obat sakit gigi anak

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Ampuh  

Menentukan obat sakit gigi anak menjadi hal yang teramat penting bagi orang tua. Mengingat buah hati akan sedikit lebih rewel saat mengalami sakit tersebut, jadi kamu harus pintar-pintar dalam memilih obat apa yang paling tepat untuk diberikan kepada si kecil. Selain rewel, ketika sakit anak juga akan lebih enggan untuk makan.

Permasalahan dental pada anak biasanya terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi gula atau bahkan kurang menjaga kesehatan gigi serta mulut. Sebagai orang tua, kamu sebaiknya dapat mengajak anak untuk menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan rutin menggosoknya minimal 2 kali sehari.

Tetapi kalau sudah terlanjur sakit gigi mau tidak mau harus segera diobati. Saat berada di kondisi tersebut biasanya anak merasa demam, terjadi peradangan, gusi membengkak, dan sebagainya. Wajar saja jika anak merasa tidak nyaman, alhasil jadi rewel. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi yang aman saat buah hati sakit gigi.

Mengobati dengan Menggunakan Suatu Paracetamol

Paracetamol dapat dijadikan obat sakit gigi anak yang manjur namun juga aman. Nama ini sudah sangat populer dan familiar bagi mayoritas atau bahkan semua kalangan masyarakat. Paracetamol adalah jenis untuk meredakan rasa nyeri saat pusing kepala, gusi membengkak, hingga sakit gigi.

Obat ini juga membantu menurunkan panas saat sedang dalam kondisi demam atau meriang. Kalau si kecil mengeluhkan kesakitan pada bagian giginya, kamu bisa memilih ibuprofen sebagai obatnya. Namun sebelum memberikan ibuprofen pada anak, kamu harus membaca serta menerapkan aturan dosis sesuai yang dianjurkan.

Pemberian paracetamol sudah bisa dilakukan pada bayi dengan umur minimal 2 bulan. Tentunya dosis obat juga harus berbeda antara anak usia 2 bulanan dengan yang beberapa tahun di atasnya. Supaya lebih aman, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter mengenai penentuan dosis untuk si kecil tersayang.

Mengobati dengan Ibuprofen untuk Meredakan Nyeri

Ibuprofen termasuk ampuh serta aman sebagai obat sakit gigi anak. Ibuprofen memiliki kemiripan dengan paracetamol karena berlaku juga sebagai obat anti nyeri. Ibuprofen sangat baik untuk menangani gejala sakit kepala, gusi membengkak, hingga sakit pada si kecil. Cara kerja ibuprofen adalah dengan mencegah produksi senyawa yang dapat menyebabkan timbulnya peradangan.

Pemberian ibuprofen hanya boleh dilakukan kalau bayi sudah memasuki umur minimal 3 bulan. Sedangkan berat badannya setidaknya sudah mencapai 5 kg. Meskipun memiliki kemiripan dengan paracetamol, tetapi ibuprofen efeknya lebih kuat dibandingkan obat sebelumnya. Untuk itu kamu wajib memastikan dosisnya sudah sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa efek samping dari obat ini. Beberapa diantaranya misalnya sakit perut, mual, pusing kepala, bahkan hingga sembelit dan diare. Agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal, alangkah lebih baiknya kamu menemui dokter dan bertanya jika masih ragu-ragu.

Ajak Anak Berkumur Air Garam

Obat sakit gigi anak lainnya yaitu bisa dengan memanfaatkan air garam. Ada kalanya kamu sulit membujuk si kecil untuk meminum obat. Tidak perlu panik atau marah kepada buah hati jika memang ia tidak mau meminum obat. Kamu masih mempunyai pilihan yaitu memanfaatkan air garam untuk dijadikan cairan kumur.

BACA JUGA:  Beberapa Penyebab Asam Lambung Naik Pada Tubuh Seseorang

Siapkan larutan garam dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan air hangat. Kemudian larutkan garam sampai benar-benar larut. Lalu mintalah buah hati kamu untuk berkumur menggunakan air garam. Larutan tersebut adalah obat alami yang dapat mengatasi nyeri pada bagian gusi serta gigi.

Tanamkan Kebiasaan Sikat Gigi pada Anak

Kebiasanya menggosok gigi secara teratur sangat baik karena bisa menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Dengan begitu, kamu tidak harus mencari-cari obat sakit gigi anak. Sakit yang dialami si kecil bisa jadi akibat adanya sisa-sisa makanan di sela gigi. Apabila sisa-sisa makanan tidak dibersihkan maka bisa menjadi penyakit.

Kamu bisa mulai menanamkan kebiasaan ini dengan cara mengajaknya menggosok bersama-sama. Lakukan sehari sebanyak dua kali, yaitu setiap pagi dan malam hari. Supaya tidak melukai gusi, pilihlah sikat yang halus dan lembut bulunya. Ajarkan juga cara sikat gigi secara benar agar tidak melukai gusi.

Semua orang memang bisa mengalami sakit gigi, tidak terkecuali anak-anak. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis obat atau cara di atas untuk mengatasi kondisi tersebut. Namun apabila obat sakit gigi anak tidak memberikan hasil optimal, sebaiknya langsung konsultasikan kepada dokter.