manfaat susu kedelai

Manfaat Susu Kedelai, Cegah Obesitas Hingga Lancarkan Pencernaan

Siapa tidak suka mengonsumsi apalagi setelah mengetahui manfaat susu kedelai begitu tinggi. Tidak dapat dipungkiri, jika susu tersebut begitu banyak masyarakat menyukainya. Bahkan orang yang dilarang mengonsumsi susu sapi dapat menjadikan kedelai sebagai pengganti agar tetap mendapat gizi. Terlebih kini mendapatkannya begitu mudah.

Selain rasanya enak, gizi kedelai juga tidak kalah dengan olahan sapi. Seperti yang kamu ketahui kedelai adalah jenis kacang dan sering menjadi bahan baku pembuatan tempe atau tahu. Tidak hanya itu, beragam kuliner Indonesia banyak yang memanfaatkan kacang ini.

Sebagai makanan nabati, kacang kedelai sangat baik untuk kesehatan badan manusia. Bahkan tidak sedikit orang khususnya wanita memanfaatkannya sebagai makanan wajib program menurunkan berat badan. Selain kalori serta kadar gulanya rendah, kedelai tidak luput tinggi protein namun lemak cenderung rendah. Kamu ingin menjaga badan beratnya tetap ideal dapat mengonsumsinya.

Manfaat susu kedelai yang begitu besar dapat mudah kamu peroleh dari original hingga ditambahi varian rasa. Kamu bahkan dapat membuatnya sendiri jika memang memiliki stok kelebihan bahan kedelai. Selain sehat, tentu bisa divariasikan dengan ditambahi bahan makanan lain sesuai selera.

Manfaat Mengonsumsi Susu Olahan Kedelai Cocok Segala Umur

Soy Bean Milk Powder Susu Kacang Kedelai Kedele Bubuk 200gr
Jual Soy Bean Milk Powder Susu Kacang Kedelai Kedele Bubuk 200gr https://shope.ee/9eibdyumK8

Tidak hanya bagi orang indikasi intoleran terhadap laktosa, produk olahan kedelai juga baik diminum oleh seluruh umur dari anak-anak hingga dewasa. Hal ini karena kandungan susu begitu lengkap bahkan melebihi jenis olahan lainnya. Baik dari segi protein, vitamin, serat, serta nutrisi lain.

  1. Bagus untuk jantung sehat

Manfaat susu kedelai antara lain cukup bagus untuk membuat jantung lebih sehat. Jantung memang salah satu bagian tubuh terbilang rawan sehingga membutuhkan zat protein guna membuatnya tetap sehat. Kandungan asam amino serta isoflavone pada kedelai terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga secara signifikan mengurangi risiko munculnya penyakit jantung.

  1. Mengurangi risiko munculnya penyakit kronis

Selain jantung, ternyata produk olahan kedelai juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis lain. Dikarenakan zat antioksidan di dalamnya terbilang cukup tinggi sehingga mampu menambah kekebalan tubuh sehingga terhindar dari beragam penyakit kronis khususnya pada orang menopause di mana sangat rentan sakit.

  1. Mencegah obesitas

Kabar baik bagi kaum hawa khususnya di mana kini sedang program penurunan berat badan agar selalu ideal. Manfaat susu kedelai ternyata baik untuk mencegah terjadinya obesitas atau penambahan berat tubuh. Dikarenakan zat isoflavone pada susu dipercaya mampu menurunkan risiko melebarnya jaringan lemak berbahaya.

  1. Mencegah parahnya osteoporosis

Osteoporosis (pengeroposan pada tulang) menjadi penyakit atau gangguan di mana cukup menghambat aktivitas. Gangguan di mana sering menyerang persendian khususnya manula ternyata bisa dicegah secara alami dengan rutin konsumsi produk olahan kedelai. Ini karena kandungan kalsium dalam kacang yang tergolong tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya.

Yang disebutkan di atas hanya sebagian manfaat dari produk olahan kacang kedelai. Manfaat lainnya adalah dapat membuat pencernaan kamu lancar. Dengan demikian, kamu tidak akan mengalami gangguan pencernaan yang sering kali mengganggu seperti sembelit, diare, infeksi usus, serta indikasi lainnya.

BACA JUGA:  Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri atau Berdarah

Amankah Ibu Hamil Meminum Susu Olahan Kedelai?

Amankah Ibu Hamil Meminum Susu Olahan Kedelai

Ternyata masih saja yang mempertanyakan aman tidaknya ketika ibu hamil selalu meminum susu dari makanan nabati ini. Menurut beberapa penelitian, ibu hamil cukup aman ketika minum susu olahan kedelai tentu dengan tidak melebihi kadarnya. Karena gizi kedelai tidak disangka dibutuhkan selama masa kehamilan, seperti sumber asam folat.

Pada dasarnya ibu hamil membutuhkan asam folat yang tinggi, dan ini bisa didapat ketika mengonsumsi susu kacang kedelai. Asam folat ini bermanfaat untuk membentuk sel saraf sekaligus memaksimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu, manfaat susu kedelai pula dapat memberi tambahan energi khususnya ibu sedang hamil.

Karena ibu hamil butuh banyak asupan lemak nabati, karbohidrat, hingga tingginya protein maka olahan kedelai tersebut cukup bagus. Hanya saja dalam kadar yang wajar, artinya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi jika tanpa resep atau anjuran dari dokter.

Satu lagi, olahan jenis kacang-kacangan ini juga tetap aman apabila tidak dikonsumsi oleh orang riwayat alergi. Pada intinya jangan mengonsumsi segala sesuatu termasuk olahan kedelai dalam ukuran berlebih. Lantaran manfaat susu kedelai mudah didapat maksimal ketika benar mengonsumsinya termasuk jika ingin lakukan konsultasi sebelumnya pada ahlinya.