manfaat jeruk lemon

Meskipun Asam, Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan Sangat Penting

Meskipun asam, namun banyak manfaat jeruk lemon untuk kesehatan tubuh. Jenis buah ini banyak digunakan sebagai penambah aroma serta penyedap rasa. Biasanya banyak tumbuh pada berbagai wilayah beriklim tropis atau subtropis serta tidak cocok ada pada wilayah dingin.

Sitrun atau jeruk sitrun banyak dibudidayakan pada negara-negara, seperti Amerika Serikat, Spanyol, Portugal, Argentina, Brazil, dan beberapa negara dekat Laut Tengah. Idealnya tanaman ini tumbuh pada suhu antara 15-30°C atau pada wilayah dengan curah hujan sedikit atau rendah.

Secara fisik buah sitrun memiliki bentuk lonjong dengan warna kuning terang. Jika semakin tua maka tekstur sitrun semakin lembek karena mengandung lebih banyak cairan Tips juga untuk kamu yang ingin membeli sitrun di pasaran sebaiknya memilih buah dengan kulit jeruk tipis.

Untuk memeriksanya bisa ditekan sedikit, jika terasa empuk maka dipastikan usia buah sudah cukup untuk diperas. Kulit tebal barangkali mengindikasikan pertahanan kuat, namun bukan berarti memiliki banyak cairan. Ketika diperas, cairan yang keluar sedikit karena kulit lemon terlalu tebal.

Sitrun kaya akan kandungan zat besi yang artinya manfaat jeruk lemon dapat merawat rambut, mencegah anemia, menyehatkan kulit, dan menjaga seluruh kesehatan sel-sel tubuh. Sitrun juga memiliki kandungan fitokimia, flavonoid, karotenoid, kumarin, dan psoralen.

Resep Minuman Segar Tapi Asam

Jeruk Lemon Import
Jual Jeruk Lemon Import https://shope.ee/40404t9XJw

Untuk mendapatkan manfaat jeruk lemon demi kesehatan tubuh, kamu bisa meracik jenis jeruk tersebut menjadi beberapa resep di bawah ini:

Bahan-bahan:

  1. Gula pasir.
  2. Air perasan lemon.
  3. Air matang.

Cara Membuat:

  1. Satukan gula pasir ke dalam air.
  2. Larutkan sampai tercampur.
  3. Tambahkan perasan air lemon.
  4. Mix lagi.
  5. Tambah es jika tahan dingin.
  6. Lemonade siap disajikan.

Bahan-bahan:

  1. Madu.
  2. Sitrun peras.
  3. Air matang.

Cara Membuat:

  1. Siapkan air matang suka-suka.
  2. Satukan perasan air lemon dengan madu ke dalam segelas air.
  3. Aduk terus.
  4. Es jika gigi tidak linu.
  5. Sajikan hangat bila mau.
  6. Sitrun madu siap diseruput.

Bahan-bahan:

  1. Sitrun peras.
  2. Air matang.
  3. Jahe parut/memarkan/iris.

Cara Membuat:

  1. Masak air berbuih.
  2. Cemplungkan jahe dan diamkan selama 5 menit.
  3. Saring airnya.
  4. Masukkan air ke dalam wadah.
  5. Tambahkan perasan lemon.
  6. Tambahkan madu jika suka.
  7. Disajikan hangat atau dingin.

Bahan-bahan:

  1. Air matang.
  2. Serai yang dimemarkan.
  3. Lemon peras.
  4. Jeruk nipis.
  5. Gula pasir.
  6. Garam.

Cara Membuat:

  1. Rebus air hingga berbusa.
  2. Masukkan gula, serai, dan garam.
  3. Aduk jarang-jarang.
  4. Kecilkan api.
  5. Biarkan berbusa selama 20 menit.
  6. Matikan kompor.
  7. Tinggalkan satu jam.
  8. Saring airnya ke dalam wadah.
  9. Tambahkan air perasan lemon.
  10. Tambahkan air perasan jeruk nipis.
  11. Tambah es bila selera.
  12. Lemon serai siap dicicipi.

Semua resep di atas memberikan manfaat dari jeruk lemon untuk kesehatan. Mana yang paling menggugah selera untuk dicoba?

Manfaat dari Sitrun untuk Tubuh

Kamu bisa memperoleh manfaat jeruk lemon melalui berbagai resep dari internet. Detailnya mengenai manfaat sitrun bagi tubuh adalah:

BACA JUGA:  Mengenal Sistem Peredaran Darah pada Manusia dan Manfaatnya

1. Menurunkan Berat Badan

Santer kabar sitrun bantu diet sudah berhembus lama. Faktanya kandungan pada jeruk ini memang mempengaruhi nafsu makan menjadi tidak banyak. Sehingga tidak heran apabila banyak orang dengan program diet tertentu memanfaatkan air lemon sebelum makan.

2. Melancarkan Pencernaan

Jeruk ini mengandung flavonoid yang bermanfaat guna memecah makanan dalam lambung. Dampaknya mampu memperbaiki pencernaan secara menyeluruh. Sitrun baik untuk mencegah penyakit pada lambung serta berbagai gangguan yang biasanya menyerang bagian usus.

3. Menghidrasi Tubuh

Normalnya kebutuhan air minum pada setiap orang dewasa adalah 8 liter per hari. Sayangnya, tidak semua orang terbiasa minum meskipun terdapat banyak jeda waktu. Padahal minum itu penting, untungnya sitrun dapat membantu menghidrasi tubuh dari kekeringan.

4. Membuat Kulit Awet Muda

Para wanita pasti suka dengan manfaat satu ini. Seiring dengan bertambahnya usia elastisitas kulit kian berkurang dan ancaman keriput semakin nyata. Selain air perasannya dapat diminum, kamu juga dapat memanfaatkan kulit buah sebagai masker alami sebagai perawatan harian.

Tidak perlu uang banyak untuk menjaga kesehatan tubuh maupun kulit. Berbagai khasiat jeruk sitrun untuk menjaga kesehatan dapat memberi efek baik bagi tubuh tanpa meninggalkan efek samping berbahaya. Yuk, serbu manfaat jeruk lemon untuk kesehatan.