obat sakit gigi berlubang

4 Tips Obat Sakit Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Obat sakit gigi berlubang bisa dengan cara alami maupun menggunakan obat kimia. Mengalami penyakit ini adalah suatu hal yang sangat tidak menyenangkan dan pastinya mengganggu kenyamanan seseorang. Gigi berlubang merupakan manifestasi dari kurangnya perawatan terhadap bagian tulang tersebut. Lubang pada bagian tersebut disebabkan adanya penggerusan oleh asam.

Asam tidak muncul secara tiba-tiba melainkan dipicu oleh penumpukan sisa-sisa makanan di sela-sela tulang penghancur makanan tersebut. Penumpukan tersebut umumnya berasal dari makanan ataupun minuman tinggi gula misalnya kue, permen, hingga minuman bersoda. Sisa makanan di dalam mulut akan bercampur dengan bakteri alami dan berubah menjadi asam.

Kemudian asam yang bercampur dengan bakteri, air liur, juga sisa makanan di dalam mulut merupakan asal muasal terciptanya plak. Keberadaan plak tersebutlah yang secara perlahan namun pasti bisa mengakibatkan lubang pada gigi kamu. Nah, kalau sudah terlanjur berlubang kamu bisa melakukan beberapa pengobatan di bawah ini.

Metode Filling atau Metode Tambal

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Cara pertama yang menjadi obat sakit gigi berlubang adalah menggunakan metode filling alias penambalan. Metode ini cukup familiar dan sangat umum diterapkan oleh para dokter kepada pasiennya. Penambalan adalah cara mengisi suatu bahan tertentu ke dalam bagian gigi yang berlubang. Tentunya harus sesuai dengan prosedur medis tertentu.

Kegunaan atau tujuan metode filling yaitu untuk memperbaiki struktur gigi sebagaimana mestinya. Bagian dari mulut tersebut yang telah berlubang tentu mengalami penurunan fungsi atau perubahan bentuk fisik. Nah, filling alias penambalan akan mengatasi hal tersebut dengan prosedur khusus. Jenis bahan yang digunakan untuk mengisi atau menambal bagian berlubang juga bermacam-macam.

Antara lain berupa campuran logam seperti perak, tembaga, timah, emas, dan lainnya. Ada juga penggunaan bahan akrilik, serabut kaca, hingga resin juga keramil atau porselen. Kamu bisa menentukan jenis bahan mana yang akan dipilih. Sebelum menentukan jenisnya, pelajari terlebih dahulu apa kekurangan serta kelebihan masing-masing.

Metode Dental Crown atau yang Sering Disebut Mahkota Gigi

Jenis obat sakit gigi berlubang berikutnya yaitu menggunakan prosedur dental crown alias mahkota gigi. Prosedur ini umumnya diterapkan pada pasien dengan kondisi kerusakan bagian tersebut cukup parah serta rapuh. Dental crown sendiri adalah cara memperbaiki tampilan gigi dengan pemasangan mahkota sehingga tulang tersebut terlindungi dari kerusakan lebih parah.

Selain sebagai langkah perlindungan dari kondisi rusak dan rapuh, dental crown juga bertujuan untuk memperbaiki tampilannya sehingga bisa bagus kembali seperti asli. Kalau kamu ingin mempunyai tampilan lebih indah dan tetap mempertahankan kesehatan, maka metode ini bisa dipilih.

Layaknya pada metode filling, dental crown juga memiliki beberapa pilihan bahan. Diantaranya adalah logam, porselen (keramik), rasin, hingga stainless steel. Masing-masing bahan mempunyai karakteristik tersendiri. Tidak hanya untuk orang dewasa, prosedur dental crown juga dapat dilakukan pada anak-anak untuk melindungi gigi susu mereka yang mengalami permasalahan atau kerusakan.

BACA JUGA:  Asupan Vitamin untuk Kulit Kering yang Harus Diperhatikan

Perawatan Saluran Akar untuk Kondisi Gigi yang Parah

Cara obat sakit gigi berlubang ketiga yaitu dengan root canal alias perawatan saluran akar. Prosedur ini umumnya dilakukan pada pasien yang kondisi kerusakan giginya sudah terbilang parah. Meskipun parah tetapi dengan perawatan ini pasien tidak harus dilakukan pencabutan gigi sehingga tetap bisa digunakan.

Apabila telah terjadi pembusukan sampai pada akarnya, maka dokter akan mengambil tindakan ini. Caranya yaitu dengan menghilangkan jaringan saraf yang sudah mati tersebut. Kemudian daerah pembusukan akan dibersihkan lalu diaplikasikan pemberian crown (mahkota) sehingga tampilannya menjadi indah seperti aslinya.

Metode Cabut Gigi, untuk Kondisi Gigi yang Sangat Parah

Cara obat sakit gigi berlubang yaitu dengan pencabutan. Ini adalah metode terakhir dimana kondisi tulang tersebut pada level paling parah sehingga tidak bisa diselamatkan lagi. Selain akibat berlubang, metode ini juga bisa untuk mengatasi infeksi ataupun kerusakan akibat luka serius.

Pada metode ini, biasanya pasien akan dibius namun hanya bius lokal bukan total. Sebelum pembiusan melalui suntik, pasien juga diberi gel anestesi yang gunanya mengurangi rasa sakit akibat suntik bius. Apabila kondisi gigi kamu sudah sangat parah, metode cabut adalah solusinya agar tidak menambah parah infeksi yang ada.

Nah, agar kondisi bagian tersebut tetap sehat dan tidak berlubang sebaiknya kamu memperhatikan kebersihannya dengan cara menggosok secara rutin pada pagi serta malam hari. Namun kalau sampai berlubang, mau tidak mau harus melakukan perawatan dengan obat sakit gigi berlubang tersebut.