Cara Sehat Makan Mie Instan

Mie instan adalah makanan yang dianggap sebagai salah satu makanan paling mudah ditemukan dan yang paling mudah dimasak. Sebagian besar orang sudah tahu bahwa mie instan tidak sehat, tetapi masih banyak yang melihatnya sebagai makanan yang enak dan praktis. Padahal, mie instan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Oleh karena itu, berikut adalah cara sehat makan mie instan.

1. Sediakan Sayuran

Satu cara untuk makan mie instan dengan lebih sehat adalah dengan menambahkan sayuran. Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kubis, atau sawi. Sayuran ini bisa dimasak bersama mie instan, atau dicampur dengan bumbu yang ada. Dengan cara ini, mie instan Anda akan lebih sehat, karena kandungan nutrisinya akan bertambah. Anda juga bisa menambahkan telur, ayam, atau ikan sebagai sumber protein.

2. Hindari Bumbu Berlebihan

Mie instan biasanya sudah dilengkapi dengan bumbu, tetapi bumbu yang ada bukanlah bumbu sehat. Sebagian besar bumbu yang disertakan dalam mie instan berisi banyak garam, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, Anda harus membatasi penggunaan bumbu mie instan. Anda juga sebaiknya tidak menambahkan keju dan mayonaise untuk mengolah mie instan Anda.

3. Pilih Mie Instan Rendah Natrium

Jika Anda mengonsumsi mie instan secara teratur, Anda harus memilih mie instan yang rendah natrium. Mie instan rendah natrium tersedia di toko-toko dan minimarket. Pilihlah mie instan yang rendah natrium dan jangan lupa membaca label makanan untuk memastikan bahwa mie instan tersebut benar-benar rendah natrium. Anda juga bisa membuat mie instan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sehat yang Anda sukai.

4. Sediakan Minyak Sayur

Jika Anda ingin memasak mie instan dengan minyak, Anda sebaiknya menggunakan minyak sayur. Minyak sayur seperti minyak zaitun, minyak canola, dan minyak kelapa sawit rendah lemak jenuh dan kaya akan kandungan lemak tak jenuh ganda. Minyak sayur ini dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Konsumsi Mie Instan Secara Terbatas

Meskipun mie instan dapat dimasak dengan cara sehat, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya terlalu sering. Hal ini karena mie instan masih berisiko menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Jika Anda ingin makan mie instan, Anda sebaiknya hanya mengonsumsinya secara terbatas, sekali sebulan atau sekali dalam dua minggu saja.

6. Sediakan Sumber Protein Lain

Mie instan biasanya mengandung sedikit protein, jadi pastikan untuk menambahkan sumber protein lain. Anda bisa menambahkan telur, ayam, ikan, atau tahu. Protein yang ada dalam makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak akan tergoda untuk makan mie instan terlalu banyak.

7. Hindari Penggunaan MSG

MSG (monosodium glutamate) adalah jenis bumbu yang sering ditambahkan ke makanan untuk memberi rasa lebih enak. Namun, terdapat beberapa efek samping yang dapat disebabkan oleh penggunaan MSG, seperti sakit kepala, mual, pusing, dan jantung berdebar. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan MSG saat memasak mie instan.

BACA JUGA:  Cara Membuat Puding Sehat

8. Tambahkan Bumbu Segar

Anda juga bisa mengganti bumbu mie instan dengan bumbu segar. Anda bisa menggunakan berbagai macam bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan lain sebagainya. Bumbu-bumbu ini akan memberi rasa dan aroma yang lebih enak dan segar, serta menambah kandungan nutrisi mie instan Anda.

9. Gunakan Bumbu Sehat

Satu cara lagi untuk makan mie instan dengan lebih sehat adalah dengan menggunakan bumbu sehat. Anda bisa menggunakan bumbu seperti lada, garam merica, dan rempah-rempah lainnya. Bumbu-bumbu ini akan memberi rasa yang lebih enak tanpa menambah kadar garam. Anda juga bisa menambahkan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan lain sebagainya untuk memberi rasa yang lebih enak.

10. Konsumsi Mie Instan Dengan Seimbang

Meskipun mie instan dapat dimasak dengan cara sehat, Anda masih harus mengonsumsinya dengan seimbang. Anda harus memastikan bahwa mie instan tidak menjadi sumber utama makanan Anda. Sebaiknya, kombinasikan mie instan dengan makanan sehat lainnya seperti sayuran, buah-buahan, dan sumber protein. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan nutrisi yang Anda dapatkan dan mencegah masalah kesehatan yang disebabkan oleh mie instan.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa cara sehat makan mie instan. Meskipun mie instan bukanlah makanan yang sehat, Anda masih dapat memasaknya dengan cara sehat. Ingatlah untuk memilih mie instan rendah natrium, menambahkan sayuran, dan menggunakan bumbu sehat. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi mie instan secara terbatas dan seimbang dengan makanan sehat lainnya.