Cara Mengolah Santan yang Sehat

Santan merupakan bahan dasar yang umum digunakan untuk membuat berbagai macam masakan di Indonesia. Namun, dalam membuat santan, terkadang kita lupa untuk mengolahnya dengan cara yang lebih sehat. Padahal, kita perlu mengolah santan yang sehat agar masakan yang dihasilkan juga sehat. Berikut adalah cara mengolah santan yang sehat.

Pilih Bahan Santan yang Sehat

Cara pertama dan paling penting untuk mengolah santan yang sehat adalah dengan memilih bahan santan yang sehat. Jangan hanya memilih santan berdasarkan harga murah, melainkan juga berdasarkan kualitas. Carilah santan yang bebas pengawet dan berasal dari sumber yang bisa dipercaya. Jika memungkinkan, carilah santan yang berasal dari bahan-bahan alami seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

Bersihkan Santan dengan Baik

Setelah Anda memilih bahan santan yang sehat, langkah selanjutnya adalah mencuci santan dengan baik. Hal ini penting dilakukan agar santan yang akan digunakan lebih bersih dan bebas bakteri. Dengan cara mencuci santan, Anda juga bisa menghilangkan bau tak sedap yang ada pada santan. Cara mencuci santan cukup mudah, Anda cukup merendam santan dalam air bersih selama kurang lebih 10 menit.

Rendam Santan dengan Air Hangat

Selanjutnya, Anda perlu merendam santan dengan air hangat. Cara ini bertujuan untuk memastikan bahwa santan yang akan Anda gunakan tidak mengandung bakteri berbahaya. Cara ini juga bisa mengurangi tingkat asam yang ada pada santan. Anda bisa merendam santan dengan air hangat selama 15-30 menit atau sesuai dengan petunjuk dari pengelolah santan.

Tambahkan Bahan Penyedap

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan penyedap ke dalam santan. Beberapa contoh bahan penyedap yang bisa Anda gunakan yaitu garam, gula, jahe, jahe bubuk, dan daun pandan. Bahan-bahan ini akan memberi rasa yang lebih enak pada santan yang Anda olah. Anda juga bisa menambahkan bahan penyedap lainnya sesuai dengan selera.

Blender Santan

Setelah semua bahan telah siap, Anda bisa menggunakan blender untuk mengolah santan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua bahan yang telah Anda campurkan menjadi lebih halus. Proses ini juga akan membuat santan menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Blender santan selama kurang lebih 10-20 detik dan pastikan bahwa santan yang dihasilkan benar-benar halus.

Panaskan Santan

Setelah itu, Anda juga perlu mengolah santan dengan cara dipanaskan. Cara ini bertujuan untuk memastikan bahwa santan yang akan Anda gunakan benar-benar bebas dari bakteri. Anda bisa memanaskan santan hingga mendidih dan pastikan bahwa santan yang dihasilkan benar-benar matang. Jika santan sudah matang, Anda bisa menggunakannya untuk membuat berbagai macam masakan yang lezat.

BACA JUGA:  Hidup Sehat, Hidup Happy

Simpan Santan dengan baik

Setelah santan telah diproses, Anda juga harus memastikan bahwa santan disimpan dengan baik. Santan yang telah diproses harus disimpan di dalam wadah tertutup dan disimpan di tempat yang kering. Hal ini penting dilakukan agar santan yang diproses tidak rusak atau busuk. Selain itu, Anda juga harus segera menggunakan santan yang telah diproses agar tidak terkena bakteri.

Kesimpulan

Mengolah santan dengan cara yang sehat sangat penting untuk memastikan bahwa masakan yang dihasilkan juga sehat. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, Anda bisa mengolah santan yang sehat dan bisa dipastikan tidak mengandung bakteri berbahaya. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa santan yang telah diproses disimpan dengan baik agar tidak rusak dan busuk.