cara menghilangkan bekas luka di wajah

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Menghitam

Cara menghilangkan bekas luka di wajah tentu bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan kulit wajah yang kembali normal dan berseri. Acne scar kecil saja terkadang membuat kita kebingungan mencari cara bagaimana menghilangkannya, apalagi jika ada scar yang cukup besar dan terlihat jelas.

Meski ada alat make up yang bisa digunakan, tapi jika scar masih terlalu jelas maka riasan tidak akan bisa menutupinya secara sempurna. Riasan juga terlihat kurang maksimal dan hal ini membuat kita kurang percaya diri saat tampil di hadapan orang lain.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang kembali mulus dan cantik dengan riasan sempurna, tentu kamu harus menghilangkan scar di wajah terlebih dahulu. Cara untuk menghilangkannya juga tidak mudah dan membutuhkan waktu tidak sedikit. Beberapa bahan di bawah ini bisa kamu coba untuk mempercepat penyembuhan bekas.

Manfaatkan Putih Telur yang Mengandung Protein

pemisah putih telur
Alat pemisah putih telur https://shope.ee/7pGk6BvhZo

Putih telur sudah dikenal sebagai salah satu bahan dapur untuk cara menghilangkan bekas luka di wajah. Kamu bisa menyisakan sedikit putih telur sebelum menggoreng atau menggunakannya untuk memasak. Selain protein, putih telur juga mengandung mikronutrien yang cukup tinggi sehingga bagus untuk meregenerasi kulit dengan cepat.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan putih telur pada scar di wajah secara merata. Baunya mungkin tidak terlalu sedap sebab menimbulkan bau amis tapi kamu akan mendapatkan khasiat luar biasa. Perasan jeruk nipis atau lemon juga bisa ditambahkan untuk menghilangkan bau amis putih telur.

Membalurkan Coconut Water pada Bagian Luka

Coconut Water
Coconut Water Asli Tanpa Bahan Tambahan https://shope.ee/LAjAZxoOI

Bukan hanya gurih dan lezat, coconut water ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan sebagai penghilang scar. Cara menghilangkan bekas luka di wajah bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami dan menyegarkan ini. Jika kamu suka mengonsumsinya, sisakan sedikit agar bisa dioleskan pada bagian luka.

Penggunaannya tidaklah rumit sebab kamu hanya perlu menyediakan coconut water secukupnya, kemudian membasuh scar dengan air tersebut. Kamu bisa meratakan coconut water ke semua wajah sebab ini juga bagus untuk kecantikan. Tunggu beberapa saat sampai air meresap baru kemudian bilas dengan air bersih.

Gunakan Ampas dari Teh Hijau

Daun Teh Kampung Asli
Daun Teh Kampung Asli https://shope.ee/2ps2fcp7eD

Siapa bilang green tea hanya nikmat saat diseduh menjadi sebuah minuman? Kamu bisa memanfaatkan ampas green tea yang sudah tidak terpakai untuk menghilangkan scar pada wajah. Cara ini cukup mudah sebab kamu bisa membeli green tea di mana saja dan penggunaannya tidaklah rumit.

Langkah pertama, siapkan ampas green tea yang sudah tidak digunakan, kemudian letakkan pada scar di wajah. Lakukan gosok-gosok secara perlahan pada scar tersebut agar tidak menimbulkan iritasi atau membuat kulit menjadi merah. Pastikan kamu melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Hilangkan Scar dengan Buah Mengkudu

Buah Mengkudu
Jual Buah Mengkudu Segar https://shope.ee/1fg6lHHgHI

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyukai bau mengkudu sebab memang tidak sedap. Tapi, siapa sangka di balik aroma menyengat tersimpan khasiat luar biasa untuk menyembuhkan scar pada wajah. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya mampu meregenerasi kulit lebih cepat sehingga scar mudah hilang.

BACA JUGA:  Manfaat Madu untuk Wajah yang Buatmu Makin Percaya Diri

Scar hitam bisa menghilang jika kamu tahu cara menghilangkan bekas luka di wajah yang tepat dengan mengkudu. Ambil dan bersihkan buah mengkudu, kemudian haluskan sebelum memasaknya hingga lembut. Setelah itu, oleskan buah mengkudu yang sudah lembut pada scar baru kemudian membilasnya dengan air.

Hilangkan Bekas Luka dengan Kencur (Galangal)

Kencur Segar
Jual Kencur Segar (Galangal/Cikur) https://shope.ee/5AFyvrvuwi

Galangal sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu bahan kosmetik atau produk perawatan wajah. Siapa sangka jika bahan dapur ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan scar pada wajah, khususnya untuk bekas yang menghitam. Bahkan, bukan hanya di wajah, tapi bisa digunakan di kaki dan tangan.

Cara menggunakannya adalah dengan merendam 1 genggam beras selama 7 menit agar kandungan di dalamnya nanti bisa keluar secara maksimal. Setelah itu, tambahkan 4 sdm galangal kemudian tumbuk hingga halus. Tuangkan sedikit air agar menjadi pasta kemudian oleskan pada scar di wajah sebagai salep.

Masih banyak bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan scar di wajah. Pastikan kamu mencoba bahan tersebut di bagian lain, seperti belakang telinga untuk mengecek apakah kamu alergi atau tidak. Dengan begitu, cara menghilangkan bekas luka di wajah akan memberikan hasil lebih optimal.