Cara Membuat Bakso Sehat

Bakso merupakan salah satu makanan kesukaan banyak orang. Biasanya dibuat dari campuran daging sapi dan tepung tapioga. Namun, jika Anda ingin membuat bakso yang lebih sehat, Anda bisa menggunakan beragam bahan-bahan sehat lainnya.

Alat dan Bahan

Untuk membuat bakso, Anda akan membutuhkan campuran daging, tepung, dan bumbu. Di samping itu, Anda juga membutuhkan beberapa alat seperti pengaduk, pencetak bakso, dan wajan atau wajan teflon.

Campuran Daging

Untuk membuat bakso yang sehat, Anda bisa menggunakan daging ayam atau ikan. Daging ayam adalah pilihan yang lebih sehat karena lebih rendah kalori dan lemak. Anda juga bisa menggunakan daging kambing atau daging sapi, tetapi pastikan untuk memilih daging yang rendah lemak.

Tepung

Tepung terigu atau tepung tapioka adalah bahan yang harus digunakan untuk membuat bakso. Tepung terigu bisa digunakan untuk membuat bakso lebih lembut. Sedangkan tepung tapioka akan membuat bakso lebih kenyal. Pilih salah satu dari keduanya atau campurkan keduanya.

Bumbu

Untuk memberi rasa pada bakso, Anda bisa menggunakan berbagai jenis bumbu seperti garam, merica, bawang putih, dan bawang merah. Anda bisa menambahkan juga berbagai jenis rempah-rempah lainnya seperti kunyit, jahe, dan kayu manis untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Anda juga bisa menambahkan jeruk nipis, jika Anda ingin memberi rasa asam pada bakso.

Pencetak Bakso

Setelah Anda selesai mencampurkan bahan-bahan, Anda bisa membuat bakso dengan menggunakan pencetak bakso. Pilih pencetak bakso yang sesuai dengan ukuran bakso yang ingin Anda buat. Lalu, tuang campuran daging ke dalam pencetak bakso dan tekan dengan lembut. Setelah itu, angkat pencetak bakso dan Anda akan mendapatkan bakso yang sudah jadi.

Menggoreng Bakso

Setelah Anda selesai membuat bakso, maka Anda bisa menggorengnya dengan menggunakan minyak. Panaskan minyak di wajan atau wajan teflon. Jika minyak sudah panas, masukkan bakso ke dalamnya dan goreng hingga kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan bakso dan siap untuk disajikan.

Kesimpulan

Membuat bakso sehat bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu menggunakan bahan-bahan sehat dan membuatnya dengan benar. Dengan cara ini, Anda bisa membuat bakso yang lezat dan sehat untuk Anda dan keluarga Anda.

BACA JUGA:  Cara Buka Internet Sehat 2016