Obat herbal asam urat
knee ache

Inilah 4 Obat Herbal Asam Urat yang Berkhasiat

Obat herbal asam urat seringkali dijadikan pengobatan tambahan untuk menangani penyakit sendi tersebut. Saat ini ada banyak orang yang mengalami kondisi penyakit asam urat. Penyakit ini merupakan kondisi dimana kadar uric acid di dalam tubuh tinggi. Umumnya penyakit ini diderita oleh orang di atas usia 30 tahun.

Namun seiring dengan perubahan gaya hidup khususnya pola makan, bukan mustahil anak muda juga mempunyai gejala asam urat. Adapun khas pada gejala penyakit ini antara lain rasa nyeri dan sakit luar biasa pada persendian khususnya lutut, pergelangan kaki, serta ruas-ruas jari.

Selain rasa nyeri juga diikuti dengan pembengkakan pada sendi serta rasa panas di area tersebut. Kulit sendi juga bisa berubah menjadi merah dan terasa gatal. Ketika kadar uric acid menurun, kondisi tersebut bisa membaik. Namun jika tidak dikontrol akan muncul gejala kembali. Berikut ini beberapa obat alami untuk asam urat.

Jahe, Dibuat Minuman Maupun Pasta

Wedang jahe gula aren 200gr
Jual Wedang jahe gula aren 200gr https://shope.ee/4ANoOV4v9U

Obat herbal asam urat pertama adalah tanaman jahe. Tanaman herbal ini memang sangat dikenal luas sebagai bahan alami dengan sejuta manfaat. Tanaman rempah yang memiliki sensasi rasa pedas ini bisa kamu pilih sebagai cara tradisional meredakan gejala asam urat saat kambuh.

Caranya adalah dengan menumbuk jahe kemudian dicampur ke air hangat. Kamu bisa menikmatinya selagi hangat dan merasakan rasa segarnya. Selain dijadikan minuman, jahe juga bisa dibuat menjadi pasta. Caranya siapkan satu ruas besar jahe lalu kupas dan cuci bersih. Kemudian parut sampai halus lalu siap digunakan sebagai pasta oles.

Pasta tersabut bisa kamu aplikasikan pada bagian sendi yang terasa nyeri dan panas. Kandungan zat gingerol, zingeron, hingga gingerdione mampu meredakan pembengkakan karena karakteristik antiinflamasinya. Dengan begitu bagian persendian kamu tidak bengkak atau terasa nyeri seperti sebelumnya. Saat ini peminat minuman herbal untuk meningkatkan kesehatan semakin jamu.

Biji Seledri, Mempunyai Sifat Antiradang

biji seledri
Jual biji seledri https://shope.ee/20JLGhtotk

Referensi obat herbal asam urat lainnya adalah biji seledri. Sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2019 oleh Molecular Medicine Reports menyatakan bahwasannya di dalam ekstrak biji seledri terdapat berbagai senyawa bermanfaat bagi manusia. Senyawa tersebut yaitu antioksidan serta antiradang. Keduanya dinilai sangat baik serta dibutuhkan penderita asam urat.

Sifat antiinflamasi atau antiperadangan pada biji seledri bisa mendatangkan efek positif. Efek positif tersebut adalah berkurangnya pembengkakan di sekitar sendi yang kambuh asam uratnya. Senyawa di dalam obat alami ini cukup beraga. Salah satu isi kandungan senyawa penting adalah luteolin dan 3n3.

Senyawa tersebut dapat meredakan peradangan serta mengontrol produksi uric acid di dalam tubuh. Biji seledri sejauh ini masih harus perlu diteliti lagi tentang fakta kebenarannya apakah bisa untuk penderita asam urat atau bukan. Sejauh ini penelitian tentang studi biji seledri baru diaplikasikan pada hewan sehingga perlu studi lanjutan lagi.

Pasta yang Berasal dari Kunyit

Herbal Tepung Kunyit
Jual Herbal Tepung Kunyit Khusus Untuk Pengobatan https://shope.ee/20J21zmifp

Obat herbal asam urat satu ini sangat mudah dijumpai dimana saja. Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang penggunaannya banyak dijadikan sebagai bumbu masakan. Tanaman herbal ini memiliki kandungan senyawa tertentu bernama curcumin. Senyawa ini berperan dalam membantu meringankan gejala peradangan.

BACA JUGA:  Rekomendasi Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Ampuh  

Untuk itu, tanaman herbal ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang pada area persendian. Curcumin pada kunyit dalam sebuah studi juga diketahui mampu mencegah atau mengurangi protein tertentu yang berakibat pada peradangan. Kamu bisa membuat pasta kunyit lalu disapukan pada sendi yang radang.

Menggunakan Cuka Apel yang Memiliki Tingkat Keasaman Tinggi

Cuka Apel Organik
Jual Cuka Apel Organik Asli https://shope.ee/fngF7ut9e

Obat herbal asam urat keempat yaitu cuka apel. Bahan alami ini memiliki tingkat keasaman tinggi. Keasaman pada cuka apel diyakini memberikan pengaruh terhadap penekanan atau menurunkan nyeri dan sakit akibat peradangan di area persendian. Cuka apel rupanya juga berperan dalam menambah sifat alkali pada tubuh dan juga antiradang.

Ketika sifat alkali pada urin meningkat, maka pembuangan zat asam urat melalui urin juga akan lebih optimal atau lebih baik. Sehingga jika cuka apel dikonsumsi maka bisa menurunkan kadar uric acid. Cara konsumsi cuka apel adalah mengkonsumsinya dengan jumlah dua atau tiga sendok saja.

Asam urat adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian persendian. Semua referensi obat dari tanaman herbal di atas sebaiknya tidak dijadikan sebagai solusi mutlak untuk mengontrol kadar asam urat kamu. Obat herbal asam urat hanya bersifat pelengkap atau penunjang.