manfaat kayu bajakah

Ketahui Manfaat Kayu Bajakah untuk Atasi Berbagai Penyakit

Sebelum memperoleh manfaat kayu bajakah untuk menangkal berbagai penyakit, lebih dulu kita cari tahu apa pengertian dari bahan alam tersebut. Tanaman ini termasuk jenis batang menjalar dari Kalimantan Tengah, tepatnya di pedalaman hutan kemudian menyebar luas.

Jenis kayu bajakah tidak hanya satu dan yang terkenal dari Kalimantan Tengah adalah bajakah tampala. Manfaat tanaman ini sudah dipercayai oleh suku asli sana atau Suku Dayak semenjak zaman dulu sebelum akhirnya dikenal luas sebagai tumbuhan herbal kaya khasiat.

Manfaat baiknya dapat menyegarkan tubuh serta membuat luka menjadi lebih cepat pulih, serta banyak lagi lainnya. Santer terdengar bahwa tanaman ini dipercaya ampuh untuk atasi kanker. Hal tersebut berembus setelah seorang nenek menyatakan sembuh dari kanker payudara.

Terlepas dari benar atau tidaknya, manfaat kayu bajakah secara riil akan kita ulas satu per satu di sini. Pada masa jabatan Muhadjir Effendy selaku Mendikbud, ia pernah mengapresiasi seorang siswa Palangkaraya yang melakukan penelitian terhadap tanaman itu.

Apresiasi tersebut seiring dengan penghargaan dari ajang WICO atau World Invention Creativity Olympic yang diadakan di Seoul, Korea Selatan. Negara tersebut memang terkenal dengan pemanfaatan rempah alami sebagai minuman kebugaran, terutama tanaman herbal berupa ginseng.

Resep Olahan Bajakah yang Perlu Diketahui

Akar Kayu Bajakah Kalalawit Merah Super 1Kg Asli Kalimantan
Jual Akar Kayu Bajakah Kalalawit Merah Super 1Kg AsliKalimantan https://shope.ee/4ANoLhvP1M

Demi memperoleh manfaat kayu bajakah, kamu tidak harus mengkonsumsinya mentah-mentah karena bisa diolah dengan berbagai cara di bawah ini:

  1. Potong tipis batang kayunya.
  2. Jemur di bawah sinar matahari langsung hingga mengering.
  3. Hancurkan hingga membentuk serbuk.
  4. Siapkan cangkir dan air panas.
  5. Masukkan serbuknya.
  6. Aduk hingga warna berubah kecokelatan.
  7. Minum rutin per hari satu cangkir.

Sekarang ini jika kamu terlalu malas untuk mengolah kayu bajakah menjadi bubuk teh, kamu bisa membeli ramuan tradisional tersebut pada berbagai marketplace maupun toko konvensional. Sudah banyak orang menjual racikan batang ini setelah mengetahui efek baiknya.

Kabarnya selain memiliki fungsi diolah menjadi bubuk teh, bahan baku ini juga bisa diolah sebagai salep dan menjadi obat bagi luka luar. Namun, yang saat ini banyak tersedia di pasaran adalah bubuk kayu atau batang secara utuh yang sudah dibagi-bagi menjadi beberapa potong.

Berbagai manfaat kayu bajakah bisa diperoleh dengan efektif apabila kamu membuat resep olahannya secara tepat. Batang tanaman ini memiliki kandungan fenolik, antioksidan, flavonoid, terpenoid, tanin, fenol, steroid, dan saponin. Semuanya berperan baik bagi tubuh.

Dunia medis masih terus mengembangkan Penelitian terhadap batang pohon ini. Kedepannya barangkali akan didapatkan informasi lebih absah mengenai khasiat batang tanaman tersebut untuk mengatasi berbagai masalah penyakit yang menyerang manusia.

Khasiat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Kayu Bajakah Tampala
Jual Kayu Bajakah Tampala https://shope.ee/10QmaAij2K

Media pernah ramai dengan pemberitaan manfaat kayu bajakah untuk sembuhkan kanker, terutama kanker payudara. Namun, Menkes RI menyatakan perlu penelitian mendalam sebab penelitian yang sudah dilakukan menjadikan tikus selaku objek. Tapi di samping itu khasiat lainnya:

BACA JUGA:  Kaya Akan Berbagai Khasiat, ini Manfaat Bio Oil di Kulit Khususnya

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan saponin dan tanin pada bajakah dipercaya mampu membentuk pembuluh darah baru sehingga membantu luka lekas sembuh. Jika digunakan secara tepat maka luka akan lebih lekas mengering sehingga rasa sakit tidak terlalu lama dirasakan meskipun mengalami luka luar.

2. Mencegah Infeksi Bakteri

Batang tanaman ini mengandung saponin, polifenol, tanin, dan flavonoid. Semuanya mampu mencegah infeksi bakteri pada tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit titik kamu dapat mengolahnya menjadi teh dan mengkonsumsi secara rutin setiap hari.

3. Menangkal Radikal Bebas

Paparan radikal bebas yang menyebabkan berbagai masalah pada tubuh terutama kulit. Bajakah memiliki kandungan fenolik dengan senyawa antioksidan tinggi, dimana kandungan antioksidan berperan penting guna menangkal radikal bebas dari berbagai sumber.

Terlepas dari valid atau tidaknya khasiat tanaman bajakah untuk mengobati kanker, pada faktanya batang pohon ini memang bagus untuk berbagai kondisi kesehatan. Meskipun masih dibutuhkan penelitian secara mendalam, namun kamu sudah bisa memperoleh berbagai efek positif lainnya.

Alam memang selalu menyuguhkan sesuatu luar biasa melebihi kemampuan manusia dalam bidang keilmuan. Berbagai manfaat kayu bajakah diatas merupakan salah satu bukti bahwa setiap penyakit sebenarnya memiliki obat yang secara alami disediakan oleh alam.