Manfaat makan buah

Manfaat Makan Buah Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Disadari

Manfaat makan buah sangat beragam bagi kesehatan. Memang khasiatnya jarang disadari oleh kebanyakan orang. Aktivitas yang satu ini biasanya dilakukan di pagi atau malam hari. Namun tidak jarang orang mengonsumsi buah-buahan pada siang hari. Hal ini karena pengolahan buah dalam berbagai wujud makanan.

Misalnya seperti salad, es buah, rujak dan berbagai macam varian pengolahan lainnya. Beberapa kalangan juga dapat memilih mengonsumsi buah secara langsung. Cara ini memang lebih praktis karena tidak perlu mengolahnya menjadi makanan atau minuman. Bahkan nutrisinya tidak tercampur dengan es atau yang lainnya.

Pada umumnya buah-buahan mengandung semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan sehingga para ahli kebanyakan menyarankan untuk rutin mengonsumsi buah-buahan. Apa manfaatnya rutin mengonsumsi buah-buahan bagi kesehatan tubuhmu? Jawabannya ada di bawah ini!

Manfaat Makan Buah Pepaya untuk Kesehatan

Salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di kawasan Indonesia yaitu pepaya. Tanamannya juga mudah tumbuh di pekarangan rumah. Pada dasarnya ada berbagai jenis dan varietas pepaya. Dari berbagai varietas tersebut kamu akan menjumpai karakteristik yang unik. Seperti warna dan rasanya yang cenderung manis.

Karakteristik bentuknya lonjong tidak beraturan. Warna kulit luarnya merupakan perpaduan antara hijau dan orange. Pada saat masih muda warnanya cenderung hijau. Sementara pada saat matang warnanya terbagi menjadi dua variasi. Ada pepaya tua yang berwarna kekuningan. Namun sebagian jenisnya juga ada yang berwarna hijau tua.

Manfaat makan buah seperti pepaya memang tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Pepaya mengandung beragam nutrisi dan vitamin serta mineral. Vitamin A, C B1, B3, K, hingga E dapat ditemukan di dalam pepaya. Zat lainnya yaitu folat, asam folat, kalsium dan magnesium.

Pepaya sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat membantu tubuh saat mencerna protein. Selain itu pepaya juga sangat bagus untuk penglihatan. Alasannya karena kandungan vitamin yang lengkap di dalamnya salah satunya dibutuhkan oleh mata.

Manfaat Makan Buah Pisang saat Haid  

 

Pisang Cavendish
Jual Pisang Cavendish https://shope.ee/ArNjhdnwO

Pisang termasuk salah satu jenis buah-buahan yang memiliki peran penting dalam urusan kesehatan tubuh. Rasanya manis membuat pisang disukai banyak orang. Teksturnya yang lembut juga membuat pisang cocok menjadi santapan buah hati. Namun dibalik rasa manis dan tekstur lembutnya pisang rupanya menyimpan banyak manfaat.

Sama halnya dengan pepaya sebenarnya buah pisang juga mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Di dalam sebuah pisang terkandung energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Sementara kandungan vitamin di dalamnya yaitu A, B1, dan C.

Tidak heran mengapa setiap orang selalu disarankan untuk rutin mengonsumsi pisang. Apalagi bagi kalangan wanita yang sedang haid. Manfaat makan pisang salah satunya adalah meredakan rasa nyeri saat haid tiba. Kandungan serat di dalamnya efektif memperlancar pencernaan pada saat masa haid.

Beberapa orang akan merasakan nyeri atau kembung pada saat sedang haid. Kondisi yang demikian juga ditandai dengan perut yang terasa penuh dan nyeri. Untuk membantu memberikan efek rileks pada otot perut kuncinya adalah mengonsumsi pisang. Dalam hal ini zat gizi dan magnesium pisang sangat dibutuhkan.

BACA JUGA:  Manfaat Daun Salam Menjadi Obat Herbal Alami Bagi Kesehatan

Manfaat Makan Buah Apel Setiap Hari 

Buah yang satu ini pastinya tidak terdengar asing di telinga semua orang. Apel merupakan buah favorit kebanyakan orang. Apel mempunyai warna yang berbeda tergantung dari varietasnya. Seperti apel yang berasal dari Amerika biasanya berwarna merah. Sementara itu kamu juga dapat melihat warna apel hijau.

Apel memiliki rasa yang manis dan lezat. Berkat rasa manisnya tersebut banyak produsen minuman memanfaatkannya sebagai bahan tambahan. Seperti produk teh atau sirup dengan rasa apel hingga cuka apel. Buah tersebut juga bagus dikonsumsi setiap hari. Namun beberapa kalangan berpendapat bahwa apel sebaiknya tidak dimakan di pagi hari.

Kandungan fruktosa pada apel sulit diserap tubuh. Oleh karena itu beberapa orang yang mengonsumsinya di pagi hari akan merasakan kembung sampai diare. Apel memang bagus untuk memperkuat kekebalan tubuh. Apalagi jika dimakan setiap hari karena mengandung vitamin C yang tinggi.

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin dan waktu yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Apel, pisang dan pepaya adalah sebagian buah-buahan yang berperan penting bagi kesehatan tubuhmu. Sehingga wajib ada dalam menu harian kamu apabila ingin mendapatkan manfaat makan buah secara maksimal.