Cara Memilih Jajanan yang Sehat

Bagi para orangtua, menjaga kesehatan anak terutama dari asupan makanan adalah hal penting. Terkadang, anak-anak pergi keluar rumah dengan maksud untuk membeli jajanan. Lalu, bagaimana cara memilih jajanan yang sehat?

Ketahui Kandungan Gizi

Hal pertama yang harus diketahui dalam memilih jajanan yang sehat adalah kandungan gizinya. Anak-anak membutuhkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Jajanan yang kaya akan protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral sangat bagus untuk anak. Kandungan gizi tersebut dapat diketahui dengan membaca label makanan yang terdapat pada kemasan jajanan.

Pilih Jajanan dengan Rasa yang Sehat

Kemudian, pilihlah jajanan yang memiliki rasa yang sehat. Jajanan yang mengandung bumbu atau pemanis berlebihan yang tidak sehat bagi anak. Jajanan yang lebih disarankan adalah jajanan yang mengandung bumbu alami yang dapat dicerna oleh tubuh. Sebagai contoh, jajanan yang berbahan dasar dari oatmeal akan lebih bermanfaat untuk anak.

Pilih Jajanan Berbahan Alami

Selain itu, pilihlah jajanan yang berbahan dasar alami. Jajanan yang berbahan dasar alami akan lebih sehat karena kandungan gizinya masih utuh. Jajanan makanan siap saji yang diolah dengan cara yang berlebihan sebaiknya dihindari. Sebaiknya, jajanan yang dipilih adalah jajanan yang dibuat dari bahan alami yang diproses dengan cara sederhana.

Kurangi Konsumsi Jajanan Selai

Selain itu, kurangi konsumsi jajanan selai. Jajanan selai yang berbahan dasar tepung terigu dan gula terlalu berlebihan bagi anak. Sebab, kandungan gula terlalu tinggi akan membuat anak merasa lebih cepat lapar. Jajanan selai juga dapat menyebabkan anak mengalami obesitas jika dikonsumsi berlebihan.

Pilih Jajanan yang Berlabel Halal

Untuk para orangtua yang beragama Islam, penting untuk memilih jajanan yang berlabel halal. Jajanan yang berlabel halal biasanya sudah lolos uji dari Lembaga Pengawas Makanan dan Obat-obatan (LPMO). Jajanan yang berlabel halal juga tidak mengandung bahan yang haram untuk dikonsumsi.

Hindari Jajanan yang Berbahan Olahan

Selain itu, hindarilah jajanan yang berbahan bahan olahan. Jajanan yang berbahan olahan sebaiknya dihindari karena kandungan gizinya sudah menurun. Jajanan yang berbahan olahan juga dapat mengandung bahan bahan kimia berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Memilih Jajanan yang Berkemasan Rapi

Terakhir, pilihlah jajanan yang berkemasan rapi. Jajanan yang berkemasan rapi akan menjamin kualitas makanan lebih terjaga. Jajanan yang berkemasan rapi juga tidak mudah tercemar oleh bakteri. Pemilihan jajanan yang berkemasan rapi akan lebih menjamin keamanan makanan yang akan dikonsumsi.

BACA JUGA:  Cara Ingin Gemuk Sehat

Kesimpulan

Memilih jajanan yang sehat bagi anak harus dilakukan dengan cermat. Para orangtua harus memilih jajanan yang kaya akan gizi, berbahan alami, dan berlabel halal. Selain itu, jajanan yang dipilih harus memiliki kemasan rapi untuk menjamin kualitas makanan. Dengan melakukan hal tersebut, para orangtua dapat memberikan jajanan yang sehat untuk anaknya.