Cara Sex Sehat

Sex adalah hal yang alami dan menyenangkan. Ia dapat menjadi cara yang baik untuk mengekspresikan emosi dan cinta, dan juga merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, agar anda dapat menikmati sex dengan aman dan sehat, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Berikut adalah beberapa tips untuk cara sex sehat.

1. Lihatlah Dokter Anda

Pertama-tama, penting bagi anda untuk berbicara dengan dokter anda tentang seks. Mereka dapat memberi anda saran tentang kondisi kesehatan yang bisa mempengaruhi cara anda melakukan seks, atau memberi tahu anda tentang berbagai metode kontrasepsi yang tersedia. Jika anda memutuskan untuk menggunakan kondom, pastikan anda memilih yang sesuai dengan ukuran penis anda. Jika anda memiliki masalah seksual seperti kurangnya gairah seksual, ereksi yang lemah, atau masalah dengan orgasme, pastikan anda berbicara dengan dokter anda.

2. Gunakan Kondom

Gunakan kondom setiap kali anda berhubungan seks. Kondom dapat melindungi anda dari penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, dan juga dapat membantu mencegah kehamilan. Pastikan anda membaca petunjuk penggunaan kondom dengan hati-hati sebelum anda menggunakannya, dan juga pastikan untuk membeli kondom yang dibuat dengan bahan berkualitas tinggi.

3. Jangan Gunakan Alkohol atau Narkoba

Minum alkohol atau menggunakan narkoba sebelum berhubungan seks dapat mengurangi kontrol yang anda miliki dan membuat anda mengambil risiko yang tidak perlu. Ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan. Jangan gunakan narkoba atau alkohol sebelum melakukan seks, dan pastikan untuk berbicara dengan dokter jika anda menggunakan obat-obatan terlarang.

4. Memahami Partner Anda

Anda harus memahami hak dan kebutuhan pasangan anda sebelum melakukan seks. Ini termasuk hak untuk menolak seks jika pasangan anda merasa tidak nyaman. Jangan paksa atau tekan pasangan anda untuk melakukan sesuatu yang mereka tidak ingin lakukan, dan jangan berbicara atau bertindak dengan cara yang dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Pastikan untuk berkomunikasi dengan pasangan anda, dan pastikan bahwa kedua belah pihak merasa nyaman dan aman.

5. Gunakan Metode Kontrasepsi yang Tepat

Jika anda tidak ingin hamil, pastikan anda menggunakan metode kontrasepsi yang tepat. Pilihan yang tersedia meliputi pil kontrasepsi, suntik, sistem intrauterin (IUD), dan kondom. Pastikan untuk berbicara dengan dokter anda tentang kontrasepsi yang paling tepat untuk anda. Jika anda memutuskan untuk menggunakan kondom, pastikan untuk membeli yang tepat untuk ukuran penis anda.

6. Bersihkan Diri Sebelum dan Sesudah Berhubungan Seks

Sebelum dan sesudah berhubungan seks, pastikan untuk selalu bersihkan area genital anda dengan air dan sabun. Ini akan membantu mencegah penyebaran bakteri dan infeksi ke area genital anda. Jika anda memiliki masalah dengan bau tidak sedap dari area genital anda, pastikan untuk berbicara dengan dokter anda.

BACA JUGA:  Cara Hidup Sehat dengan Menggunakan Power Point

7. Berbicara Tentang Keamanan

Pastikan untuk berbicara dengan pasangan anda tentang keamanan sebelum berhubungan seks. Pastikan anda mengetahui status kelamin mereka dan pastikan bahwa mereka telah menggunakan metode kontrasepsi yang tepat. Jika anda memutuskan untuk menggunakan kondom, pastikan untuk menggunakan yang tepat untuk ukuran penis anda.

8. Beristirahat Cukup

Pastikan untuk mendapatkan cukup istirahat sebelum dan sesudah melakukan seks. Istirahat yang cukup akan membantu mempertahankan kesehatan anda secara keseluruhan dan juga membantu mencegah keletihan selama berhubungan seks. Jika anda mengalami keletihan atau kurang tidur, pastikan untuk berbicara dengan dokter anda.

9. Gunakan Pelumas

Pelumas dapat membantu mencegah gesekan yang tidak perlu dan juga dapat membantu anda menikmati seks lebih lama. Pastikan untuk membeli pelumas berbasis air, karena pelumas berbasis minyak dapat merusak kondom. Jika anda menggunakan kondom, pastikan untuk membeli pelumas yang sesuai dengan jenis kondom yang anda gunakan.

10. Berbicara dengan Dokter Anda Jika Anda Merasa Tidak Nyaman

Jika anda merasa sakit atau tidak nyaman setelah berhubungan seks, pastikan untuk berbicara dengan dokter anda. Mereka akan dapat memberi anda saran tentang apa yang harus anda lakukan untuk membantu mencegah masalah kesehatan. Juga, pastikan untuk berbicara dengan dokter jika anda memiliki masalah seksual yang berhubungan dengan kurangnya gairah seksual, orgasme, atau kesulitan ereksi.

Kesimpulan

Sex adalah hal yang alami dan menyenangkan, namun penting bagi anda untuk melakukannya dengan aman dan sehat. Hal-hal seperti konsultasi dengan dokter, gunakan kondom, jangan minum alkohol atau menggunakan narkoba, gunakan metode kontrasepsi yang tepat, dan berbicara dengan dokter jika anda merasa tidak nyaman, semua akan membantu anda melakukan seks dengan aman dan