cara menghilangkan bekas luka
Xframe

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Mudah Dijumpai

Banyak cara menghilangkan bekas luka yang bisa dilakukan, baik melalui tindakan medis hingga memanfaatkan bahan alami. Bekas luka atau scar bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, termasuk wajah, tangan, kaki dan lainnya. Scar pada wajah tentu lebih mengganggu akibat membuat tampilan terlihat kurang sempurna.

Meskipun ada teknik make up untuk menutupinya, pasti luka tersebut tidak bisa tertutupi sepenuhnya sehingga masih saja terlihat. Untuk itu, jika kamu ingin mendapatkan riasan sempurna, maka luka tersebut harus hilang. Begitu juga untuk luka di bagian tubuh lainnya agar kita bisa tampil percaya diri.

Secara alami, kulit mungkin bisa memperbaiki sendiri scar tersebut namun membutuhkan waktu yang sangat lama. Jika kamu ingin waktu lebih cepat, maka tindakan medis bisa menjadi solusinya. Tapi, masih ada cara lain yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan scar secara alami dan mudah.

Mengusapkan Palm Oil pada Bagian Luka

Palm Oil
JUAL SARIPATI MINYAK KELAPA SAWIT / PURE PALM OIL https://shope.ee/5AFyyQssDJ

Cara menghilangkan bekas luka pertama bisa dilakukan dengan memanfaatkan palm oil. Bahan alami ini sudah dikenal luas sebagai penghilang scar yang ampuh akibat kandungan vitamin E di dalamnya. Tidak heran jika minyak ini mampu mempercepat proses penyembuhan luka agar kulit menjadi normal kembali.

Bukan hanya itu, bahan alami ini juga berguna untuk mencegah munculnya scar baru akibat terkadang bahan yang tidak cocok bisa menyebabkan luka baru. Cara memanfaatkannya adalah dengan mencairkan palm oil terlebih dahulu kemudian mengoleskannya sambil memijat bagian luka selama 10 menit dan membiarkan terserap.

Oleskan dengan Apple Cider Vinegar

Apple Cider Vinegar
Jual Apple Cider Vinegar https://shope.ee/6UlMZ5VpPo

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya bisa memanfaatkan apple cider vinegar yang biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat. Siapa sangka jika bahan alami ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan scar di berbagai bagian. Kandungan di dalamnya mampu meringankan pigmentasi atau warna memerah pada scar.

Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mencampurkan 4 sdm air dengan 2 sdm apple cider vinegar. Pastikan bahwa perbandingannya 2:1 agar konsentrasi apple cider vinegar tidak terlalu pekat. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada scar secara lembut setiap malam sebelum tidur dan pastikan kamu melakukannya rutin.

Bubuk Baking Soda yang Mampu Menyeimbangkan

Baking Soda
Jual Baking Soda Murah https://shope.ee/3AUub8HrzF

Baking soda sering kali digunakan sebagai bahan eksfoliator alami akibat mampu menyeimbangkan pH level (tingkat keasaman) kulit. Sel kulit mati pada scar akan terkelupas dengan menggunakan bahan alami ini. Selain itu, kotoran yang ada di bagian kulit juga akan dibersihkan sehingga kulit kembali normal.

Cara menghilangkan bekas luka dengan mencampurkan air serta soda kue. Oleskan campuran tersebut pada scar yang ada, kemudian tahan campuran tersebut menggunakan kompres hangat selama 15 menit agar bahan alami tersebut tidak pergi kemana-mana. Setelah itu, bilas hingga tidak ada bahan yang tersisa.

Lavender dan Olive Oil sebagai Bahan Alami

Olive Oil
Jual Olive Oil Original https://shope.ee/8epr9R0bo3

Olive oil memang dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk kulit, termasuk untuk memudarkan scar. Apalagi jika kamu mencampurkannya dengan lavender yang memiliki kandungan terbaik untuk mengatasi scar di kulit. Dengan perbandingan 1:1, kamu bisa menggunakan campuran tersebut dengan mengoleskannya secara merata.

BACA JUGA:  Alami, Manfaat Kunyit Asam untuk Kecantikan Juga Kesehatan Diri

Lakukan pijatan secara lembut pada scar yang sudah dibalurkan campuran minyak selama 5 menit. Setelah itu, diamkan minyak tersebut selama 30 menit pada area scar agar kandungannya terserap dalam kulit. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali sehari secara rutin hingga scar memudar.

Oleskan Aloe Vera pada Bagian Luka

Natural Aloe Vera
Natural Aloevera https://shope.ee/9p1mzYCZFp

Aloe vera menjadi salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan scar di berbagai bagian tubuh. Bahan satu ini memang sudah terkenal dalam memperbaiki scar, acne scars hingga menjadi kulit yang baik. Manfaat ini didapatkan dari senyawa aloin dan asam salisilat di dalamnya.

Scar menghitam atau memerah bisa sembuh secara alami jika menggunakan aloe vera. Bagian yang digunakan adalah daging atau gel yang berlendir kemudian mengoleskan bagian tersebut ke bekas luka, baik di wajah, tangan, kaki dan bagian lainnya. Diamkan sekitar 30 menit kemudian bersihkan dengan air dingin.

Masih banyak bahan lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan scar. Beberapa orang mungkin cocok dengan aloe vera, tapi ada juga yang cocok dengan bahan lainnya jadi tidak masalah untuk mencobanya secara rutin terlebih dahulu. Dengan begitu, cara menghilangkan bekas luka dapat diatasi cepat serta mudah.