manfaat konsumsi cuka apel

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Konsumsinya

Cuka Apel tidak hanya bermanfaat untuk wajah – Dalam artikel kali ini akan diulas berbagai pendapat mengenai manfaat cuka apel akhir-akhir ini sangat banyak dan hangat diperbincangkan. Fungsinya bisa menyehatkan usus seperti penggunaan prebiotik banyak diyakini masyarakat. Namun, hingga saat ini hasil penelitian atau pendapat ahli yang mendukung bahwa cuka apel benar-benar berpengaruh besar untuk manusia belum ada.

Namun, dampak buruk jika minum cuka ini disisi lain belum jelas juga seperti apa pada tubuh sehingga masih banyak orang yang masih memakainya sebagai penunjang kesehatan mereka. Beberapa ahli atau pakar dalam dunia kesehatan tidak melarang dan juga tidak menganjurkan konsumsi asam cuka semata sebagai pengganti obat atau kunci tubuh sehat. Tetap menjaga gaya hidup dengan baik serta rajin berolahraga masih menjadi cara yang paling benar untuk memiliki tubuh sehat.

Apa Manfaat Efek Cuka Apel Pada Kesehatan?

Cuka Apel Organik
Jual Cuka Apel Organik Asli https://shope.ee/fngF7ut9e

Cuka yang merupakan hasil fermentasi buah apel ini banyak diyakini masyarakat bermanfaat baik dalam tubuh. Sering dikatakan bahwa manfaat cuka apel akan menyembuhkan asam lambung, mengurangi bobot tubuh, melawan jerawat, merawat rambut dan lain-lain. Kepastian pernyataan ini masih belum didukung hasil penelitian manapun sehingga kebenarannya belum dapat dipastikan.

Cuka apel sendiri dibuat menggunakan ragi yang memfermentasi karbohidrat dan gula dari apel untuk menghasilkan cairan asam asetat dengan kadar keasaman yang sangat tinggi. Sehingga pemanfaatan cuka apel memang bisa sebagai anti bakteri karena kondisi ini susah untuk memungkinkan bagi bakteri bertahan hidup. Berikut sedikit contoh fungsinya yang sering disebut-sebut baik dalam kesehatan:

  1. Mengurangi Bobot Tubuh

Beberapa waktu lalu, sempat ramai pembahasan diberbagai sosial media berpendapat jika konsumsi cuka apel akan mengurangi berat tubuh. Ada percobaan yang memeriksa manfaat cuka apel untuk waktu lama dalam mengurangi bobot tubuh dan hasilnya hanya sedikit. Meminum sebanyak 2 sendok dalam waktu 4 minggu berhasil menurunkan beban tubuh peserta sebanyak maksimal 2 kiloan.

  1. Memperbaiki Tingkat Gula Darah

Meminum cuka apel, disinyalir akan mengurangi tingkat gula darah para penderita diabetes. Penyebabnya diperkirakan bahwa kandungan dalam cuka ini mempengaruhi rilis gula ke darah menjadi lebih lambat. Asam dalam cuka ini menghalangi karbohidrat diserap tubuh sehingga penderita diabetes lebih terjaga kadar gula darahnya. Akan tetapi bukan berarti pengobatan bagi pasien pengidap gula darah tinggi boleh memakai cuka apel sebagai obat diabetes.

  1. Mengontrol Asam Lambung

Dominan asam dalam cuka ini sangat membantu dalam menyembuhkan asam lambung. Kondisi penderita asam naik yang biasanya diartikan meningkat sebenarnya adalah kondisi sebaliknya. Kondisi ini berarti jumlah asam lambung dalam tubuh tidak mencukupi sehingga tidak bisa stabil dalam lambung sehingga keluar dari lambung.

Dengan minum asam cuka maka turut meningkatkan kadar keasaman lambung sehingga asam lambung akan kembali membaik. Manfaat dari cuka apel bagi penderita asam lambung hanya berlangsung hingga kondisi asam lambung tidak naik lagi ke saluran pencernaan atas.

BACA JUGA:  Manfaat Daun Binahong, Mampu Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Tips Konsumsi Cuka Apel dengan Tepat

Dari berbagai manfaat cuka apel yang positif baik dengan meminum langsung atau pemakaian luar tentu harus ada ketentuan dan dosis sesuai untuk menggunakannya. Untuk konsumsi secara langsung, maka sangat penting jika kamu memperhatikan cara meminumnya. Karena kandungannya yang sangat asam, maka secara langsung meminumnya akan memberikan dampak negatif pada tubuh.

Teknik paling aman mengonsumsi cuka ini ialah mencampurnya di air putih. Buat perbandingan 1 sendok ke dalam satu gelas air putih. Dan anjuran konsumsi perharinya paling banyak 2 sendok. Melarutkannya terlebih dahulu akan mengurangi asamnya dalam mulut sehingga menghindari gigi rusak dan rasa nyaman saat menelan di tenggorokan.

Bau menyengat dari cuka apel akan sedikit berkurang ketika dicampur air. Bagi pemula dalam mengonsumsi cuka ini coba dari dosis sedikit kemudian naikkan secara bertahap. Akan tetapi anjuran tadi sebanyak 2 sendok perharinya. Minum pakai sedotan untuk menghindari cuka apel kena gigi.

Untuk waktu paling tepat minum cuka apel ini umumnya ialah minimal setengah jam sebelum makan atau tepat sebelum tidur. Ingat untuk menggosok gigi setelah meminumnya malam hari. Penggunaan cuka apel sebaiknya dilakukan sesuai anjuran dokter dan bukan sebagai obat atau suplemen tetap sehari-hari. Kandungan nutrisi dalam cuka apel sama sekali tidak ada, sehingga menggunakannya berlebihan tentu akan mengurangi manfaat cuka apel melainkan membawa efek buruk bagi tubuh.