Cara Seks yang Sehat

Ketika Anda mengambil keputusan untuk melakukan seks, selalu ada kemungkinan konsekuensi yang bisa terjadi. Hal ini mengapa penting bagi Anda untuk tahu cara seks yang sehat dan bagaimana mengurangi risiko penyakit menular seksual (PMS) ataupun hamil. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk melakukan seks yang sehat.

Memakai Kondom

Kondom adalah alat paling populer yang digunakan untuk melindungi Anda dari PMS seperti HIV, hepatitis B, gonore dan sifilis. Kondom juga bisa mencegah kehamilan. Kondom adalah alat kontrasepsi yang paling aman dan efektif. Kondom juga bisa membantu melindungi Anda dari penyakit yang disebabkan oleh cacing dan bakteri. Pastikan Anda selalu menggunakan kondom pada setiap kali melakukan hubungan seksual.

Periksa Kesehatan Anda dan Pasangan

Sebelum melakukan hubungan seksual dengan pasangan, pastikan Anda dan pasangan Anda sudah melakukan tes kesehatan. Tes ini bisa membantu mengetahui apakah Anda atau pasangan Anda terinfeksi PMS atau tidak. Jangan lupa untuk meminta hasil tesnya dan membicarakan isi tes tersebut. Jika hasil tes membuktikan bahwa salah satu dari Anda terinfeksi PMS, lakukan pengobatan dan coba hindari melakukan hubungan seksual sampai hasil tes berikutnya menunjukkan bahwa Anda berdua sudah tidak terinfeksi.

Berhati-hati dengan Alkohol dan Narkoba

Alkohol dan narkoba bisa membuat Anda melakukan hal-hal yang tidak Anda lakukan saat Anda berada dalam kondisi kesadaran normal. Jangan minum atau menggunakan narkoba sebelum melakukan hubungan seksual. Hal ini bisa membuat Anda lebih mudah untuk melakukan hal-hal yang tidak aman, seperti tidak menggunakan kondom atau melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan.

Jaga Kesetaraan dan Keselamatan di Ranjang

Pastikan Anda menjaga kesetaraan dan keselamatan saat bercinta. Jangan paksakan pasangan Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai atau tidak nyaman dengannya. Memaksakan pasangan Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak mereka inginkan bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Jauhi seks yang bersifat pemaksaan atau seks yang dilakukan saat salah satu pasangan sedang tidak sadar.

Cari Tahu Tentang Obat-obatan dan Pil KB

Cari tahu tentang obat-obatan yang bisa membantu Anda dan pasangan Anda mengurangi risiko PMS dan kehamilan. Ambil waktu untuk mencari tahu tentang obat yang tepat untuk Anda dan pasangan Anda. Anda juga bisa membicarakannya dengan dokter Anda atau dokter kandungan. Pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang paling populer. Pil KB bisa membantu Anda mencegah kehamilan, tetapi tidak efektif melawan PMS.

Jaga Kebersihan

Pastikan Anda dan pasangan Anda selalu menjaga kebersihan selama dan setelah melakukan hubungan seksual. Bersihkan daerah kemaluan Anda dengan sabun, air dan handuk. Jangan lupa untuk mengganti pembalut atau kain pembalut setelah melakukan hubungan seksual. Hindari melakukan hubungan seksual dalam air, karena air bisa mengurangi efektivitas kondom.

BACA JUGA:  Cara Membuat Mata Sehat Kembali

Jangan Lupa Untuk Bersantai

Saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan, pastikan kedua belah pihak merasa nyaman. Coba bersantai dan berbicara dengan pasangan Anda untuk memastikan kedua belah pihak merasa nyaman dan tidak tertekan dengan situasi. Jangan lupa untuk berbicara tentang bagaimana cara yang tepat untuk membicarakan kondom dan bagaimana cara untuk berkomunikasi jika ada masalah.

Ajak Pasangan Anda ke Dokter

Ajak pasangan Anda untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan informasi tentang cara seks yang aman dan pengobatan PMS. Jika Anda atau pasangan Anda tertarik dengan metode kontrasepsi, dokter akan memberikan informasi lebih lanjut tentang metode tersebut, termasuk efek samping dan cara penggunaannya.

Kesimpulan

Cara seks yang sehat bisa membantu Anda dan pasangan Anda menikmati hubungan seksual tanpa risiko PMS ataupun kehamilan. Pastikan Anda selalu menggunakan kondom, melakukan tes kesehatan, berhati-hati dengan alkohol dan narkoba, jaga kesetaraan dan keselamatan, cari tahu tentang obat-obatan dan pil KB, jaga kebersihan, bersantai dan ajak pasangan Anda ke dokter. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan hubungan seksual yang aman dan sehat.