan bahkan bisa menurunkan tingkat stress dengan menggunakannya.

BACA JUGA:  Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berminyak Harga Ekonomis

Jika kamu menggunakannya secara rutin maka manfaat madu untuk wajah akan terasa dengan maksimal terutama untuk menjadikan wajahmu nampak awet muda. Tentunya madu juga membantu mengurangi kerutan-kerutan yang terdapat pada kulit wajah.

Jadi daripada menggunakan bahan kimia untuk merawat kulit wajah kamu, lebih baik menggunakan madu alami yang saat ini banyak tersedia di pasaran.

  1. Menyembuhkan luka dan perawatan kulit

Antibakteri yang terkandung dalam madu membuatnya dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dan merawat bekas luka. Sifatnya yang asam membuat bakteri tidak tahan ketika berhadapan dengan madu.

Juga ketika kamu gunakan untuk merawat bekas luka, nutrisi yang terkandung di dalamnya akan menyerap dengan baik dan melembabkan kulit. Jadi jangan ragu untuk menyediakan persediaan madu murni di rumah.

  1. Mengurangi risiko Alzheimer

Madu juga dapat berfungsi sebagai suplemen yang membantu kamu untuk mengurangi risiko terkena alzheimer. Penyakit ini sering terjadi pada usia lanjut, di mana kemampuan untuk mengingat dan berfikir semakin berkurang.

Namun kamu tidak perlu takut dengan penyakit tersebut dimasa depan selama hidup dengan sehat dan ternutrisi dengan baik, salah satunya dengan mengonsumsi madu secara rutin.

  1. Baik untuk penderita sakit maag

Maag adalah penyakit gangguan lambung yang terjadi pada banyak orang tanpa mengenal usia. Orang yang mempunyai penyakit ini seringkali merasakan mual dan merasakan desakan didalam lambung. Hal tersebut diakibatkan oleh meningkatnya cairan lambung.

Mengonsumsi madu selain memberi manfaat madu untuk wajah juga dapat mengurangi gejala penderita maag. Antibiotik yang terkandung di dalamnya akan membantu meredakan asam lambung yang sedang tinggi.

  1. Menambah energi

Khasiat yang tidak kalah menarik selain untuk wajah ialah menambah energi saat beraktivitas. Kamu sebaiknya menyiapkan persediaan madu dalam tas untuk dikonsumsi ketika merasa lelah dan tidak bertenaga.

Kandungan karbohidrat dan gula yang kompleks di dalamnya membuat madu dapat menjadi pengganti energi yang hilang. Selain itu rasa manis yang terasa saat dikonsumsi dapat meningkatkan suasana hati dan memicu penyebaran hormon baik dalam otak.

5 Manfaat Madu untuk Wajah Cerah dan Ternutrisi

Lebih baik dari bahan kimia perawatan wajah ternyata sangat banyak sekali dan tidak banyak orang yang menyadarinya.

  1. Mengangkat sel kulit mati

Madu dapat mengangkat sel kulit mati yang sulit diangkat oleh air. Gunakan madu dengan mengoleskannya pada permukaan wajah dan bilas dengan air hingga bersih. Kotoran dan sel kulit mati akan terangkat bersama dengan air.

  1. Mencerahkan agar tampak glowing

Nutrisi yang terkandung dalam madu akan menyerap ke dalam kulit dan meremajakan sel-sel yang terkandung dibawah permukaannya. Gunakan secara rutin agar kulit menjadi tampak cerah dan bersih.

  1. Mengatasi bibir pecah-pecah

Mengoleskan madu pada permukaan bibir dapat membantu melembabkan area tersebut. Jika kamu mengalami masalah bibir yang kering dan tampak pucat, gunakanlah madu untuk merawatnya dan hindari terlebih dahulu penggunaan pelembab yang tidak alami.

Selain berasal dari bahan alami, madu juga memberikan efek manis ketika digunakan sebagai pelembab bibir yang kering.

  1. Bebas dari jerawat

Jangan lupa madu memiliki kandungan antibakteri, sehingga jika kamu menggunakan nya untuk perawatan wajah setiap malam, bakteri yang ada pada permukaan wajah juga dapat dibersihkan selain kotoran yang melekat.

  1. Kulit halus dan terasa lembut

Manfaat yang terakhir ialah melembutkan kulit. Hal ini tidak hanya berlaku untuk permukaan wajah saja tetapi juga seluruh permukaan kulit yang terasa kasar. Bisa terdapat pada tumit kaki, siku, telapak tangan dan bahkan semua permukaan kulit apalagi jika digunakan agar mendapat manfaat madu untuk wajah.