manfaat masker kopi

Sederet Manfaat Masker Kopi yang Membuat Kulitmu Halus 

Manfaat masker kopi memang sudah dirasakan banyak orang. Kopi biasanya digunakan sebagai bahan utama minuman. Ciri khas rasanya yang pahit membuat kopi memiliki cita rasa tersendiri. Selain rasa pahitnya biji kopi yang telah diolah pada umumnya berwarna hitam. Sehingga hal ini memengaruhi warna maskernya.

Kopi yang dijadikan sebagai masker biasanya harus dihaluskan terlebih dahulu. Sehingga mudah diaplikasikan di seluruh wajah. Beberapa orang barangkali masih bingung dengan hasil penggunaan masker yang terbuat dari biji kopi. Hal ini lantaran warna bubuk kopi yang berwarna hitam pekat.

Apakah warna tersebut tidak memengaruhi tone kulit? Memang saat diaplikasikan warnanya akan menempel ke wajah. Namun jangan khawatir karena wajah kamu justru tidak berubah menjadi gelap. Setelah membersihkan masker kulit wajah akan lebih memesona. Berikut adalah manfaat yang akan kamu dapatkan dari masker bubuk kopi.

Manfaat Masker Kopi Alami untuk Wajah

Masker Kopi Alami
Jual Masker Kopi Alami https://shope.ee/5KZNfzRUIK

Salah satu khasiat dari masker yang terbuat dari bubuk kopi adalah mengurangi lingkar hitam di area mata. Masker alami ini efektif mengurangi kantung mata bagi mereka yang kurang tidur. Kantung mata pada umumnya muncul lantaran pembuluh kapiler yang mulai menyempit.

Dalam hal ini kafein pada kopi berperan memperlebar pembuluh kapiler. Sehingga area kantung mata yang menghitam dapat berkurang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lingkaran hitam yang ada di bawah mata muncul karena adanya penumpukan pembuluh darah lapisan kulit. Kondisi tersebut menyebabkan cairan bawah mata bengkak.

Riset menunjukkan kafein pada kopi efektif mengurangi potensi penumpukan cairan yang berpusat di bawah mata. Selain itu manfaat masker kopi untuk menghaluskan kulit wajah. Rutin menggunakan masker alami tersebut mampu memberikan hidrasi pada kulit. Manfaat tersebut didukung dengan temuan jurnal internasional di bidang dermatologi.

Masker dari bubuk kopi dan garam efektif menutrisi kulit. Sehingga kulit tidak terasa kering dan kaku. Garam yang digunakan sebagai tambahan masker berasal dari laut mati. Perpaduan keduanya mampu mencegah kulit kekurangan cairan dan nutrisi. Pada akhir pemakaian masker dapat memberikan efek halus dan glowing.

Cara Membuat Masker Kopi dan Garam

Untuk mendapatkan manfaat masker kopi caranya sangat mudah. Bahkan semua orang dapat membuatnya di rumah. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat masker sudah tersedia di dapur. Sehingga tidak perlu repot-repot membeli bahan-bahan lain. Yuk melihat bahan-bahannya di dapur.

Bahan yang dibutuhkan seperti kopi bubuk, madu, garam laut dan lemon. Gunakan takaran setengah cangkir untuk bubuk kopi. Sementara itu madu yang dibutuhkan sekitar seperempat cangkir. Sea salt atau garam laut yang perlu disediakan sebanyak dua sendok. Tambahkan persediaan bahan air perasan setengah lemon.

Manfaat masker kopi lebih maksimal dengan perpaduan garam laut. Langkah-langkah untuk membuatnya sangat sederhana tanpa harus menunggu waktu lama. Pertama bersihkan wajah menggunakan sabun khusus. Kemudian campurkan semua bahan-bahan di atas hingga teksturnya menjadi seperti masker. Kemudian oles masker ke area wajah.

BACA JUGA:  Rekomendasi Bedak Tabur untuk Kulit Berminyak

Selain area wajah kamu dapat mengoleskan masker tersebut ke area leher. Sebaiknya gunakan kuas agar hasil masker lebih rata. Tunggu hingga masker terasa kering di wajah. Kemudian bilas wajah menggunakan air hangat agar sel kulit mati terangkat secara maksimal. Terakhir keringkan wajah menggunakan handuk halus.

Tips Menggunakan Masker Alami dari Kopi

Memang manfaat masker kopi tidak langsung bisa dirasakan saat pertama kali menggunakannya. Namun efek halus dari masker tersebut dapat terasa pada awal pemakaian. Lantas bagaimana dengan efek cerah yang diharapkan dari pemakaian masker tersebut? Untuk mendapatkan hasil maksimal dibutuhkan konsistensi tinggi.

Perawatan menggunakan masker yang terbuat dari bubuk kopi perlu dilakukan secara teratur. Misalnya merawat kulit wajah selama dua kali dalam satu minggu. Perawatan tersebut juga harus ditunjang dengan gaya hidup yang sehat. Selain itu langkah merawat wajah dengan menggunakan masker bubuk kopi harus tepat.

Jika memadukan bahan lain sebaiknya perhatikan efek sampingnya. Misalnya pada saat kamu memadukannya dengan garam. Tekstur garam laut lebih kasar sehingga kurang cocok diaplikasikan ke wajah yang sedang iritasi. Sebaiknya tunggulah sampai kulit sembuh dari iritasi agar bisa mendapatkan manfaat masker kopi di atas.