Obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami

Obat Batuk Pilek untuk Bayi 0-6 Bulan Secara Alami

Mengetahui informasi seputar obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami memang sangat penting terutama bagi para orang tua yang baru saja dikaruniai buah hati mungil. Batuk dan pilek adalah gejala umum yang dapat dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali pada anak di bawah usia 6 bulan.

Apalagi saat memasuki musim hujan, banyak orang memiliki risiko lebih tinggi terkena gejala tersebut. Bayi termasuk golongan mudah tertular virus oleh karena itu orang tua harus mengetahui bagaimana agar buah hati tidak terkena batuk dan pilek. Penyebab kedua gejala tersebut bisa bermacam-macam baik faktor internal seperti alergi atau eksternal.

Faktor eksternal misalnya si kecil menghirup udara dimana virus flu telah mencemarinya ataupun udara berdebu. Di samping itu, sentuhan secara langsung antara bayi dan orang dewasa dengan virus itu juga berpotensi menularkan virus. Namun tidak perlu panik, sebelum memeriksakan ke rumah sakit kamu bisa menerapkan langkah ini jika buah hati terkena batuk pilek.

Memberikan ASI dengan Cara Eksklusif

ASI eksklusif adalah salah satu obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami paling ampuh. ASI atau Air Susu Ibu adalah sumber makanan bagi anak usia di bawah 6 bulan dengan sejuta manfaat. Salah satu kandungan penting dalam ASI yaitu antibodi.

Zat antobodi dalam ASI terbukti mampu melawan virus serta bakteri. Virus dan bakteri tersebut diantaranya bisa mengakibatkan bayi sakit batuk maupun pilek. Apabila buah hati selalu mendapatkan ASI secara eksklusif dan rutin, ia akan memiliki tubuh lebih sehat serta tidak mudah terkontaminasi atau tertular batuk maupun pilek.

Antibodi pada ASI juga mampu meningkatkan kekebalan tubuhnya. Dengan begitu, malaikat kecil kamu tidak mudah terserang berbagai penyakit lain, bukan hanya batuk dan pilek. Memberikan ASI yang cukup juga dapat memenuhi kebutuhan asupan pada bayi. Sehingga ia bisa lebih cepat sembuh dari penyakit tersebut dengan alami.

Memanfaatkan yang ada dari Uap Air

Obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami berikutnya adalah uap air. Uap air diperoleh dari penguapan air bersuhu tinggi. Pemanfaatan uap air untuk mengobati batuk pilek pada anak di bawah 6 bulan bisa menggunakan alat khusus maupun tanpa alat khusus. Jika ingin menggunakan alat, kamu bisa membelinya di apotek.

Bisa juga tanpa menggunakan peralatan khusus, yaitu dengan memberikan uap air pada ruangan bayi. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu merebus air sampai mendidih, kemudian angkat. Rebusan air itu pastinya akan menghasilkan uap air. Bawa ke ruangan bayimu sehingga uap air akan memenuhi ruangan tersebut.

Cara ini akan membuat bayi menghirup uap air sehingga membantu melancarkan pernapasannya. Dengan begitu buah hati kamu bisa bernapas dengan lega dan lebih nyaman. Uap air juga berdampak baik pada bayi yang terserang flu karena lendir bisa berkurang.

Pasta yang Berasal dari Parutan Kunyit

Herbal Tepung Kunyit
Jual Herbal Tepung Kunyit Khusus Untuk Pengobatan https://shope.ee/20J21zmifp

Obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami selanjutnya bisa kamu buat dari tanaman herbal kunyit. Bahan alami berwarna kuning ini sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya sebagai bahan penambah kelezatan masakan, kunyit ternyata dapat juga dijadikan sebagai bahan alternatif alami untuk mengatasi bayi yang batuk serta pilek.

BACA JUGA:  Muncul Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal? ini Penyebabnya

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kunyit lalu kupas dan cuci bersih. Berikutnya parut kunyit tersebut secukupnya, setelah itu tambahkan sedikit air. Aduk campuran kunyit dan air hingga menjadi pasta. Hasilnya lalu dioleskan ke tubuh bayi terutama bagian dada juga dahi. Cara ini akan membuat lendir mengencer dan mudah dikeluarkan.

Irisan Bawang Merah Dicampur Minyak Telon

Obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami lain yang juga terbukti ampuh yaitu irisan bawang merah. Bumbu dapur ini mengatasi batuk pilek dengan cara memotongnya kecil-kecil. Kemudian campurkan irisan bawang merah itu dan minyak telon secukupnya.

Siapkan kapas lalu rendam pada bawang merah iris ditambah minyak telon tersebut. Lalu oleskan pada bagian dada, punggung, serta telapak tangan buah hati kamu. Selain dioleskan, bisa juga menempelkan kapas yang dibasahi campuran bawang putih dan minyak telon tadi ke perut bayi.

Memiliki buah hati yang sakit tentu akan membuat orang tua khawatir. Apalagi jika bayi masih berusia di bawah 6 bulan mengalami batuk dan pilek. Tetapi kamu tidak perlu terburu-buru membawanya ke dokter. Obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami di atas dapat dimanfaatkan dengan mudah.

 

Baca Juga Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil