Cara Bikin Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat adalah surat yang dikeluarkan oleh dokter yang berisi tentang kesehatan fisik dan mental dari seseorang. Surat keterangan sehat biasanya dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti pendaftaran di sekolah, masuk kerja, atau untuk melamar pekerjaan. Jika Anda membutuhkan surat keterangan sehat, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara yang mudah.

Panduan Membuat Surat Keterangan Sehat

Berikut adalah langkah-langkah mudah yang harus Anda lakukan untuk membuat surat keterangan sehat:

1. Kunjungi Dokter Terdekat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari dokter terdekat yang bisa mengeluarkan surat keterangan sehat. Anda bisa mencari informasi tentang dokter terdekat dengan mengunjungi website resmi klinik atau rumah sakit. Setelah itu, Anda bisa menghubungi dokter tersebut untuk membuat janji konsultasi.

2. Lengkapi Persyaratan

Di klinik atau rumah sakit, Anda akan diminta untuk mengisi formulir konsultasi dan mengumpulkan berkas-berkas lain yang diperlukan. Formulir konsultasi tersebut berisi pertanyaan tentang kesehatan Anda. Anda juga harus mengumpulkan berkas-berkas lain seperti foto copy KTP, foto copy kartu keluarga, dan lain-lain. Pihak klinik atau rumah sakit akan menyimpannya sebagai data dasar untuk pemeriksaan dokter.

3. Periksa Kesehatan Anda

Setelah Anda mengumpulkan semua berkas yang diperlukan, Anda akan diminta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mental untuk mengetahui apakah Anda sehat atau tidak. Pemeriksaan ini biasanya meliputi pengukuran tekanan darah, pengukuran berat badan, pemeriksaan jantung, dan lain-lain. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Anda sehat, dokter akan memberikan surat keterangan sehat.

4. Ambil Surat Keterangan Sehat

Setelah pemeriksaan selesai, dokter akan memberikan surat keterangan sehat. Surat keterangan sehat ini harus Anda simpan dengan baik karena mungkin akan dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Anda juga bisa mengambil salinan dari surat keterangan sehat tersebut di klinik atau rumah sakit.

Kesimpulan

Membuat surat keterangan sehat tidaklah sulit. Anda hanya perlu mencari dokter terdekat dan memenuhi persyaratan yang diajukan. Setelah itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan dan mengambil surat keterangan sehat jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Anda sehat. Dengan demikian, Anda sudah siap untuk menggunakan surat keterangan sehat tersebut untuk berbagai keperluan.

BACA JUGA:  Cara Mematikan Internet Sehat