Cara Daftar Nusantara Sehat

Nusantara Sehat adalah sebuah program yang diciptakan oleh Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan yang berkualitas, memperkuat sistem kesehatan, serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, daftar Nusantara Sehat sangat penting untuk dilakukan.

Untuk bisa menikmati manfaat dari program Nusantara Sehat, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara daftar Nusantara Sehat yang dapat Anda ikuti:

1. Kunjungi Website Nusantara Sehat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi website resmi Nusantara Sehat. Website ini dapat Anda akses melalui alamat web nusantarasehat.kemkes.go.id. Di sini, Anda akan menemukan informasi mengenai program Nusantara Sehat, panduan daftar, serta link menuju halaman daftar.

2. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah mengunjungi website Nusantara Sehat, Anda akan diarahkan menuju halaman formulir pendaftaran. Di sini, Anda perlu mengisi formulir pendaftaran dengan data diri Anda. Data yang perlu Anda isi meliputi nama lengkap, tempat, tanggal lahir, alamat, nomor KTP, nomor telepon, serta email.

3. Unggah Dokumen Pendukung

Selain mengisi formulir pendaftaran, Anda juga perlu mengunggah dokumen pendukung. Dokumen pendukung yang perlu Anda unggah meliputi foto KTP, foto diri, foto kartu keluarga, serta foto kartu BPJS. Anda juga perlu mengunggah bukti pembayaran yang telah Anda lakukan. Semua dokumen ini harus dalam bentuk file digital.

4. Tunggu Hasil Verifikasi

Setelah Anda mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen pendukung, Anda perlu menunggu hasil verifikasi. Hasil verifikasi ini akan dikirimkan ke alamat email Anda. Jika Anda lolos verifikasi, maka Anda akan menerima konfirmasi pendaftaran dan link aktivasi. Jika Anda tidak lolos verifikasi, maka Anda akan menerima notifikasi pemberitahuan.

5. Aktivasi Akun

Setelah Anda menerima konfirmasi pendaftaran, Anda perlu melakukan aktivasi akun. Untuk melakukan aktivasi, Anda hanya perlu mengklik link aktivasi yang dikirimkan ke alamat email Anda. Setelah mengklik link aktivasi, Anda akan diminta untuk membuat password akun Nusantara Sehat. Setelah membuat password, Anda akan langsung bisa mengakses akun Nusantara Sehat Anda.

6. Gunakan Fitur Nusantara Sehat

Setelah Anda berhasil melakukan aktivasi akun, Anda bisa langsung menggunakan fitur Nusantara Sehat. Fitur yang dapat Anda gunakan meliputi: pemesanan layanan kesehatan, pencarian rumah sakit terdekat, serta informasi tentang program Nusantara Sehat. Anda juga bisa melakukan cek kesehatan dan mendapatkan saran dari dokter melalui aplikasi Nusantara Sehat.

BACA JUGA:  Cara Diet Sehat Sederhana untuk Tubuh Sehat

Kesimpulan

Demikianlah cara daftar Nusantara Sehat yang dapat Anda ikuti. Dengan mendaftar Nusantara Sehat, Anda bisa menikmati berbagai manfaat yang disediakan oleh program ini. Mulai dari pemesanan layanan kesehatan, pencarian rumah sakit terdekat, sampai informasi tentang program Nusantara Sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.